15 Peluang Usaha Makanan Ringan Unik yang Menghasilkan Duit

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Bagi Anda yang ingin membuka usaha camilan tentunya jangan sekedar membuka usaha karena sekarang ini persaingan cukup ketat. Jadi lebih baik Anda membuka usaha makanan ringan unik saja. Karena masih minim kompetisinya. Mengapa demikian? Karena orang Indonesia selain memperhatikan rasa juga memiliki rasa penasaran yang luar biasa terhadap sesuatu yang baru. Termasuk makan ringan.

Berikut 15 Peluang Usaha Makanan Ringan Unik yang Mungkin Cocok untuk Anda

  1. Bakpao Buah

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Bakpao? Pasti Anda sudah tahu bukan? Makanan asli China ini begitu banyak kita temukan di sepanjang jalan. Lalu bagaimana dengan bakpao buah? Serupakah? Ternyata sedikit berbeda bakpao buah bentuknya mirip sekali buah. Jadi jangan terkecoh jika Anda menemukan pedagang bakpao buah.

Pedagang Bakpao Buah ini biasa ditemukan tak jauh dari Masjid Raya Bandung. Meski dinamakan bakso buah dan bentuknya menyerupai bukan namun bukan berarti bakpao buah isinya adalah buah. Bakpao ini ketika dibuka isinya ternyata bukan buah, isinya sama seperti bakpao pada umumnya yang berisikan coklat, kacang hijau, daging dan lain-lain.

Harga Bakpao buah dipatok tak jauh dari harga bakpao umumnya Rp65.000 bisa mendapatkan 10 buah. Anda bisa memilih beraga bentuk buah yang bisa dipilih sesuka hati. Warna bakpao buah memang mencolok seperti warna buah namun jangan khawatir pewarna yang digunakan adalah pewarna alami bukan buatan.

2. Belalang Goreng

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Bagi yang lahirnya sebelum era milenium, camilan belalang goreng tentunya menjadi biasa saja. Karena belalang saat itu banyak ditemukan dan bisa sendiri mengolahnya. Namun kini karena kelangkaan belalang, camilan ini menjadi lumayan mahal dan sulit ditemukan.

Namun jika Anda sangat ingin camilan belalang goreng, Anda bisa membeli camilan ini di daerah Wonosari Yogyakarta. Bisa juga secara online. Paling terkenal merek belalang goreng adalah Walang Goreng Pak Gareng yang harganya biasanya dimulai dari Rp33 ribu. Belalang goreng ini diolah menggunakan bumbu-bumbu rempah dan tanpa bahan pengawet. Selain itu belalang ini dijamin kehigienisannya sehingga Anda tak perlu khawatir sakit perut bila mengkonsumsinya.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan Ringan

Tak hanya itu, ternyata belalang goreng juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Banyak nutrisi yang terdapat pada belalang goreng yang sangat baik jika kita konsumsi seperti protein, vitamin, asam lemak esensial, mineral dan juga zat kitosan yang biasanya terdapat pada kulit udang.

3. Wagashi

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Bagi pecinta makanan jepang, nama Wagshi tentunya tak asing lagi. Kue tradisional Jepang ini sekarang sudah masuk ke Indonesia. Camilan yang mirip permen ini hanya memiliki rasa yang manis dan biasanya dihidangkan bersama dengan teh hangat. Di Jepang sendiri cara mengkonsumsinya dengan cara menghabiskan wagashi terlebih dahulu baru meminum teh tanpa gula.

Biasanya wagashi disuguhkan jika ada acara-acara tertentu. Bahan baku membuat wagashi seperti beras, gandum, kedelai, tepung dan brown sugar. Kemudian bahan tersebut dicampurkan dengan air dan diuleni setelah itu baru di goreng dalam minyak panas.

 4. Chocodot

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Anda menyukai coklat? Sudah coba belum coklat dodol berikut ini? Chocodot, coklat yang dipadukan dengan dodol garut. Rasanya tak kalah enak dengan coklat yang biasa kita beli di supermarket.

Selain rasanya yang enak, chocodot ternyata dikemas menarik. Dengan kata-katanya yang pas untuk remaja yang galau. Misalnya saja kemasan Coklat Anti Galau, Coklat Enteng Jodoh, Coklat Tolak Miskin, Coklat Sesuatu Banget, Coklat Gawat Darurat, Coklat Rasa Sayang, Coklat Obat Stres, Coklat Badai Tsunami, Coklat Cegah Alay, Coklat Konspirasi Kemakmuran, Coklat Kece Badai, Coklat Hati Rindu dan lain-lain.

Baca juga : Bisnis Coklat Rumahan

Desain kemasan ini sengaja dibuat menarik agar banyak yang tretarik untuk membelinya. Coklat ini bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh primadona khas Garut. Coklat ini dijual beragam mulai dari RP16.000 hingga Rp Rp28.9900 per kotaknya. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk berbisnis coklat unik ini?

5.Rempeyek Jangkrik

Peluang Usaha Makanan Ringan UnikJangkrik yang biasa dijadikan sebagai makanan burung, ternyata bisa dijadikan rempeyek juga. Makanan ini dijadikan camilan yang gurih dan berkhasiat. Bahkan dijadikan oleh-oleh khas Surabaya.

Tak sembarang jangkrik yang digunakan sebagai bahan baku rempeyek. Tentunya yang dipilih adalah jangkrik yang usianya masih mudah bahkan yang baru sebulan menetas. Karena usia muda rempeyek bisa memiliki kadar protein yang tinggi.

Cara membuatnya yakni jangkrik yang telah mati kemudian dipindahkan ke atas wajan untuk disangrai. Setelah kering jangkrik tersebut dipotong-potong setelah kepala dan kakinya dibuang, Setelah itu sisakan badan yang memang memiliki kandungan protein yang tinggi. Badan inilah yang dijadikan sebagai bahan baku rempeyek yang akan ditambahkan dengan tepung terigu dan bumbu. Biasanya keripik jangkrik sekantongnya dihargai Rp7500-Rp22.000.

6. Semangka Goreng

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Jika buah pisang digoreng tentunya biasa saja. Lalu bagaimana jika itu buah semangka? Buah yang memiliki kadar air yang tinggi ini ternyata bisa menjadi sebuah gorengan dan menjadi salah satu camilan yang disukai.

Caranya dengan cara memotong semangka tanpa biji ke dalam kulit tepung yang berasal dari campuran maizena, terigu, putih telur, gula, air dan sedikit minyak. Meski semangka goreng ini sudah menjadi camilan yang populer namun baru belum ditemukan di mana tempat menjualnya. Nah, mumpung masih langka Anda bisa memulainya menjajal usahanya.

7. Rambut Nenek (Arum Manis)

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Camilan yang satu ini pasti tak asing lagi, Rambut Nenek. Camilan yang terbuat dari arum manis yang berwarna pink lebih ke warna putih ini selintas memang menyerupai rambut nenek. Jadi wajar saja jika dijuluki dengan rambut nenek.

Rambut nenek yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir dan minyak goreng ini ternyata meski sudah ada camilan lainnya tetap tak bisa dikalahkan fenomenalnya. Camilan manis ini memang disukai di semua usia. Bahkan menjadi camilan untuk nostalgia karena usianya memang tak lagi muda.

Menyantap camilan satu ini rasanya kurang nikmat jika tanpa kerupuknya yang biasanya berwarna warni. Kini harga Rambut nenek dijual Rp2000/ buahnya.

8. Dadar Gulung Coklat

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Jika biasanya dadar gulung berwarna hijau pandan dan isinya adalah kelapa manis. Dadar gulu yang satu ini berbeda, berwarna coklat dan isinya adalah coklat, susu dan keju. Pembuatan kulit dadar gulung ini sebenarnya sama dengan dadar gulung hijau hanya saja pewarnanya yang berbeda.

Kulitnya terbuat dari tepung terigu berprotein rendah, gula, susu, telur ayam dan coklat bubuk. Untuk menambah cita rasa bisa ditambahkan dengan sedikit vanili. Setelah itu dadar gulung coklat digoreng ke dalam teplon, kemudian sebelum digulung dadar diisi dengan coklat pasta, pisang keju dan susu bisa disesuaikan dengan selera.

Harga dadar gulung coklat tentunya lebih mahal dibandingkan dengan dadar gulung biasa harganya dipatok Rp2000/buahnya. Dadar gulung coklat ini biasa dijadikan sebagai camilan bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

9. Black Burger

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Jika biasanya burger berwarna kuning kecokelatan namun burger yang unik ini berwarna hitam pekat. Mengapa bisa demikian? Burger ini menggunakan pewarna hitam dari tinta cumi-cumi sehingga berwarna hitam pekat. Namun untuk bahan-bahan pelengkap dari burger sama dengan burger seperti biasanya yaitu keju, selada, beef, kentang, telur, ayam crispy dan tomat.

Biasanya camilan unik yang satu ini dipatok harga Rp15 ribu per potongnya tetapi disesuaikan juga dengan lapisannya. Jika Anda ingin membuka usaha ini namun kesulitan untuk membuat roti burgernya. Tenang, kini sudah ada roti black burger yang dijual di pasaran. Sehingga Anda tinggal memberikan lapisan burgernya dan sausnya saja.

10. Brownies Beku Stick

Jika biasanya brownies bertekstur lembut layaknya bolu pada umumnya. Namun, brownies yang satu ini dibuat beku dan dipasang pada stick sehingga menyerupai es krim coklat. Camilan unik ini sedang trend belakangan ini.

Sebenarnya brownies stick beku ini cara pembuatannya sama dengan bolu brownies hanya saja setelah brownies matang kemudian dibekukan di dalam freezer. Brownies yang satu ini populer dengan nama frozen brownies. Teksturnya setelah dibekukan tentunya akan padat hanya saja tetap kenyal dan ada sensasi dinginnya seperti saat menyantap es krim.

Frozen Brownis ini biasanya dijual dengan harga Rp10.000 per sticknya. Dan Anda bisa membuatnya sendiri. Dengan cara mencampurkan adonan brownies seperti margarin, dark coklat, gula pasir, telur, tepung terigu, coklat bubuk yang dipanggang setelah itu ditusuk dengan stik dan dibekukan. Sebelum dibekukan Anda bisa menambahkan keju, kacang atau almond. Agar lebih enak dan menarik.

11. Dadih (Yoghurt Kerbau)

Peluang Usaha 2018

Anda pasti mengenal Yoghurt. Minuman segar hasil fermentasi susu sapi ini tentunya menyegarkan bukan? Lalu bagaimana jika Yoghurt ini terbuat dari fermentasi susu kerbau? Anda sudah mencoba.

Yoghurt kerbau yang biasa dikenal dengan nama Dadih ini sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Namun kurang populer di luar daerah Minangkabau. Olahan susu fermentasi ini selain enak juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berbeda dengan Yoghurt yang terbuat dari susu sapi yang biasanya disantap bersama dengan buah atau topping. Dadih justru disantap bersama nasi. Bahkan ada yang menjadikan lauk pendamping nasi.

Baca juga : Tips Usaha Es Krim dan Frozen Yogurt Bagi Pengusaha Pemula

Kemasan dadih juga tak semodern yoghurt pada umumnya. Dadih dimasukkan ke dalam sepotong ruas bambu segar yang kemudian dimasukkan ke dalam sepotong bambu lalu ditutup dengan daun pisang. Setelah itu difermentasi secara alami dalam suhu ruangan 25 derajat Celsius.

Dadih bisa langsung dimakan bisa juga sebagai topping makanan. Dadih selain menjadi camilan bisa juga digunakan sebagai penambah gizi bagi para warga desa yang selama ini mengalami kekurangan gizi karena dadih memiliki kandungan gizi yang tinggi.

12. Es Krim Nitrogen

Peluang Usaha 2018

Jika orang mengetahuinya bahwa nitrogen merupakan salah satu senyawa kimia. Itu memang benar adanya. Lalu benarkah jika senyawa kimia ini ternyata mampu menjadi es krim? Atau tenar dengan nama es krim nitrogen.

Sebenarnya senyawa kimia Nitrogen bukan menjadi bahan baku es krim yang selama ini diperbincangkan. Hanya saja senyawa ini dijadikan sebagai bahan untuk membekukan es krim dalam waktu sebentar saja.  Jadi jika biasanya es krim dibekukan dalam waktu yang lama ini dengan menggunakan Nitrogen bisa menjadi beku dalam hitungan menit saja.

