Ingin Ajukan Pinjaman Agunan BPKP Motor? Pahami Dahulu Produknya

Pinjaman agunan BPKP motor merupakan produk pinjaman yang ditujukan untuk masyarakat dengan syarat menyertakan jaminan atau bukti aset yang bisa disita oleh bank atau lembaga pinjaman, dalam hal ini adalah BPKP motor. Biasanya besar dari nilai sebuah jaminan mempengaruhi besar dana kredit yang akan diperoleh.

Persyaratan mendapatkan dana cepat BPKB motor ini kurang lebih sama seperti produk pinjaman lainnya, yang membedakannya hanyalah jumlah pinjamannya tidak terlalu besar dan memerlukan dokumen seperti BPKB kendaraan. Untuk itu, pinjaman ini sering digunakan debitur yang membutuhkan pendanaan singkat dengan nominal yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: Pinjaman tanpa Riba dengan Produk Pinjaman Syariah

Selain BPKP motor atau kendaraan, pihak yang memberikan produk pinjaman ini memberikan pilihan aset yang bisa dijaminkan, seperti sertifikat rumah atau properti, produk investasi, mesin pabrik, emas, dan lainnya tergantung apakah aset yang dijadikan jaminan memiliki nilai jual yang sebanding dengan jumlah pinjaman. Aset yang dijadikan sebagai jaminan ini nantinya akan disita bila debitur tidak bisa membayarkan cicilan pinjaman.

Proses untuk mendapatkan dana cepat BPKP ini sama seperti produk kredit lainnya yang membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari kerja. Selama 2 minggu itu, mulai dari proses pengajuan ke bank atau lembaga pinjaman, collect data, survey, cek fisik kendaraan dan pencairan pinjaman dan bila Anda melakukan pinjaman di bank ada tahap BI Checking atau cek riwayat perbankan bagi setiap konsumen yang mengajukan kredit pinjaman. Apabila debitur memiliki riwayat perbankan yang bersih maka prosesnya bisa lebih cepat. Namun, jika nasabah termasuk ke dalam daftar hitam BI, maka otomatis pengajuan langsung ditolak.

Adakah dana cepat jaminan BPKB motor tanpa survey ? Sejauh yang kami tahu, pinjaman ini perlu ada proses survey kendaraan terlebih dahulu. Hal ini merupakan prosedur wajib sebelum debitur menerima pendanaan, guna mengetahui bagaimana kondisi fisik kendaraan motor yang digadaikan. Bila motor dalam kondisi yang baik baru aplikasi pinjaman bisa diproses.

Keunggulan produk pinjaman dengan jaminan BPKP motor

Apa Anda butuh dana cepat jaminan BPKB? Dengan mengajukan kredit dengan jaminan bpkp motor Anda akan memperoleh beberapa keuntungan, yaitu sebagai berikut:

– Mendapatkan dana pinjaman hingga 70% dari harga motor.

– Waktu pencairannya relatif singkat.

– Syarat pinjaman tidak terlalu sulit seperti produk pinjaman lainnya.

– Tenor pengembalian dana yang lumayan lama rata-rata 3 tahun atau lebih.

– Kendaraan motor yang bisa dijadikan jaminan tidak terbatas pada merek atau jenis tertentu.

– Suku bunga pinjaman ringan.

– Disertakan juga asuransi jiwa untuk debitur, jadi bila suatu saat debitur tidak bisa membayar karena meninggal dunia maka angsuran pinjaman akan dilunasi oleh perusahaan asuransi.

Nominal pinjaman maksimal yang bisa diajukan

Setiap bank dan lembaga pinjaman memiliki ketentuan pinjaman yang berbeda-beda. Ada yang bisa meminjamkan dana sampai ratusan juta, bahkan sampai miliyaran. Tapi tetap saja besarnya pinjaman ditentukan dari taksiran aset yang dijadikan jaminan.  Jadi dengan menjaminakan sebuah aset dengan nilai yang tinggi, maka debitur berhak memperoleh pinjaman dana cepat dengan jumlah yang besar. Inilah salah satu keuntungan yang didapatkan bila Anda memilih mengajukan pinjaman dengan agunan daripada pinjaman lainnya.

Bila suatu saat debitur tidak bisa mengembalikan pinjaman sampai terjadi kredit macet hingga jatuh tempo yang sudah ditetapkan maka aset yang dijadikan jaminan adalah milik bank atau lembaga pinjaman. Itu artinya jaminan berfungsi sebagai sarana atas pemenuhan kewajiban peminjam kepada penyalur pinjaman sampai jatuh tempo perjanjian hutang-piutangnya.

