Peluang Usaha Sayuran di Kalimantan

Kalimantan dikenal dengan tanah yang berawa sehingga untuk bercocok tanam sayur-mayur agak sulit rasanya. Melihat fenomena tersebut tidak ada salahnya jika Anda membuka peluang usaha sayuran di Kalimantan. Sepertinya ini bisnis yang cukup menjanjikan.

Baca Artikel Terkait, Bisnis Tanaman Obat

Lalu Bagaimana cara memulai peluang usaha sayuran di Kalimantan, berikut tipsnya ;

  1. Pilih Lokasi Usaha Strategis

Meski tanah di Kalimantan tidak subur bukan berarti Anda tak perlu memilih lokasi yang tidak startegis. Karena ini sangat menentukan apakah peluang usaha sayur Anda lancar atau tidak. Jadi pilihlah lokasi penjualan yang startegis misalnya membuka warung sayur di perumahan, di pasar tradisional atau bisa juga di pasar malam atau pasar dadakan yang di beberapa daerah di Kalimantan diadakan.

  1. Menggunakan hidroponik atau aeroponik

Sulitnya membuka peluang usaha sayuran di Kalimantan karena tanahnya yang kurang subur. Sehingga sayur mayur tidak bisa tumbuh dengan optimal sehingga dibutuhkan tanah yang berasal dari luar Kalimantan. Bisa diambil dari Sulawesi atau Pulau Jawa. Namun jika itu tidak memungkinkan maka Anda bisa menggunakan dengan teknik  pertanian lain misalnya dengan bercocok tanam tanpa menggunakan tanah atau menggunakan metode hidroponik atau aeroponik. Sepertinya metode ini cocok diterapkan di daerah Kalimantan.

  1. Tentukan Sayur Mayur yang Digemari Masyarakat

Sebagian penduduk Kalimantan adalah orang pendatang sehingga mereka rindu akan makanan khas daerah asal. Sehingga ini bisa dibilang peluang usaha sayuran yang memang harus dimanfaatkan. Namun Anda harus tahu dulu jenis sayuran apa yang paling diminati oleh warga sekitar.

  1. Jangan Mematok Harga yang Mahal

Meski masyarakat Kalimantan memang membutuhkan sayuran namun jangan terlalu dimanfaatkan misalnya dengan mematok harga yang terlalu tinggi. Sehingga mereka tak bisa membelinya. Tak perlu juga menggunakan harga seperti di Pulau Jawa karena memang modal untuk bercocok tanam di Kalimantan cukup besar. Namun pasanglah harga yang sesuai agar usaha sayuran di Kalimantan tetap berjalan lancar.

  1. Peluang Usaha Sayuran Matang

Agar peluang usaha sayuran Anda berkembang tak ada salahnya Anda juga membuka peluang usaha sayuran matang. Sepertinya jika dibuka di daerah perkantoran cukup menjanjikan.

Bagaimana Anda tertarik untuk mencoba peluang usaha sayuran di Kalimantan? Selamat Mencoba!

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY