Cara Daftar Program 1 Juta Domain Id Gratis Kemkominfo

1 juta domain id

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) membuat Program 1 Juta Domain Id yang bertujuan untuk mendorong optimalisasi akses internet yang ada di dalam negeri dan dan menpercepat  akses konten lokal. Yang terbuka untuk UKM, desa, sekloah/pesantren dan organisasi guna memperbanyak konten positif, sarana promosi bagi pelaku usaha UKM melalui internet, serta mendorong sekolah atau institusi pendidikan dan desa untuk go digital.

Program 1 Juta Domain Id ini direcanakan akan berjalan selama 3 tahun, mulai dari tahun 2016 hingga 2018 dengan target 350.000 situs internet dengan domain Indonesia diaktifkan setiap tahunnya.

kominfo

Pembiayaan meliputi biaya domain, hosting dan pendampingan/bimbingan kepada calon pengguna website. Untuk pendampingan bisa diperoleh pengguna yang pendaftarannya didorong oleh pemerintah dan pengguna yang didaftarkan oleh unit pendaftaran yang ditetapkan oleh Kemkominfo. Sedangkan untuk pendaftaran mandiri tidak mendapatkan pendampingan hal ini karena dirasa pendaftar sudah memiliki kemampuan mengelola website sebelumnya.

Ditahun pertama tidak ada biaya administrasi dan teknis sama sekali yang harus ditanggung oleh pendaftar. Tetapi setelah tahun pertama, peserta program akan dikenakan biaya untuk memperpanjang penggunaan domain dan hosting. Selama penggunaan setahun tersebut diharapkan pengguna domain dan hosting dapat mendapatkan manfaat dengan memanfaatkan program ini sehingga dapat memungkinkan pengguna untuk membiayainya sendiri.

Perkiraan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna setelah setahun tergantung jenis domain dan spesifikasi hostingnya, berikut biayanya:

  1. Untuk biaya jenis domain anything.id senilai 500.000/tahun + biaya hosting standar senilai 250.000/tahun
  2. Untuk biaya jenis domain DTD.ID senilai 100.000/tahun + biaya hosting standar senilai 250.000/tahun

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh untuk mengajukan program satu juta domain ini, sebagai berikut.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

– Berdomisili di Indonesia

– Memiliki kartu identitas seperti KTP, SIM atau lainnya

– Usaha memiliki SKU/SIUP/TDP/IUMK atau surat keterangan lainnya (untuk domain .id)

– Penanggung jawab memiliki alamat di Indonesia dan ada nomor kontak yang dapat dihubungi

– Berani menjamin website yang digunakan untuk keperluan yang baik

– Bersedia mengisi konten ke dalam website yang dibuat

– Domain yang berikan .id/ co.id/ biz.id/ web.id

Organisasi/Komunitas

– Memiliki organisasi atau komunitas yang berada di wilayah Indonesia

– Penanggung jawab berumur 17 tahun dan memiliki identitas diri berupa KTP, SIM atau yang lainnya

– Memiliki anggota yang dapat dibuktikan melalui daftar anggota dan dilampirkan bersamaan surat permintaan usulan domain atau proposal yang ditadatangani dan di cap basah

– Bersedia mengisi konten ke dalam website

– Domain yang diberikan or.id atau .id

Desa

– Desa berada di wilayah Indonesia

– Memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

– Pendaftaran .id melalui registrasi instansi penyelenggara negara

– Bersedia mengisi konten ke dalam website

– Domain yang diberikan .id

– Prosedur dan persyaratan pendaftaran desa.id dapat dilihat di www.domain.go.id

Cara mendaftarakan dan mendapatkan domain gratis

Cara pendaftarannya cukup mudah, Anda cukup mengunjungi situs 1juta.id atau dengan klik link berikut ini: https://daftar.1juta.id/. Isi dengan lengkap form pendaftaran. Sebelum mendaftarakan, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu foto identitas diri karena nantinya akan diminta untuk mengunggah  identitas diri.

Setelah melakukan pendaftaran melalui website pendaftaran tersebut masih ada beberapa tahapan administrasi dan teknis yang harus Anda lewati, diperkirakan website akan aktif dalam waktu 5-10 hari kerja. Jika Anda persyaratan yang belum terpenehui, waktu pengaktifan akan diundur atau bisa saja ditolak.

Kedepannya, program 1 Juta Domain Id ini diharapkan bisa membuat akses internet jauh lebih murah. Sebab dominannya akses internet dalam negeri yang tidak membutuhkan bandwidth internasional yang mahal. Selain itu karena menggunakan domain .id yang penggunanya terdaftar dengan identitas yang jelas, program ini akan menekan tingkat anonimitas di Internet dan siring dengan tumbuhnya konten-konten positif dari Indonesia, industri e-commerce dan digital kreatif diharapkan akan semakin berkembang di Indonesia.

LEAVE A REPLY