Peluang Usaha Olahan Yoghurt yang Bisa Anda Coba di Rumah

Membuka usaha yoghurt memang sedang tren belakangan ini, minuman yoghurt dalam kemasan dan es yoghurt misalnya. Tapi pernah kah Anda mencoba biskuit yoghurt atau mungkin kue yang terbuat dari yoghurt. Jarang sekali bukan?

Daripada mengikuti memulai usaha yang hanya mengikuti tren cobalah mulai usaha yang berbeda, misalnya dengan membuka peluang usaha olahan yoghurt yang nilainya kemungkinan lebih tinggi jika dibandingkan dengan yoghurt biasa.

Selain kedua menu di atas, masih banyak kok sajian olahan yoghurt yang bisa dicoba. Cara membuatnya pun sederhana tak perlu memerlukan peralatan canggih yang bisa menghabiskan modal usaha Anda. Berikut peluang usaha olahan yoghurt yang bisa Anda kerjakan di rumah.

Biskuit Yoghurt

Peluang Usaha YoghurtYoghurt ternyata tidak hanya bisa dimakan dalam kondisi cream saja. Tapi juga bisa disajikan dalam bentuk biskuit yang gurih dan renyah. Inilah bahan yang diperlukan untuk membuat menu berikut.

  • 3 gelas tepung self raising
  • 2 ½ gelas yoghurt tawar bebas lemak
  • ½ gelas susu rendah lemak

Cara membuatnya

  • Campurkan seluruh bahan kemudian diadon hingga kalis.
  • Kemudian adonan dipipihkan hingga ketebalan ½ cm.
  • Lalu adonan dicetak sesuai dengan selera.
  • Dan di panggang dalam oven hingga suhu 176 derajat Celsius. Panggang hingga 15 menit.
  • Setelah itu bisa disajikan.

Es Krim Yoghurt

Es Krim Yoghurt atau Frozen Yoghurt kini menjadi tren di Indonesia. Hal ini karena yoghurt bukan hanya makanan yang enak namun juga sehat. Froyo sendiri mengandung probiotik yang sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh, pencernaan, mencegah eksim, peradangan dan lain-lain. Untuk membuat es krim yoghurt Anda tak perlu membeli mesin yang mahal jika masih dalam pemula. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang diperlukan

  1. Strawberry atau buah-buahan beku lainnya
  2. Air lemon
  3. Madu
  4. Plain yoghurt kemasan

Cara membuatnya yaitu dengan memblender semua buah hingga lembut dan menjadi creamy. Kemudian segera bekukan. Jika sudah membeku bisa Anda kemas.

Kue Banana Yoghurt

Peluang Usaha YoghurtYogurt ternyata bukan hanya bisa dijadikan minuman ringan. Namun juga bisa dijadikan bahan untuk membuat kudapan. Bagi Anda yang sedang diet tentunya tak perlu khawatir mengkonsumsinya karena kue banana yoghurt sangat rendah lemak.

Bahan-bahan :

  • 2 Pisang yang sudah matang
  • 250 gram yoghurt tawar
  • Untuk topping-nya Anda bisa disesuaikan dengan selera. Misalnya buah-buahan.

Cara membuatnya :

  • Pisang yang sudah masak dikupas kemudian dihaluskan lalu ditambahkan yoghurt hingga bahan tercampur rata.
  • Kemudian masukkan adonan yoghurt pisang ke dalam setiap cetakan dengan menggunakan sendok secara merata. Setelah itu taburkan topping atau buah lainnya.
  • Setelah itu masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga beku. Setelah beku kue banana bisa langsung disajikan.

Yoghurt Pancake

Peluang Usaha Yoghurt

Yoghurt ternyata bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat pancake. Cara membuatnya seperti pancake biasa, yaitu:

  • 150 gram terigu serba guna
  • 1 butir telur utuh
  • 2 sdm gula pasir
  • Yoghurt tawar
  • Baking soda
  • Susu bubuk
  • Susu cair tawar
  • Mentega
  • Minyak goreng

Buat terlebih dahulu adonan pancake dengan mencampurkan bahan-bahan seperti, tepung terigu, telur, gula pasir, baking soda, susu cair, mentega. Campurkan semua adonan sampai kalis dan sedikit kental. Setelah itu adonan pancake digoreng atas loyang yang sudah di beri minyak goreng sedikit. Lakukan pembuatan pancake sampai 3 kali.

Sementara itu untuk membuat yoghurt-nya Anda bisa campurkan bahan-bahan yoghurt tawar, susu bubuk dan air secukupnya. Aduk semua bahan sampai teksturnya creamy, lalu sajikan bersama pancake yang tadi Anda buat.

Yoghurt Pizza 

Bagi Anda yang suka menyantap pizza mungkin suka bosan dengan topping-nya yang itu-itu saja. Kini Anda bisa membuat pizza dengan topping yogurt berbeda bukan dengan jualan pizza yang sudah ada. Kreasi yogurt pizza ini bisa Anda jadikan usaha. Kemungkinan banyak yang berminat, karena yogurt baik jika padankan dengan roti yang karbohidratnya tinggi. Apalagi jika topping ada daging yang lemaknya tinggi. Yogurt bisa menetralisirkannya. Jadi Anda tak perlu khawatir gemuk ketika mengkonsumsi pizza bertopping yogurt.

Bubur Yogurt

Peluang Usaha YoghurtSaat ini banyak ibu-ibu muda yang kesulitan mengatasi si kecil yang tak mau makan. Mungkin Anda bisa menjadi solusinya. Dengan membuka usaha olahan yoghurt menjadi bubur. Meskipun rasa yogurt agak asam namun tidak berbahaya untuk pencernaan si kecil. Karena yoghurt merupakan sumber protein dan kalsium. Selain itu yoghurt juga mengandung probiotik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan dan bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang bisa menyebabkan penyakit.