Baca juga : Mesin Es Krim, Cara Mudah Buat Es Krim Cone Enak dan Lembut

Untuk membuat es krim ini bahan-bahannya sama dengan es krim pada umumnya yang terbuat dari olahan susu. Lalu senyawa nitrogen dalam bentuk cair (liquid Nitrogen) yang mendinginkan es krim tersebut dengan menggunakan alat khusus. Biasanya proses pembuatan ini terbilang unik karena akan terlihat kumpulan asap nitrogen ketika prosesnya. Sehingga menjadi ajang pertunjukan dan menjadi daya tarik sendiri.

Namun sayangnya bagi Anda yang tak memiliki keahlian jangan sampai mencoba sendiri di rumah karena akan membuat tangan Anda melepuh. Karena si pembuat es krim harus menggunakan alat khusus dan sarung tangan ketika membuatnya. Selain itu es krim nitrogen juga terbilang mahal dan tak boleh terlalu banyak mengkonsumsinya karena berbahaya bagai kesehatan.

13. Banana Chocolate Stick

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Meski tak ada yang meragukan bahwa kandungan gizi pisang tinggi namun sedikit orang yang meliriknya menjadi buah untuk kalangan petinggi. Karena pisang memang terbilang murah. Makan ringan olahan pisang pun tak jauh-jauh dari gorengan seperti pisang goreng atau molen.

Namun bagaimana jika pisang diubah menjadi chocolate stick?

Pastinya harga pisang yang murah akan mendadak menjadi naik. Tak semua pisang bisa diolah menjadi pisang coklat stick hanya pisang tertentu seperti pisang Ambon. Cara membuatnya cukup mudah yakni pisang Ambon yang matang dipotong. Setelah itu masukkan potongan pisang pada stick es krim.

Setelah itu  dicampurkan ke dalam coklat batangan yang telah dilelehkan dengan mentega. Kemudian ditaburkan juga topping seperti mesis seres, kacang, kismis, almond dan lain-lain. Setelah selesai bisa dibekukan di lemari pendingin. Nah mudah bukan?

14. Oreo Goreng

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Gorengan, camilan yang satu ini sering kita temui di pinggir jalan bukan? Tentunya beragam ada tahu, tempe, singkong, ubi, aci bakwan, kroket hingga Combro. Lalu bagaimana jika gorengan tersebut terbuat dari biskuit yang dibaluri tepung kemudian digoreng?

Unik bukan? Camilan unik ini ternyata banyak yang mencari selain unik karena rasanya yang enak. Selain dibaluri terigu, sebelumnya Oreo dimasukkan ke dalam lemari es agar lebih renyah. Kemudian ditambahkan dengan gula dan telur kemudian aduk merata.

Sembari dimasukkan susu cair sedikit demi sedikit kemudian ditambahkan dengan baking powder. Setelah itu Oreo digoreng dengan api sedang hingga warna kulitnya coklat keemasan. Setelah itu Oreo bisa ditambahkan dengan topping sesuai selera.

15. Minuman Pencuci Piring

Peluang Usaha Makanan Ringan Unik

Bagi Anda yang sering mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring pasti tahu dengan sabun cair pencuci piring. Lalu bagaimana jika sabun cair tersebut diminum? Dan ternyata banyak yang mengkonsumsinyanya terutama di daerah Malang Jawa Timur.

Minuman tersebut memang sekilas tak berbeda dengan sabun pencuci piring nama mereknya pun hampir sama yakni Sudlight dan Momo Lemon. Namun tentunya yang diminum bukan sabun melainkan jus buah yang warnanya dan botolnya mirip sekali.

Meski mirip namun minuman tersebut sama sekali tak berbahaya jika dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami dan botolnya sendiri dipesan langsung dari pabriknya. Minuman tersebut terbuat dari aneka rasa seperti melon, anggur, Strawbery, jeruk yang campur dengan rasa coklat, buble gu,. Green tea dan lain-lain. Karena tanpa bahan pengawet minuman ini hanya tahan hingga empat hari saja. Jadi memang tidak berbahaya.

LEAVE A REPLY