Membuka Peluang Usaha Susu Kedelai Kemasan

Usaha Susu Kedelai

Membuka peluang usaha susu kedelai di Indonesia sepertinya terbuka lebar saat ini. Karena kini pamor susu kedelai tak kalah dengan susu sapi. Penggemarnya pun dari berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Selain harganya yang murah meriah,  minuman yang terbuat dari saripati kedelai ini memang dijadikan sebagai pengganti susu bagi para vegetarian.

Susu ini juga dijadikan alternatif bagi orang yang menyukai susu namun tak boleh mengkonsumsi lemak berlebih. Apalagi kandungan gizi dari susu kedelai cukup tinggi, baik itu protein, kalsium, lemak, phospor, karbohidrat, zat besi, provotamin A,  maupun provitamin B. Melihat fenomena susu kedelai yang sedang naik pamor tak ada salahnya membuka susu kedelai.

Lalu Bagaimana Caranya Membuka Peluang Usaha Susu Kedelai di Indonesia ?

Tentukan Lokasi yang Startegis

Carilah lokasi yang startegis untuk memasarkan susu kedelai karena susu ini biasanya akrab dengan kelompok menengah ke bawah karena harganya yang murah. Jadi jualah susu kedelai di lingkungan kelas menengah ke bawah. Baik itu sekolah, kantin, stasiun, atau dipinggir jalan.

Harga Menyesuaikan Lokasi

Setelah menemukan lokasi yang startegis maka yang harus dilakukan adalah menyesuaikan harga jual susu kedelai. Jadi jangan terlalu mahal atau terlalu murah sehingga bisa menguntungkan. Jika dijual di sekolahan maka jualah dengan tarif anak sekolahan dua ribu hingga tiga ribu rupiah. Jika untuk daerah perkantoran bisa dijual dengan harga lima ribuan.

Perhatikan Kemasan

Kemasan biasanya tak dipikirkan matang oleh para penjual. Padahal kemasan sangat mempengaruhi faktor keberhasilan susu kedelai. Jika kemasan salah maka bisa membuat susu kedelai. Kemasan yang cocok untuk susu kedelai adalah gelas plastik yang ditutup plastik dibagian atasnya. Sehingga mengurangi tingkat kebocoran dan gampang untuk dikonsumsi dibandingkan dengan menggunakan cup atau bungkus plastik biasa.

Bikinlah Merek Yang Unik

Meski hanya susu kedelai bukan berarti Anda membuat mereknya asal-asalan. Karena nama yang unik ternyata membuat pembeli pemasaran. Sehingga buatlah nama yang unik untuk usaha susu kedelai Anda seperti es Teler 77 yang hingga kini namanya tetap popular meski banyak es teler merek lain yang dijual di pasaran.

Bagaimana Cara Membuat Susu Kedelai

Mencuci kacang kedelai hingga bersih kemudian direndam dalam waktu sepuluh jam atau semalaman hingga lunak dan empuk. Kemudian bersihkan kulit arinya.

Setelah itu giling kacang kedelai dan campurkan dengan air. Jika airnya segelas maka kacangnya tiga gelas begitu perbandingan berikutnya. Setelah itu giling kacang kedelai hingga halu dan disaring dengan kain putih atau kain kasa yang saringannya.

Setelah itu dilakukan sterilisasi susu kedelai dengan merebusnya dengan menggunakan panci sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah. Jika ingin rasanya lebih enak maka ketika merebus bisa ditambahkan bahan-bahan sesuai keinginan, misalnya daun pandan atau vanili, jahe, bubuk coklat, gula, sedikit garam dan vanili. Setelah itu bisa disterilisai agar bakteri mati dan susu tidak langu.

Bagaimana Mendapatkan Modal Usaha Susu Kedelai

Pinjaman Pribadi

Anda bisa mendapatkan modal untuk usaha susu kedelai dengan cara meminjam kepada kerabat atau saudara Anda. Atau jika Anda segan Anda bisa mengajaknya kerjasama dengan cara membagi persennya keuntungan dari penjualan susu kedelai. ‘

Bank

Anda juga bisa mengajukan pinjaman ke Bank, namun cara ini membutuhkan syaratnya yang tak sedikit. Sehingga kebanyakan pebisnis pemula tak mau mengajukannya. Belum lagi bunganya yang lumayan besar sehingga beberapa orang berpikir dua kali jika ingin meminjam ke Bank.

Kredit Usaha Rakyat

Di beberapa bank ada yang menyediakan KUR atau lebih dikenal dengan Kredit Usaha Rakyat yang bunganya lebih ringan.

Lembaga Keuangan atau Koperasi

Jika Anda anggota Koperasi Anda bisa mengajukan peminjaman kepada koperasi yang Anda ikuti. Atau anda bisa mengajukan proposal usaha ke lembaha keuangan.

 

LEAVE A REPLY