Optimalkan Online Shop Anda dengan Fitur Profil Bisnis Instagram

Profil bisnis Instagram, sesuai namanya fitur ini ditujukan untuk membantu para pebisnis yang ingin memajukan bisnisnya melalui platform media sosial Instragram. Baik itu usaha kuliner, aplikasi, ataupun online shop lainnya.

Melalui fitur profil bisnis instagram, para pemilik bisnis bisa lebih memaksimal promosinya dan menjangkau calon konsumen potensial. Dengan menampilkan konten yang lebih sesuai dan tertaget.

Baca Juga : Instagram, Salah Satu Strategi Pemasaran Online Bisnis Kuliner

Fitur Unggulan dari Akun Bisnis Instagram

Jika saat ini Anda masih menggunakan akun personal untuk mempromosikan produk bisnis, coba ubah akun tersebut menjadi lebih profesional dengan profil bisnis Instagram. Berikut fitur unggulan dari akun bisnis Instagram:

Profil

Tampilan dari profil bisnis instagram ini hampir sama dengan Facebook Page. Melalui fitur ini bisnis Anda bisa tampil lebih professional dan tentunya lebih terpercaya. Ada juga tambahan tombol ‘contact’ pada halaman profil, sehingga memudahkan calon konsumen saat akan menghubungi pemiliki akun tersebut.

Tombol contact ini bisa merujuk ke petunjuk arah (alamat/direction), nomor telpon,dan alamat email. Tergantung pilihan apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Insight

Melalui fitur insight, Anda bisa melihat data statistik secara real-time. Seperti jumlah followers dan kiriman, jangkauan, impresi profil, jumlah klik situs, klik telepon dan klik email.

Anda juga bisa mendapatkan informasi followers (demografi, berdasarkan range usia dan wilayah), hingga mengetahui kapan saja pengikut (follower) dari akun bisnis Anda sedang aktif atau online, dan melihat postingan populer.

Dengan statistik ini, Anda bisa lebih memaksimalkan target market dengan mempelajari karakteristik serta kebiasaan konsumen. Sehingga bisa membuat konten yang lebih sesuai.

Promosi

Adalah sebuah fitur iklan untuk memaksimalkan setiap konten yang di-posting sehingga dikenal atau populer dikalangan pengguna Instagram. Dan bisa menghasilkan penjualan sebagaimana yang diharapkan.

Selain itu, akan ada tambahan tombol di bawahnya, sehingga calon konsumen yang tertarik bisa segera merespon. Baik itu berupa tombol untuk kontak, atau ‘beli sekarang’ untuk pemilik online shop.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

Jika sudah memiliki akun Instagram, Anda bisa langsung mengubahnya menjadi akun bisnis, dengan cara mengubah profil personal menjadi profil bisnis untuk bisa mengakses fitur insight dan promosi.

Sebelum beralih ke profil bisnis, Anda disarankan untuk memiliki akun Facebook Page yang bisa terhubung dengan Instagram. Dengan begitu, manajemen dan jangkauan post bisa lebih baik.

Tujuan profil bisnis adalah agar semakin mudah dilihat oleh pengguna Instagram lain, sebagai sebuah etalase dari online shop. Tentu saja, tujuan ini bertentangan dengan sifat akun privat. Sehingga akun bisnis tidak bisa dijadikan akun privat (digembok).

Berikut adalah langkah-langkah saat akan mengubah akun Instagram personal menjadi profil bisnis:

  • Buka profil yang biasa Anda gunakan untuk bisnis, kemudian klik ikon ‘Setting
  • Klik ‘Ubah ke Profil Bisnis’ (switch to business profile)
  • Hubungkan dengan Facebook Page
  • Lengkapi informasi di Pengaturan Profil Bisnis (set up your business profile). Masukan alamat email, nomor telepon dan alamat yang bisa di cari di Google Maps, kemudian klik tanda ceklis untuk melanjutkan
  • Dan selesai

Jika Anda pengguna baru, bisa mengikuti langkah berikut ini:

Unduh dan Buka Aplikasi

Unduh aplikasi Instagram untuk iOS dari App Store, untuk Android dari Google Play atau untuk Windows Phone dari Bursa Windows Phone. Setelah aplikasi dipasang diponsel Anda, ketuk untuk membukanya.

Buat Akun Instagram

Klik ‘Daftar’, masukkan alamat email dan klik ‘Selanjutnya’. Anda juga bisa menggunakan akun Facebook untuk membuat akun Instagram.

Baca Juga : Tips Insta-Marketing: Ketahui Cara Tambah Followers Instagram Tanpa Menambah Following

Buat Profil Bisnis

Di dalam aplikasi tersebut, cari pengaturan, kemudian scroll ke bawah sampai menemukan fitur menu ‘Beralih ke Akun Bisnis’. Setelah memiliki akun bisnis, Anda dapat menambahkan informasi bisnis terkait, seperti jam buka, alamat, atau nomor telepon bisnis.

Profil Bisnis Sudah Bisa digunakan

Sampai tahap ini, pembuatan profil bisnis telah selesai. Selanjutnya Anda bisa mulai memposting konten, berupa foto produk bisnis disertai dengan caption yang menarik dan sesuai. Dan jangan lupa untuk menambahkan hashtag atau tagar yang relevan pada setiap postingan.

Fitur business tools ini tentu patut Anda pertimbangkan, terutama para pemilik online shop yang memasarkan produknya lewat Instagram. Melalui fitur profil bisnis ini, konten yang Anda buat bisa lebih efesien sehingga dapat menghasilkan penjualan sebagaimana yang diharapkan.

 

SHARE

LEAVE A REPLY