Cara membuatnya dengan menghaluskan yoghurt wortel dan pir yang sudah dikupas hingga lembut. Kemudian ditambahkan dengan perasan jeruk manis agar rasa bubur tidak terlalu asam. Mudah bukan? Peluang usaha bubur yoghurt ini bisa Anda coba tawarkan ke tetangga terdekat Anda atau lewat media sosial.

Puding Yoghurt

Membuat puding sekarang tak hanya bisa dengan susu saja. Namun dengan yoghurt pun bisa. Cara membuatnya pun tak jauh berbeda dengan menambahkan agar-agar, buah yang dihaluskan (misal melon), yoghurt tawar, gula pasir, dan air. Yang kemudian diaduk-aduk hingga mendidih. Setelah itu, tuang ke dalam cetakan dan didinginkan. Tidak sulit bukan?

Kebab Seafood Yogurt

Kebab yang biasa kita temukan umumnya menggunakan saus tomat namun kali ini cobalah membuka usaha yang berbeda. Dengan membuka kebab seafood saus yoghurt. Jika Anda masih ingin menggunakan saus tomat tak apa ditambahkan. Cara membuatnya yaitu

  • Seafood yang berupa ikan, cumi-cumi dan udang dilumuri dengan lemon selama 15 menit agar bau amis hilang.
  • Kemudian ketiga seafood tersebut dipotong dadu dan ditusuk ke dalam sate.
  • Kemudian campurkan saus kebab yang terdiri dari yoghurt, saus tomat, garam, merica hitam kasar dan minyak zaitun.
  • Lalu kebab Anda di panggang hingga matang.
  • Ketika dipanggang sesekali olesi kebab dengan saus.

Kopi Yoghurt

Kopi biasanya dicampur dengan susu. Namun kali ini kopi justru dipadukan dengan yoghurt. Agar rasa pahit kopi dan asam yoghurt tidak terlalu aneh maka bakteri yoghurt yang digunakan yang lebih manis. Selain itu kopi yang dipilih adalah kopi arabika sehingga rasa pahit dan asam yang dihasilkan tidak dominan. Untuk nilai gizi dan tingkat keamanan yoghurt, kombinasi antara kopi dan yoghurt dinilai aman karena tingkat keasaman kopi yang digunakan rendah sehingga aman jika dikonsumsi.

Masker Yoghurt

Yoghurt selain baik untuk pencernaan juga baik untuk kulit. Terbukti yoghurt banyak digunakan di salon-salon kecantikan sebagai masker. Yoghurt yang biasa digunakan sebagai masker wajah adalah yoghurt yang tawar atau plain yoghurt karena masih terdapat bakteri di dalamnya. Masker yoghurt sendiri bisa melembapkan kulit wajah karena bisa meningkatkan kadar air. Selain itu masker yoghurt juga bisa mengurangi keriput dan garis halus pada wajah.

Cara membuat masker yoghurt adalah

  • Meletakan yoghurt ke dalam mangkuk kecil
  • Kemudian ditambahkan dengan madu dan jus lemon dan diaduk
  • Setelah itu wajah dibersihkan dengan air hangat.
  • Kemudian oleskan masker yoghurt ke wajah hingga leher secara merata dan biarkan selama kurang lebih dari 20 menit.

Jika ingin masker lebih maksimal maka tambahkan yoghurt dengan bahan lainnya seperti yoghurt ditambah dengan minyak zaitun yang mampu mengurangi keriput. Yoghurt dicampur pisang dan alpukat yang membuat wajah terlihat muda. Yoghurt pisang madu yang menghilangkan kulit kusam. Yoghurt dan ragi yang bisa melawan kerusakan kulit akibat penuaan. Dan lain-lain.

Yoghurt Parfait

Jika Anda ingin membuka usaha untuk makanan bagi orang diet maka Anda bisa mencoba membuka usaha Yoghurt Parfait. Dengan membuat beberapa lapisan kacang-kacangan ditambah dengan buah dan diberikan yoghurt pada setiap lapisannya. Jika ingin lebih lembut Anda bisa memblendernya terlebih dahulu baru kemudian dicampur dan dibekukan.

Mie Yoghurt Mangga

Bagi Anda yang ingin membuka peluang usaha olahan Yoghurt, mie yoghurt sepertinya cocok untuk Anda. Apalagi orang Indonesia menyukai sesuatu yang unik. Mie Yoghurt ini memang belum ada di Indonesia baru ada di Jepang. Mie ini berbeda dari mie kebanyakan yang dikonsumsinya dalam keadaan hangat, mie ini justru dikonsumsi dalam keadaan dingin. Kuah mie ini berasal dari yoghurt mangga, jadinya rasanya asam dan gurih. Dan untuk menambah nikmat maka ditambahkan dengan saus pasta karbonara yang bisa menempel pada mie udon yang kenyal.   

Nasi Goreng Yoghurt

Saat ini orang sedang berlomba-lomba membuat nasi goreng yang unik dan menarik agar pembeli tertarik untuk membeli. Nah Anda bisa membuka usah dengan mencoba membuat nasi goreng yoghurt. Jadi nasi gorengnya bukan hanya pedas, asin, manis namun juga ada rasa asamnya. Agar asamnya tidak terlalu dominan Anda bisa menggunakan yoghurt tawar yang rasa asamnya tidak terlalu tinggi. Nasi goreng yoghurt ini selain enak juga kandungannya tinggi.

SHARE

LEAVE A REPLY