Tenor kredit multiguna motor

Rerata bank atau lembaga pinjaman memberikan pilihan tenor atau jatuh tempo berkisar 3 tahun sampai 5 tahun. Batas jatuh tempo pembayaran angsuran ini dapat dipilih oleh debitur. Jika semakin lama tenor yang dipilih, biasanya total pinjaman yang diangsur akan semakin besar.

Sistem Suku bunga pinjaman dengan agunan

Suku bunga yang ditetapkan bisanya menggunakan bunga yang efektif atau menurun yang sama seperti bunga pinjaman KPR. Bunga dihitung berdasarkan pada sisa jumlah pinjaman pokok setiap bulannya, sehingga angsuran pinjaman yang harus dibayarkan tiap bulannya tidak tetap dan akan berkurang. Suku bunga ini memiliki 2 priode bunga tetap (fix rate) dan periode bunga mengambang (floating rate). Untuk besaran bunganya sangat bervariasi hal ini tergantung dengan kebijakan manajemen  bank atau lembaga pinjaman, namun biasanya berkisar antara 0.9% – 2% per bulannya.

Biaya-biaya tambahannya

Bila pinjaman telah disetujui debitur bisa segera menerima pinjaman, namun akan ada biaya-biaya tambahan yang ditanggung oleh debitur. Adapun rincian biaya-biaya tersebut adalah sebagai berikut:

– Biaya provisi

– Biaya administrasi

– Asuransi jiwa

– Blokir kendaraan

Biaya-biaya tersebut akan langsung dipotong dari pinjaman yang dicairkan sehingga pinjaman yang Anda terima tidak sebesar nominal yang Anda ajukan di awal. Tapi ada juga pihak bank yang akan mebembankan biaya-biaya ini pada saat debitur pertama kali membayarkan cicilan pinjaman. Selain biaya tambahan di atas, debitur juga akan dikenakan biaya jika terjadi pinalti, seperti telat bayar dan jika ingin melakukan pelunasan lebih awal dari jatuh tempo.

Kriteria dan syarat debitur

Untuk mengajukan pinjaman agunan BPKB motor calon debitur harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, seperti:

– Warga negara Indonesia dan berdomisili di aera kerja bank atau lembaga peminjaman

– Berusia minimal 21 tahun

– Memiliki pendapatan bersih bulanan minimum sebesar Rp 6 juta hingga Rp 8 juta untuk karyawan, swasta dan professional.

– Melengkapi syarat dokumen seperti fotocopy KTP, KK, slip gaji, NPWP dan lain sebagainya.

– Mengisi dan mengembalikan formulir pengajuan pinjaman

– Menyertakan dokumen legalitas kendaraan yang akan dijadikan jaminan, yaitu BPKP motor/mobil atas nama sendiri. Jika BPKP atas nama orang lain maka harus disertai persetujuan dari pemilik kendaraan. Selain itu, peminjam juga harus menyertakan fotokopy STNK motor.

Persyaratan kendaraan yang dijaminkan

Karena syarat untuk mendapatkan pinjaman ini menggunakan kendaraan sepeda motor sebagai jaminannya, maka ada syarat jaminan yang bisa digadaikan. Pertama tentu kondisi kendaraan masih bagus, artinya masih bisa digunakan. Selain itu, kendaraan tidak sedang dalam sengketa atau pajak kendaraan tidak lewat dari masa berlaku.

Perlukah memiliki kartu kredit?

Saat mengajukan pinjaman biasanya bank memberikan syarat kepada calon debiturnya harus sudah memiliki kartu kredit. Persyaratan ini digunakan oleh bank untuk mengukur kemampuan finansial calon nasabah melihat dari histori kredit selama berapa priode terakhir. Lalu apakah untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan BPKP motor ini calon nasabah perlu memiliki kartu kredit? Hal ini tergantung kebijakan masing-masing bank atau lembaga peminjaman. Ada yang memberikan syarat kepemilikan kartu kredit dan ada juga yang tidak.

Cara pengembalian pinjaman kredit jaminan BPKP motor

Beberapa pihak penyedia kredit ini menawarkan cara pembayaran yang bervariasi untuk memudahkan nasabahnya, di antaranya adalah dengan melakukan setoran otomatis atau autodebet dari rekening debitur, dengan metode transfer antarbank, menggunakan layanan e-channel bank internet banking atau ATM, atau melalui setoran tunai manual langsung ke teller.

Tempat ajukan kredit dengan agunan

Jika Anda ingin ajukan pinjaman menggunakan jaminan BPKP motor Anda dapat mengunjungi bank atau lembaga pinjaman yang menyediakan produk ini seperti berikut:

Bank BRI

Bank BRI melalui KKBI BRI Refinancing memberikan layanan yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan pendanaan cepat dnegan menggunakan surat kepemilikan kendaraan bermotor yang dimiliki nasabah. Keunggulan dari produk pinjaman ini adalah memiliki jatuh tempo hingga 1-4 tahun dengan plafon pinjaman mulai Rp 5 juta hingga Rp 20 juta tergantung jenis dan kondisi kendaraan yang dijadikan jaminan.

Pegadaian

Pegadaian melalui produk kreasi menyediakan kesempatan pembiayaan kepada pelaku usaha kecil menengah yang ingin mengembangkan usahanya dengan sistem Fidusia. Sistem ini digunakan agar pelaku usaha bisa menapatkan pinjaman tanpa harus menyekolahkan kendaraan yang dijadikan jaminan. Dana pinjaman yang bisa diperoleh debitur mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta dengan proses 3 hari saja. Jangka waktu pinjaman ini sangat fleksibel dengan pilihan waktu 12 bulan hingga 36 bulan. Jika debitur ingin melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo ada pemberian diskon untuk sewa modal yang diberikan oleh Pegadaian,

Bank Danamon

Bank Danamon menawarkan dana pinjam 50 yang merupakan pinjaman dengan agunan bagi nasabah yang sedang membutuhkan dana cepat untuk memenuhi keperluan konsumtif ataupun usaha dengan syarat menyertakan aset yang bisa dijadikan jaminan. Barang berharga yang bisa diagunkan adalah BPKP motor, mobil, sertifikat rumah atau hak guna bangunan ruko/rukan, dll. Plafon pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 100 juta dengan besar nilai jaminan yang sebanding dengan besaran bunga hingga 30% per tahun. Untuk jangka waktu pinjaman bank Danamon menyediakan waktu yang fleksibel mulai dari 6 bulan hingga 60 bulan.

Baca Juga: Situs Pinjaman Kredit Tanpa Agungan Online dan Cara Mengajukannya

BFI Finance

BFI Kredit Mutltiguna Motor adalah pembiayaan dana tunai dari BFI Financial dengan syarat jaminan BPKP sepeda motor. Kredit dengan jaminan ini memberikan pinjaman maksimal hingga 65% dari nilai kendaraan yang Anda jadikan jaminan. Sementara suku bunga yang ditawarkan mulai dari 2.5% per bulan dengan tenor pinjaman 11 bulan hingga 24 bulan. Angsuran yang akan dibayarkan debitur juga menggunakan suku bunga flat sehingga bunga rendah dan cicilan pokok akan memiliki jumlah yang sama pada setiap bulannya.

SMS Finance

SMS Finance atau yang dikenal dengan Sinar Mitra Sepadan Finance adalah perusahaan pembiayaan konsumen khususnya pembiayaan mobil bekas yang kemudian bisnisnya berekspansi dengan memberikan pembiayaan dengan sistem jaminan kendaraan. Salah satu produk pembiayaannya ialah SMS Finance Extra Cash, yang merupakan fasilitas top up dana khusus bagi nasbaah yang masih berstatus aktif sebagai peminjam produk-produk pinjaman lainnya di SMS Finance. Jangka waktu yang diberikanmulai dari 1 sampai 3 tahun dengan plafon pinjaman Rp 20 juta hingga Rp 200 juta. Suku bunga yang ditetapkan sebesar 21% poer tahun dengan sistem bunga flat.

Central Santosa Finance (CS Finance)

Tempat ajukan pinjaman agunan BPKP motor berikutnya di Central Santosa Finance adalah bagian dari BCA yang memberikan pelayanan, pembiayaan, solusi dan manfaat terbaik kepada konsumen, ATPM, jaringan dealer. CS Finance menawarkan produk KMG CS Finance dengan bunga special yang menguntungkan bagi nasabah BCA. Apa itu artinya hanya nasabah bank BCA saja yang bisa ajukan pembiayaan ini? CS Finance pun juga menyediakan produk KMG khusus untuk pengaju yang tidak memiliki rekening BCA dengan mengakses produk CS Finance KMB Kredit Multiguna. Plafon pinjaman yang diberikan sampai dengan Rp 50 juta dengan suku bunga sebesar 13% per tahun. Sementara jangka waktu pinjaman diberikan mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY