Mengenal Pengertian Viral Marketing dan Penerapannya Pada Sebuah Bisnis

Pengertian viral marketing adalah proses penyebaran sebuah pesan elektronik yang menjadi saluran untuk memberikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang.

Viral marketing berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak seperti cara kerja sebuah virus komputer. Karena itulah di dalam penggunaannya, viral marketing memerlukan koneksi jaringan internet.

Cara Kerja Viral Marketing

Viral marketing bekerja dengan cara menyebarkan informasi melalui database pengguna internet yang telah terdaftar untuk digunakan secara massal. Misalnya dari situs web elektronik gratis seperti Yahoo, Hotmail, dan Gmail yang memberikan pelayan email gratis dan memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.

Baca Juga : Peranan dan Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM

Bentuk strategi dari viral marketing ini merupakan strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan. Apalagi, masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses fitur gratis.

Ide kreatif sangat diperlukan dalam jenis pemasaran ini karena pengguna internet cukup pintar dalam memilah konten yang murni sebagai informasi dan mana yang merupakan sebuah strategi bisnis atau iklan.

Fungsi Viral Marketing

Viral marketing berfungsi untuk mendorong seseorang agar menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara kuat, berkala, dan berkelanjutan. Dengan cara tersebut, konsumen jadi memiliki daya ingat yang kuat terhadap produk yang ditawarkan.

Viral marketing sendiri sebenarnya mirip dengan strategi marketing dari mulut ke mulut, atau yang biasa disebut dengan word of mouth. Cara ini cukup efektif, mengingat kebanyakan masyarakat lebih mempercayai sebuah produk yang direkomendasikan dari teman atau orang terdekat lainnya.

Poin Dasar dari Viral Marketing

Ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu mengenai beberapa poin dasar dari viral marketing. Poin-poin tersebut ialah:

Media

Hal pertama yang paling penting adalah media. Nantinya media akan bertindak sebagai penyampai pesan yang disampaikan oleh produk Anda. Sebaiknya menggunakan media yang memiliki jaringan kuat dan luas, sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh semua orang.

Misalnya dengan melalui email, website, aplikasi, atau software. Berikut ini adalah media yang paling sering digunakan untuk viral marketing :

E-book

E-book merupakan salah satu media digital yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Biasanya e-book dibuat sendiri oleh perusahaan yang ingin mempromosikan bisnisnya. Menggunakan e-book buatan sendiri juga membuat kredibilitas bisnis Anda terlihat semakin baik dimata konsumen atau pun publik.

Video

Satu lagi media yang cukup efektif digunakan dalam viral marketing. Penggunakaan video dinilai lebih mudah dipahami dibandingkan dengan jenis media dan format digital lainnya karena video memiliki unsur visual dan audio.

Gambar

Gambar juga merupakan salah satu media viral marketing yang paling sering digunakan, Berbagi gambar saat ini merupakan hal yang lumrah. Apalagi hal ini didukung pula oleh banyaknya media sosial yang megusung konsep berbagi gambar.

Agar konten gambar menjadi viral dikalangan masyarakat, berikan bumbu-bumbu humor yang menarik dan ajak mereka untuk berbagi gambar tersebut.

Email

Penggunaan email sebagai media viral marketing agar tetap bisa terkoneksi dengan konsumen. Konsumen juga akan mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan informasi secara periodik tentang produk-produk dan promo manarik untuk mereka.

Media Sosial

Sudah bukan hal tabu lagi jika media sosial menjadi salah satu media yang paling efektif untuk pemasaran. Pengguna media sosial pun sangat banyak dan bertambah setiap harinya. Sudah banyak bisnis diluaran sana yang menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Kampanye

Sebuah pesan yang digunakan untuk viral marketing harus berupa kata-kata, gambar, ataupun video yang menarik. Selain itu juga harus memiliki daya pikat, menganggumkan, dan mudah diingat. Tak hanya itu, konten yang Anda buat harus mampu menarik banyak orang agar tergerak mengikuti perkembangannya.

