Teguk Segarnya Peluang Bisnis Thai Tea, Minuman Khas Gajah Putih Thailand

Peluang bisnis minuman manis dan dingin di Indonesia masih terbuka lebar, salah satunya bisnis Thai Tea atau teh Thailand yang kini sedang populer di berbagai daerah Tanah Air.

Sebagai salah satu negara dengan iklim tropis, minuman dingin dan menyegarkan banyak menjadi pilihan masyarakat Tanah Air untuk melepas dahaga. Thai tea salah satunya. Minuman teh yang berasal dari negeri gajah putih ini sangat pas dinikmati saat cuaca panas atau sedang terik.

Baca Juga: Inovatif!! Inspirasi Kemasan Minuman yang Dijamin Bisa Curi Perhatian Pelanggan

Asal Usul Thai Tea

Thai tea adalah salah satu minuman yang berasal dari negeri gajah putih Thailand yang telah dikenal oleh masyarakatnya sejak tahun 1980-an. Meski secara historikal Thailand tidak penah menjadi negara peminum teh, tetapi Thai tea telah menjadi minuman umum dan banyak digemari warganya.

Thai tea terbuat dari teh hitam dengan bunga lawang (star anise), pewarna makanan, kadang dicampur dengan rempah-rempah dan susu kental manis. Dan bisa dinikmati secara panas atau dingin.

Sejarah singkat Thai tea dimulai pada tahun 1980’an. Di mana pada saat itu pedagang dari China menyalurkan teh yang mejadi bahan baku Thai tea yaitu Cha Yen Tea. Sejenis teh hitam atau black tea. Tapi karena harganya yang melambung, Cha Yen kemudian digantikan dengan seduhan teh Ceylon, teh hitam beraroma sangat pekat yang berasal dari Sri Lanka.

Teh yang dipilih memang tak bisa sembarangan karena seduhan teh tersebut haruslah memiliki aroma yang tajam dan rasa teh hitam yang sangat kuat pula. Maka dari itu, tidak heran kalau Cha Yen atau Ceylon yang terpilih.

Peluang Bisnis Minuman Thai Tea

Sebagai salah satu minuman populer dengan potensi pasar yang cukup luas, Thai tea bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan yang bisa Anda coba.

Meski telah banyak yang membuka bisnis Thai tea di Indonesia, potensi bisnis tersebut masih terbuka lebar. Persaingan antara satu brand dengan brand yang lain masih sangat ketat. Belum ada produk Thai tea yang menonjol, karena inovasi unik.

Baca juga : Coba Usaha yang Menjanjikan 

Hampir setiap gerai memproduksi minuman Thai tea yang kurang lebih sama, baik dari segi kemasan maupun rasa. Di sinilah peluang potensial yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa mencoba untuk membuat varian atau inovasi baru dari minuman Thai tea, yang tentunya dapat diterima oleh lidah orang Indonesia.

Peluang bisnis yang cukup menjanjikan bukan? Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis Thai tea, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan modal untuk membuka bisnis tersebut.

Cara Memulai Bisnis Thai Tea

Persiapan awal bisa dilakukan dengan menyiapkan bahan serta alat yang akan digunakan. Penting juga untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan Thai tea. Berikut beberapa persiapan yang harus Anda siapkan saat akan membuka bisnis Thai tea.

Siapkan Bahan yang Diperlukan dalam Pembuatan Thai Tea

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan Thai tea ini adalah teh Ceylon atau Bai Miang. Apabila bahan ini sulit didapat, Anda bisa menggantinya dengan teh lokal yang tersedia di wilayah Anda.

Bahan lain yang tak kalah penting adalah susu. Anda bisa menggunakan susu segar, akan tetapi lebih disarankan menggunakan susu evaporasi. Pilih susu yang berlabel Evaporated Milk, biasanya dikemas dalam kemasan kaleng.

Baca Juga: Lirik Ragam Bisnis Olahan Kopi yang Unik dan Kreatif membawa Berkah

Jika tidak ada, bisa juga menggunakan susu kental manis yang tidak terlalu manis seperti susu carnation, atau bisa juga menggunakan santan. Dan sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan bahan tambahan seperti air jeruk, bunga kawang, atau rempah-rempah lainnya.

Berikut rincian bahan baku yang digunakan dalam pembuatan minuman Thai tea:

  • 200 ml air
  • 3 sdm teh hitam
  • 2 sdm susu kental manis
  • 5 sdm susu segar, susu evapoporasi atau santan (pilih salah sau)
  • 2 sdm krim bubuk (opsional)
  • Gula (opsional)
  • Air jeruk (opsional)
  • Rempah-rempah seperti orange blossom water, star anise, asam jawa, dan kayu manis, dan lain-lain
  • Es batu

Ala-alat yang diperlukan:

  • Wadah untuk mengkocok minuman (shaker bottle)
  • Gelas

Setelah alat dan bahan-bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan Thai tea.

Cara Membuat Thai Tea

Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam pembuatan minuman Thai tea:

Langkah pertama, seduh teh hitam yang telah Anda siapkan kedalam air mendidih. Biarkan air menjadi merah kehitaman, dan tunggu hingga dingin.

Langkah kedua, saring teh kedalam shaker bottle. Tambahkan krimer dan susu kental. Pada tahap ini, Anda juga bisa menambahkan bahan tamabhan seperti gula atau rempah-rempah sesuai selera.

