Bisnis Jamur Merang, Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

peluang usaha jamur merang

Apakah Anda seorang karyawan yang barus saja berhenti dari perusahaan. Jika iya sebaiknya Anda jangan bingung dalam mencari pekerjaan. Anda ciptakan saja lapangan pekerjaan lewat usaha peluang usaha jamur merang yang dalam hitungan minggu bisa menghasilkan omzet puluh jutaan. Karena harga jamur merang tergolong  mahal dibandingkan dengan harga jamur lainnya.  Harganya mencapai Rp 40-50 ribu/ kgnya. Sementara rata-rata harga jamur Rp12-20 ribu per kilogramnya. Jika Anda tertarik bisnis jamur merang ini mari simak cara membudidayakan jamur merang hingga proses pemasarannya.

(Baca Juga Artikel Terkait : Peluang usaha hidrogel )

Peluang Bisnis jamur merang

Hal yang pertama kali disiapkan untuk membudidayakan jamur merang adalah membuat kumbung jamur. Kumbung ini bisa terbuat dari bilik bambu atau jika ingin murah bisa menggunakan plastik. Sedangkan atapnya bisa menggunakan rumbia. Biasanya kumbung berukuran 6x4x3,5 meter. Lalu siapkan rak-rak sebagai tempat untuk menanam jamur.

Kemudian siapkan media tanam, caranya dengan mencampurkan media tanam dengan kapur. Media tanamnya bisa jerami, kapas, bahkan kardus. Misalnya media tanam  jerami dan kapur. Dicampur dengan komposisi 1 : 1 kemudian dimasukkan kapur pertanian dengan ukuran sebesar 2 % dari berat jerami setelah digabung dengan kapas. Setelah itu ditambah 1 % urea dan 10 % bekatul.

Setelah itu dilakukan proses fermentasi, dengan cara menutup rapat media tanam yang sudah ditambahkan urea,bekatul dan kapur selama seminggu. Setelah media tanam melapuk maka diletakan di rak yang telah siap di dalam kumbung jamur dengan ketebala 15-25 cm. Kemudian kumbung disterilisasi

Ketika media tanam sudah jadi, Anda tinggal meletakkannya di rak tanam yg disiapkan di dalam kumbung jamur. Sebaiknya, media dibuat dengan ketebalan mencapai 15 hingga 20 cm. Setelah diletakkan, tutup kumbung jamur dan jangan lupa untuk menguapinya menggunakan uap panas 70-80 derajat celsius sekitar 2-4 jam. Setelah suhu didapatkan selama 24 jam kumbung didiamkan.

Kemudian tanam bibit dengan menebarkan langsung pada media tanam yang sudah disterilkan. Setelah itu dilakukan proses inkubasi pada suhu 32-34 derajat celsius, kelembaban 65% lalu kumbung ditutup selama 3-14 hari. Panen jamur bisa dilakukan pada usia jamur 8 hingga 12 hari ditandai dengan bentuk tubuh jamur seperti kascing bukan sudah mekar. Jika mekar justru sudah tak segar untuk dimakan.

LEAVE A REPLY