Produk Pinjaman BCA Syariah, Pembiayaan Modal Kerja untuk UMKM

Produk pinjaman BCA Syariah merupakan produk pembiayaan yang dipilih masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan, mulai dari pembelian rumah, pendidikan, kesehatan hingga modal usaha. Seperti bank syariah lainnya, BCA Syariah juga menawarkan produk pinjaman modal usaha yang tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh korporasi saja, juga UMKM yang tentunya dengan prinsip syariah.

Bagi pengusaha, modal merupakan hal yang paling vital dalam berbisnis. Pasalnya dengan modal tambahan inilah bisa membantu pelaku usaha menambah biaya oprasional bisnisnya dan ekspansi usaha. Oleh karena itu, banyak bank yang berupaya menawarkan produk pinjaman dengan keunggulannya masing-masing, tidak terkecuali Bank BCA Syariah. Bank yang berbasis kaidah Islam ini menawarkan cukup banyak produk pinjaman.

Baca juga 7 Bank Syariah, Sediakan Pinjaman Syariah

Pembiayaan untuk kebutuhan konsumtif, BCA Syariah menawarkan KPR iB, KKB iB dan Emas iB. Sementara untuk modal usaha, BCA Syariah memiliki Pembiayaan Modal Kerja iB, Pembiayaan Investasi iB dan Pembiayaan UMKM Bina Usaha Rakyat (BUR). Berikut penjelasan dan juga syarat mengajukan pinjaman BCA Syariah untuk modal usaha.

Pembiayaan Modal Kerja iB

Pembiayaan Modal Kerja iB adalah pembiayaan berdasarkan prinsip syariah untuk membantu nasabah dalam memenuhi kebutuhan modal kerja seperti penyediaan barang dagangan, bahan baku dan kebutuhan kerja lainnya. Sistem pembiayaan modal kerja BCA Syariah iB terbagi atas 3 jenis akad, murabahah, mudharabah, dan musyarakah.

Pembiayaan modal kerja murabahah BCA Syariah iB

Pembiayaan dengan akad murabahah adalah produk penyaluran dana di mana BCA syariah membiayai pembelian barang-barang kebutuhan modal kerja yang dibutuhkan nasabah dengan harga pokok di tambah dengan margin keuntungan bank. Pada umumnya margin efektif sebesar 14% – 15% per tahun, namun dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan bank. Pembiayaan dengan akad ini nasabah dapat mengangsur pembayaran dengan jumlah angsuran yang tetap selama jangka waktu pembiayaan. Selain itu, nasabah juga dapat memilih jangka waktu mulai dari 3-5 tahun.

Simulasi Angsuran Murabahah

Misalkan harga beli barang sebesar Rp 50.000.000 dengan lama pinjaman 3 tahun, maka jumlah angsuran per bulan dengan margin efektif sebesar 14% – 15% sebesar Rp 1.708.881. Berikut tabel angsuran pembiayaan dengan akad Murabahah.

tabel simulasi pinjaman bca syariah

Pembiayaan Modal Kerja Mudharabah BCA Syariah iB

Pembiayaan modal kerja Mudharabah adalah pembiayaan modal kerja di mana BCA Syariah membiayai seluruh kebutuhan modal kerja nasabah dengan menggunakan metode untung rugi (gross profit dan loss sharing) berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya. Waktu pengembaliannya biasanya ditentukan sesuai kesepakatan antara nasabah dan pihak bank.

Kelebihan pembiayaan modal kerja mudharabah:

  • Dapat membiayai kebutuhan nasabah dalam hal pengadaan barang dagang atau bahan baku.
  • Nasabah dapat mengangsur pembayaran dengan jumlah angsuran yang tetap selama jangka waktu pembiayaan.
  • Dapat memilih jangka waktu cicilan maksimal 5 tahun.
  • Mekanisme pengembalian pembiayaan yang fleksibel bisa bulanan atau sekaligus diakhir priode.
  • Angsuran berubah-ubah sesuai dengan tingkat revenue atau realisasi usaha nasabah.

Pembiayaan Modal Kerja musyarakah BCA Syariah iB

Merupakan produk pendanaan dana di mana BCA Syariah membiayai sebagian kebutuhan modal kerja nasabah dengan menggunakan metode bagi untung dan rugi (gross profit and loss sharing) berdasarkan nisabah yang telah di sepakati. Sama seperti pembuataan dengan akad mudharabah, waktu pengembaliannya ditentukan sesuai dengan kesepakatan nasabah dan bank.