Konsep dan Kreativitas

Konsep viral marketing yang dibuat biasa-biasa saja tidak akan menarik para konsumen. Ikutilah perkembangan trend yang dekat dengan perkembangan sehari-hari. Usahakan untuk membuat ide-ide kreatif yang tertuang dalam strategi bisnis.

Lingkungan dan Waktu yang Tepat

Poin terakhir yang tak kalah penting ialah mengenai lingkungan dan waktu yang tepat. Pahami terlebih dahulu waktu dan lingkungan yang pas untuk melakukan strategi viral marketing agar pasar yang dituju bisa tepat sasaran.

Kelebihan Viral Marketing

Sama halnya dengan strategi marketing lain, viral marketing juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut merupakan kelebihan dari viral marketing, yakni :

  • Konsumen bisa mengajak atau merefrensikan teman atau kolega mereka untuk berbelanja. Mirip dengan word of mouth, viral marketing membuat konsumennya menjadi kosumen yang loyal.
  • Perusahaan yang menggunakan program viral marketing akan dibela oleh konsumennya. Hal ini dilakukan karena konsumen sudah merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.
  • Viral marketing akan menghemat biaya promosi Anda karena konsumenlah yang akan menjadi juru promosinya. Strategi viral marketing tidak akan merugikan konsumen karena konsumen merasa bahwa mereka  bukanlah bagian dari karyawan. Jadi Anda tak perlu merasa ada beban dan moral dalam menjalankannya.
  • Tidak perlu melakukan edukasi pasar karena konsumen sudah mengenal bisnis Anda
  • Strategi viral marketing tidak akan mengganggu strategi lain yang sudah Anda jalankan. Justru, viral marketing akan melengkapi strategi pemasaran lainnya.

Kekurangan Viral Marketing

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata viral marketing juga memiliki kelemahan, yaitu

  • Kemampuan penerima informasi dalam menangkap pesan. Tidak semua konsumen mampu menerima pesan yang disampaikan dengan baik.
  • Anda tidak bisa menduga apakah strategi viral marketing yang Anda jalankan berhasil mendapatkan hasil yang baik.

Tips Menerapkan Viral Marketing

Viral marketing tidak akan berhasil tanpa ada kreativitas didalamnya. Meski terlihat sederhana, viral marketing harus dijalankan dengan perencanaan yang matang. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin menerapkan strategi viral marketing pada bisnis Anda

Ciptakan Kesan yang Baik

Proses branding seringkali identik dengan si pemilik bisnis itu sendiri. Ciptakan kesan bahwa Anda sudah ahli dalam menjalankan usaha yang sedang Andsa geluti. Misalnya dengan cara mempublikasikan testimoni, dokumentasi, atau review terkait dengan produk yang Anda miliki.

Branding Unik

Berikan sesuatu yang unik agar konsumen mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Misalnya dengan cara memberikan tagline unik atau kata-kata humor yang bisa membuat konsumen terus mengingatnya.

Baca Juga : Dapatkan Keuntungan dari Bisnis Affiliate Marketing

Metode Marketing Interaktif

Terapkan metode marketing yang interaktif. Penerapan metode tersebut dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk Anda. Kuis dan survei merupakan beberapa metode yang bisa Anda terapkan agar pelanggan merasa lebih dekat dengan produk Anda.

Bantu Sesama

Membantu sesama juga bisa digunakan sebagai salah satu cara ketika menjalankan viral marketing. Secara tidak langsung, cara ini mengajak konsumen Anda untuk memiliki visi yang sama dengan Anda karena suatu usaha tidak hanya harus melahirkan profit, namun juga harus memberikan manfaat.

Itulah seluk beluk mengenai viral marketing. Manfaatkanlah kemajuan teknologi komunikasi saat ini sebagai sarana pemasaran. Lebih efektif, murah dan efesien. Selamat mencoba.

SHARE

LEAVE A REPLY