Peluang Usaha Restoran atau Rumah Makan Unik yang Menguntungkan

Peluang usaha restoran atau rumah makan tidak pernah ada matinya. Jika ada perut lapar pasti akan banyak gerai restoran yang siap untuk disinggahi dari daerah yang ramai penduduknya sampai yang jarang. Ini karena makan adalah salah satu kebutuhan kita sehari-hari. Kita pun bekerja dan berusaha untuk mendapatkan makan bukan?

Alasan Memilih Usaha Restoran sebagai Bentuk Peluang Usaha

Mengapa kita harus membuka usaha restoran padahal sudah banyak restoran yang sudah menjamur sampai ke pelosok? Nah, coba kita perhatikan dulu beberapa sebab peluang usaha restoran masih menjadi primadona di bidang kuliner.

Semua Orang Butuh Makan

Siapa yang tidak butuh makan? Hewan pun butuh makan setiap harinya. Bahkan ketika kita tidak sempat untuk membuat bekal, pastinya kita akan membeli makan di tempat makan bukan? Nah, maka dari itu membuka usaha restoran masih menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Baca Juga: Beberapa Alasan Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran UKM

Selain sebagai kebutuhan hidup, kita pun menjual makanan karena kita ingin mendapatkan uang untuk makan bukan? Nah, dari pada makan di restoran lain, lebih baik kita mempunyai restoran sendiri dengan keuntungan uang untuk kita sendiri juga.

Bisnis Restoran termasuk Bisnis dengan Jangka Panjang

Mengapa termasuk jangka panjang? Seperti yang telah disebutkan pada poin pertama yaitu setiap orang pasti membutuhkan makan. Dari sekian banyak penduduk di Indonesia, setidaknya ada beberapa yang ingin berkunjung ke restoran yang berbeda-beda setiap harinya.

Semakin ramainya sebuah daerah, pastinya peluang untuk membuka usaha restoran semakin meningkat. Anda bisa melihat beberapa daerah selatan Jakarta yang tadinya hanya sekedar perumahan saja, kini sudah menjadi ruko-ruko yang dipenuhi dengan berbagai jenis bisnis, salah satunya adalah bisnis rumah makan. Nah, masih butuh sebab lain bahwa usaha restoran itu menjanjikan?

Memiliki Omzet yang Setiap Hari

Yang biasanya mendapatkan gaji sebulan sekali, sekarang bisa mendapatkan gaji setiap hari dengan membuka bisnis restoran sendiri. Walaupun setiap harinya pengeluaran juga mengikuti, tetapi semua dana tersebut bisa dirangkum sehingga bisa memiliki pemasukkan yang stabil karena usaha rumah makan sendiri.

Beberapa alasan di atas bisa menjadi bahan pikir Anda untuk membuat usaha. Inilah yang membuat usaha restoran tidak termakan zaman. Tidak perlu terburu-buru, pastikan niat Anda memang sudah sejalan dengan usaha Anda.

Sambil memikirkan hal tersebut, mari kita lihat perkembangan usaha restoran sekarang ini. Ternyata telah banyak restoran maupun tempat makan lainnya yang memiliki konsep bervariasi. Dari menu tradisional sampai internasional. Apakah sudah tidak ada lagi kesempatan untuk membuka peluang usaha restoran? Tentunya masih banyak, tinggal bagaimana cara Anda untuk mengatur sampai mengeluarkan ide konsep restoran yang berbeda dengan tempat makan lainnya.

Beberapa Contoh Konsep Bisnis Restoran Unik di Jakarta

Anda sudah siap untuk membuka usaha restoran sendiri? Cermati dulu beberapa ide konsep restoran yang unik ini.

House of Hobbit Grill and Bar

Anda penggemar film Lord of the Rings? Jangan lupa untuk berkunjung ke tempat ini karena suasananya seperti berada dunia fantasi film yang memiliki tiga seri ini. Dilansir dari Indonesia.tripcanvas.co, restoran yang memiliki konsep film yang direka oleh J. R. R. Tolklen ini menyediakan berbagai macam sajian menu makanan ala manusia kecil atau Hobbit.

Hospitalis Restaurant & Bar

Jika Anda belum pernah ke rumah sakit, bersyukurlah tetapi jangan sampai kelewatan untuk pergi ke Hospitalis Restaurant & Bar ini. Anda akan merasakan suasana seperti orang sakit yang dilayani dengan pelayan yang berseragam seperti perawat dilansir dari bacaterus.com. Dengan konsep restoran unik ini, Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan terutama anak muda yang selalu ingin pergi ke tempat yang bergengsi.

Tugu Kunstkring Paleis

Berada di daerah Jakarta Pusat, sebuah restoran berkonsep vintage bernama Tugu Kunstkring Paleis menyediakan menu-menu hidangan khas Jawa yang dilansir dari bacaterus.com. Restoran ini dibangun seperti bangunan pada saat kolonial jaman Belanda. Dengan konsep mewahnya, Anda akan merasakan berada di restoran mewah dengan hidangan tradisional ala Indonesia.

Strawberry Café

Ternyata buah pun bisa menjadi sebuah konsep restoran seperti Strawberry Café ini. Restoran yang bertemakan buah stroberi ini sangat cocok bagi keluarga karena memiliki permainan-permainan yang menyenangkan menurut Indonesia.tripcanvas.co. Menunya pun beragam dari ayam goreng sampai minuman khas mereka yaitu strawberry volcano. Menarik bukan?

Semoga beberapa referensi diatas bisa membuah ide untuk usaha restoran Anda. Tidak perlu yang aneh, yang pasti bisa menawarkan kenyamanan dan terjangkau pun sudah bisa menarik perhatian pelanggan untuk datang kembali lagi.

Tips-tips membuat Bisnis Rumah Makan Unik untuk Pemula

Apakah Anda sudah siap untuk membuat bisnis restoran sendiri? Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam membuat bisnis rumah makan yang unik bagi pengusaha pemula.

Membuat Konsep Restoran yang Membuat Pelanggan menjadi Nyaman

Sebuah tempat yang nyaman tentunya akan mendapatkan pelanggan yang akan loyal dengan Anda. Bagaimana cara melakukannya? Anda harus mengetahui dulu kemauan pelanggan itu apa. Tidak perlu berpikir terlalu kerasn Biasanya tempat yang nyaman, pelayanan yang baik, makanan yang menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

Contoh seperti rumah makan padang yang berkonsep makanan tradisional. Mereka menyajikan hidangan dengan cepat karena sudah disiapkan sebelum restoran dibuka. Padahal tempatnya sederhana seperti tempat makan biasa, tetapi pelayanannya yang cepat dan juga harganya yang terjangkau membuat pelanggan selalu mencari hidangan asli Sumatra Barat ini.

Memiliki Kenalan Supplier Restoran yang Terpercaya dan Berkualitas

Bahan baku termasuk hal penting di usaha kuliner terutama restoran ini. Anda memerlukan pemasok atau supplier berkualitas. Mengapa demikian? Karena kualitas makanan Anda, terutama makanan di restoran, itu ditentukan dari bahan bakunya terlebih dahulu. Setelah itu baru proses mengolah sampai penyajiannya. Anda pastinya tidak mau menyajikan sayur busuk kepada pelanggan Anda bukan?

Pilihlah Lokasi Usaha yang Strategis

Sebuah lokasi terutama lokasi tempat bisnis sangat penting sekali untuk diperhatikan. Karena lokasi bisnis menentukan target pasar Anda. Maka dari itu, Anda butuh mengetahui dulu sasaran pasar Anda. Contoh jika target pasar Anda adalah ibu rumah tangga, Anda bisa menguasai penjualan di dekat perumahan. Atau jika target pasar Anda adalah orang yang bekerja, Anda bisa mencoba lokasi usaha dekat perkantoran. Pastikan lokasi usaha Anda sesuai dengan target pasar Anda.

Mengurus Izin Usaha Restoran

Sebuah restoran yang sudah berkembang sangat penting sekali untuk segera mengurus perizinan usaha rumah makannya ke pemerintah. Seperti sertifikasi halal. Walaupun masih belum diwajibkan, tapi di tahun 2019 nanti setiap pemilik usaha diwajibkan untuk mempunyai sertifikat halal menurut viva.co.id. Jangan sampai restoran Anda diperiksa lalu belum mempunyai izin apapun yang resmi dari pemerintah.

Baca Juga: Sertifikasi Halal MUI, Pelatihan Proses Produk Halal Bersama IHATEC LPPOM MUI

Gunakan Promosi Usaha Restoran yang Menarik

Promosi usaha dapat berupa apa saja. Anda bisa menggunakan dua tipe promosi yang sering digunakan pengusaha restoran yaitu secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contoh promosi secara langsung yaitu dengan menyebarkan flyer kepada target pasar. Biasanya promosi ini dibarengi dengan diskon atau sesuatu yang menarik perhatian pelanggan untuk datang ke tempat Anda.

Promosi lainnya yaitu promosi secara tidak langsung. Walaupun terdengar mudah, tetapi tipe promosi ini harus direncanakan secara rinci terlebih dahulu. Salah satu contoh promosi tidak langsung yaitu melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menarik perhatian netizen, Anda bisa memasarkan produk Anda dengan desain iklan yang menarik. Pastikan hal itu menjadi nomor satu untuk promosi secara tidak langsung.

Tentunya peluang usaha restoran ini tidak bisa untung secara langsung ketika baru pertama dibuka. Anda perlu bersabar dan juga perlu mengutamakan pasar Anda dengan promosi-promosi terbaru. Tidak apa jika untung sedikit sekarang, nanti pun omzet Anda akan semakin naik jika usaha Anda tetap stabil ke depannya.

SHARE

LEAVE A REPLY