Syarat mengajukan pembiayan Modal Kerja iB BCA Syariah

Syarat Pemohon Individu

Fotokopy KTP pemohon

Fotokopi KTP Suami/Istri (jika usaha berkeluarga)

Fotokopi kartu keluarga

Fotokopi akte nikah/cerai

Fotokopi NPWP

keterangan Penghasilan (1 bulan terakhir)

Fotokopi rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir

Surat keterangan kerja asli

Data Obyek pembiyaan

Syarat pemohon perusahaan

Fotokopi KTP pemohon dan pengurus perusahaan

Fotokopi NPWP perusahaan maupun pengurus

Fotokopi SIUP

Fotokopi TDP

Fotokopi akte pendirian/perubahan

Fotocopi rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir

Laporan keuangan 2 tahun terakhir

Past performance 2 tahun terakhir

Data obyek pembiayaan

Pembiayaan UMKM Bina usaha Rakyat (BUR)

Komitmen BCA Syariah dalam memajukan UMKM dibuktikan dengan pendirian Bina Usaha Rakyat (BUR)  yang merupakan kantor cabang yang secara khusus akan memberikan produk layanan keuangan dengan prinsip syariah ke UMKM. Pembiayaan UMKM Bina Usaha Rakyat (BUR) adalah pembiayaan investasi syariah dengan akad jual beli (murabahah). Jumlah pembiayaan yang dapat disalurkan ke pelaku usaha hingga Rp 2 miliar dengan jaminan pembiayaan yang fleksibel. Nasabah bisa memilih jaminan berupa tanah adat, sertifikat, hak pakai/sewa kios pasar atau bilyet deposito BCA Syariah.

[ Baca Juga : Pinjaman Online mudah dan terpercaya ]

Ada 3 fitur produk pembiayaan yang bisa dipilih oleh nasabah, yaitu BUR 50, BUR 500 dan BUR 2M. berikut besaran pembiayaan, tenor dan tujuan pembiayaan. 

Biaya Administrasi Pembiayaan

Nasabah yang mengajukan pembiayaan ini dibebaskan dari biaya provisni. Selain itu, biaya administrasi yang dikenakan tetap untuk setiap jenis produk pembiayaan. Untuk jenis produk

– BUR 50 biaya administrasi pembiayaan sebesar Rp 500.000 ditambah biaya administrasi qardh Rp 600.000.

– BUR 500 biaya administrasi pembiayaan sebesar Rp 1.000.000 dan biaya administrasi qardah sebesar Rp 600.000.

– BUR 2 M dikenakan biaya administrasi Rp 1.250.000 dan biaya administrasi qardah sebesar Rp 600.000.

Persyaratan calon nasabah:

Berwarganegara Indonesia

Usia minimal 21 tahun, maksimal 65 tahun pada saat pembiayaan berakhir

Memiliki usaha tetap

Tujuan pembiayaan untuk modal kerja dan investasi

Memiliki agunan yang sah

Persyaratan dokumen:

Fotokopi KTP calon nasabah dan suami/istri

Fotokopi KTP pemilik agunan dan suami/istri

Fotokopi kartu keluarga dan akta nikah

Fotokopi Surat Izin Usaha/ Surat Keterangan Usaha

Dokumen agunan

Fotokopi NPWP

Pembiayaan Investasi iB

Pembiayaan investasi iB adalah penyaluran dana yang bertujuan unutk rehabilitasi, moderenisasi, serta ekspansi dari usaha-usaha produktif seperti pembiayaan pembelian/pembangunan tempat usaha, pembelian mesin, serta kendaraan oprasional. Jenis akad dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, dapat menggunakan Murabahah atau Ijarah Mutahiya Bit Tamalik. Dengan menggunakan akad murabahah BCA Syariah membiayai pembelian yang dibutuhkan perusahaan dengan harga pokok di tambah dengan margin keuntungan bank. Sementara untuk akad Ijarah Mutahiya Bit Tamalik Bank syariah sebagai penyedia dana akan menyewakan barang yang dibutuhkan perusahaan yang diakhiri dengan kepemilikan barang di tangan penyewa.

Adapun pesyaratan yang perlu dipenuhi nasabah untuk mengajukan pembiayaan Investasi iB BCA Syariah, antara lain:

Syarat Pemohon Individu

Fotokopy KTP pemohon

Fotokopi KTP Suami/Istri (jika usaha berkeluarga)

Fotokopi kartu keluarga

Fotokopi akte nikah/cerai

Fotokopi NPWP

keterangan Penghasilan (1 bulan terakhir)

Fotokopi rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir

Surat keterangan kerja asli

Data Obyek pembiyaan

Syarat pemohon perusahaan

Fotokopi KTP pemohon dan pengurus perusahaan

Fotokopi NPWP perusahaan maupun pengurus

Fotokopi SIUP

Fotokopi TDP

Fotokopi akte pendirian/perubahan

Fotocopi rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir

Laporan keuangan 2 tahun terakhir

Past performance 2 tahun terakhir

Data obyek pembiayaan

Nah, itu dia tadi beberapa pinjaman BCA Syariah untuk pelaku usaha yang memerlukan modal usaha dalam waktu cepat. Untuk mengajukannya Anda bisa datang langsung ke kantor cabang Bank BCA Syariah dan jaringan kantor BUR BCA untuk yang ingin mengajukan pembiayaan UMKM Bina Usaha Rakyat.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY