Kupas Tuntas Membuka Peluang Usaha Kue Ulang Tahun yang Unik untuk Pengusaha Pemula

Sudah berganti tahun tetapi belum juga punya usaha? Mungkin dengan membuka peluang usaha kue ulang tahun bisa jadi ide usaha Anda. Mengapa demikian? Karena ternyata kue ulang tahun tidak hanya tentang kue beserta lilin saja, tetapi tentang karya yang disampaikan untuk merayakan sebuah hari istimewa.

Sebuah usaha terutama usaha kue ulang tahun unik ini tentunya perlu skill atau kemampuan untuk membuat kuenya. Seperti teknik fondant. Teknik fondant merupakan jenis teknis icing yang ditujukan untuk menutup kue dan bisa dibentuk sesuai dengan kreativitas pembuat kue menurut kulineri.com. Teknik ini adalah teknik yang biasanya digunakan untuk menutup kue sehingga kue terlihat rapi dan seragam.

Baca Juga: Kursus, Workshop, Pelatihan untuk Usaha di GOUKM Training Centre

Bagaimana cara mempelajari teknik-teknik membuat kue ultah ini? Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak platform atau tempat yang menyediakan sarana pembelajaran kue ultah secara berbayar maupun gratis. Contohnya seperti kursus memasak atau kursus cake and bakery atau lewat video-video latihan di youtube atau resep di cookpad. Mudah bukan?

Mengapa peluang usaha kue ulang tahun ini pantas untuk diusahakan oleh pengusaha pemula? Berikut beberapa keuntungan membuka bisnis kue ultah yang dapat Anda rasakan.

Bisa Membuat Ide-ide Kue Ultah Baru

Di luar negeri, sebuah kue ulang tahun bisa berbentuk bermacam-macam. Ada yang berbentuk karakter-karakter tokoh idola sampai benda-benda yang disukai seperti tas, sepatu atau semacamnya. Inilah mengapa usaha kue merupakan usaha kreatif karena kue bisa bertransformasi menjadi bentuk apa saja yang kita inginkan.

Tidak hanya Kue Ultah, Kue Lain pun Bisa dijadikan Usaha

Anda ingin menjual kue lain? Tentunya bisa. Bahkan dengan versi yang lebih kecil atau besar pun akan lebih terlihat menarik perhatian pelanggan. Mengapa demikian? Karena manusia menyukai sesuatu yang berbeda dan unik sehingga setiap melihat sesuatu yang lucu atau semacamnya, kita secara tidak sadar akan membeli atau setidaknya melihat barangnya lebih dekat.

Bisa Hadir pada Event-event Tertentu

Kue ultah juga bisa hadir pada acara-acara kue dan roti lho! Apalagi jika Anda mempunyai kue ultah yang unik. Pastinya akan lebih menarik perhatian konsumen. Pastikan Anda tahu cara memasarkan usaha cake ultah Anda dengan benar.

Baca Juga: Mengulas Strategi Sukses untuk Bisnis Cake and Bakery 2018

Langkah-langkah membuat Bisnis Kue Ulang Tahun

Langsung ingin membuka usaha kue ultah tetapi masih belum tahu mau kemana dulu? Tenang saja. Ini dia langkah-langkah sederhana untuk membuka peluang usaha kue ulang tahun yang unik bagi pengusaha pemula.

Pikirkan Prospek Usaha Kue Ulang Tahun

Siapa saja orang yang biasanya membeli kue ulang tahun? Jika dilihat dari umur, pastinya semua kalangan usia ingin merayakan hari ulang tahunnya. Tetapi jika diperdalam lagi ternyata anak-anak kecil senang sekali dengan kue ulang tahun anak yang memiliki banyak pernak pernik. Ini sangat pas untuk Anda yang ingin membuka usaha kue ultah unik.

Mencari Modal Bisnis Cake Ultah

Masih pemula tidak tahu dimana cari modal? Hei, masih ada kerabat terdekat Anda. Pastikan Anda bisa menyakinkan mereka bahwa Anda bisa melakukan bisnis kue dan roti ini. Jika sudah mulai meraup untung, selanjutnya Anda bis meminjam uang kepada lembaga-lembaga keuangan resmi seperti bank, pegadaian, atau lembaga pinjaman uang lainnya.

Cari Bahan Baku yang Murah serta Resep yang Sederhana tetapi Menarik

Bahan baku yang murah memang tidak mudah dicari apalagi jika Anda masih baru terjun usaha. Salah satu cara mudahnya adalah berteman dengan kompetitor. Jangan jadikan kompetitor Anda sebagai seorang musuh, tetapi jadikanlah mereka teman karena rezeki sudah ada yang mengatur. Anda juga bisa mencari di internet tempat mencari bahan baku kue yang murah.

Resep pun juga sama seperti mencari bahan baku. Untuk mengetahuinya memang tidak sebentar, karena Anda perlu belajar terus untuk menguasainya. Jika ingin singkat, Anda bisa mengikuti kursus kue dan roti khusus kue ulang tahun. Yang penting adalah niat dan usaha Anda.

Tentukan Strategi Pemasaran yang Menguntungkan

Kue ulang tahun biasanya lucu dan unik bukan? Nah, Anda bisa memasarkannya secara online lho apalagi dengan adanya teknologi yang mutakhir seperti media sosial dan teman-temannya. Anda bisa juga bisa mengabarkan bisnis Anda kepada kerabat Anda. Jangan sungkan karena sebuah bisnis tidak akan berkembang jika Anda tidak mau berusaha.

Baca Juga: Kursus Digital Marketing Jakarta di GoUKM Training Center

Buka Toko? Bisa, tapi Sebaiknya Workshop dan Display Kue di Area Rumah Saja Lebih Hemat

Ingin buka toko offline juga karena dirasa lebih yakin punya tempat? Boleh saja, tetapi untuk lebih hemat, Anda bisa menggunakan teras rumah atau tempat sederhana yang berguna hanya untuk display kuenya saja. Jangan lupa untuk membuat banner yang jelas dan menarik supaya konsumen mengetahui jelas tentang bisnis kue ulang tahun Anda.

Sudah Sukses? Cari Karyawan Usaha Kue Ultah

Usaha kue ulang tahun Anda sudah mulai merayap naik? Saatnya Anda membuka lapangan pekerjaan baru. Pastikan Anda mempunyai karyawan atau partner kerja yang memang Anda ketahui secara jelas dan beri tahu juga tentang visi dan misi atau goals Anda supaya terinspirasi untuk bekerja dengan Anda. Jangan jadikan karyawan sebagai pembantu, jadikanlah mereka sebagai rekan terdekat Anda.

Bagaimana dengan peluang usaha kue ulang tahun seperti di atas? Sudah mulai terbuka pastinya bukan? Sebuah bisnis seperti bisnis kue ultah ini pastinya tidak hanya membutuhkan usaha, tetapi juga membutuhkan niat yang disertai doa. Semoga informasi ini bisa membuka pikiran Anda untuk selalu berkarya dalam memajukan ekonomi negara kita.

SHARE

LEAVE A REPLY