Langkah ketiga, kocok shaker bottle hingga semua bahan tercampur.

Langkah keempat, masukan es batu, tambahkan susu segar, susu evaporasi atau santan. Kemudian tambahkan perasan air jeruk untuk memperkaya  rasa. Sedikit saja sekitar satu sendok makan.

Langkah terakhir, Thai tea siap dihidangkan.

Itu dia beberapa persiapan yang harus Anda ketahui saat akan menjalankan bisnis Thai tea. Membangun usaha sendiri tentu akan menyita banyak pikiran, tenaga dan waktu. Anda juga harus merintisnya dari nol dan menyiapkan strategi efektif agar bisnis yang dijalankan bisa dikenal banyak orang.

Salah satu faktor yang dapat mengembangkan suatu bisnis adalah inovasi. Cobalah buat inovasi terbaru dari minuman Thai tea, baik itu dari segi rasa, topping atau kemasan yang lebih menarik. Menyuguhkan sesuatu hal yang berbeda, tentunya akan menarik perhatian para calon konsumen.

Beberapa Rekomendasi Franchise Thai Tea di Indonesia

Nah bagi Anda yang tidak ingin membangun bisnis dari nol. Bisnis dengan sistem kemitraan atau yang lebih dikenal dengan istilah franchise, bisa menjadi salah satu solusinya.

Modal yang ditawarkan untuk membangun bisnis Thai tea ini pun bervariatif. Bisa disesuaikan dengan modal yang Anda punya. Semua bahan yang diperlukan dalam pembuatan Thai tea pun sudah disiapkan. Tugas Anda hanya tinggal menjalankan bisnis tersebut.

Berikut adalah beberapa rekomendasi franchise minuman Thai tea di Indonesia:

Dum Thai Tea

Dum Thai Tea adalah salah satu gerai teh Thailand yang telah dirintis sejak tahun 2015 di kota Surakata. Melihat perkembangan bisnis Thai tea yang sangat pesat, owner Dum Thai Tea mulai membangun dan mengembangkan bisnisnya dengan sistem franchise pada Agustus 2016.

Investasi awal yang ditawarkan adalah senilai 8,5 juta. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan pelengkapan lengkap untuk menjalankan bisnis minuman Thai tea. Berikut list perlengkapan yang akan Anda terima:

  • Paket boot lengkap
  • Training SDM (Sumber Daya Manusia), SOP lengkap berupa video pembelajaran
  • Seragam atau outfit lengkap
  • Media promosi online dan offline
  • Bahan baku awal semua paket
  • SOP lengkap
  • Mesin kasir
  • Dan bebeapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam pembuatan Thai tea seperti teko, termos, timbangan digital, gelas takar, toples, sendok es, banner, gunting, saringan, pembuka kaleng, dan lain sebagainya.

Bahan baku yang digunakan Dum Thai tea merupakan hasil produksi sendiri sehingga terjaga stok dan kuantitasnya. Adapun varian menu yang ditawarkan adalah original Thai tea, original green tea dan chocolate Thai tea.

Baca Juga: 10 Merek Makanan dan Minuman Indonesia Terpopuler di Seluruh Dunia

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak dibawah ini:

Telpon/WA: 0813 9322 9687

Pin BB: DBBA49DA

Email: dumthaitea@gmail.com

Royal Thai Tea

Royal Thai tea adalah waralaba minuman Thai tea, teh asli dari Thailand. Kombinasi teh, creamer, gula, dan susu memberikan cita rasa minuman teh yang segar dan unik. Thai tea dapat disajikan panas maupun dingin.

Ada tiga varian rasa yang ditawarkan, yaitu original Thai tea, green tea dan kopi Thailand. Pilihan menu dapat dikombinasikan dengan susu dan creamer (milk base) atau tanpa susu dan creame (non-dairy).

Paket yang ditawarkan oleh Royal Thai Tea cukup bervariatif. Anda bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Berikut tiga paket kemitraan yang ditawarkan, bronze, silver, dan gold. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak dibawah ini:

Telp/WA/SMS: 08112827166

Office: (0274) 4363086

Kako Thai Tea

Diantara berbagai bisnis franchise Thai tea populer yang ada di Indonesia, Kako Thai Tea merupakan usaha yang menyediakan berbagai macam menu original Thai tea atau teh dengan racikan dan penyajian dari Thailand.

Dengan sistem kerja yang cukup mudah dan dengan modal yang terjangkau, Kako Thai Tea akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis ini bahkan bagi yang belum berpengalaman sekalipun di dunia wirausaha, karena didukung oleh tim Kako Thai Tea yang telah berpengalaman dalam skema bisnis franchise.

Varian menu Thai tea yang ditawarkan pun cukup banyak. Seperti Thai green tea, Thai tea, Thai coffee, Thai milo coffee, love berry, milky lychee, vanilla latte, vanila green tea latte, coffee-o, milky vanila, green tea-o dan tea-o.

Baca Juga: Mesin Minuman, Cara Simple Permudah Produksi Bisnis Minuman

Jika Anda tertarik bergabung dan menjadi mitra bisnis Kako Thai Tea bisa menghubungi nomor di bawah ini:

Pulau Jawa

Riyana

081575862500

Luar Jawa

Nanda

081316962900

Itu dia peluang bisnis minuman Thai tea yang banyak digandrungi kaum muda. Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang akan menjalankan bisnis minuman kekinian khas negeri gajah putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here