Cara Baru Gaet Hati Mertua: Bisnis Martabak Manis dengan Aneka Toping Kekinian

Bisnis martabak manis – Jajanan tradisional asal Bangka ini memang identik dan kerap dijadikan buah tangan saat berkunjung ke rumah calon mertua. Rasa manisnya yang pas dengan perpaduan topping favorit menjadikan martabak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.

Martabak memang telah menjadi camilan legendaris favorit masyarakat Indonesia sejak dulu. Tidak hanya ada di kota-kota besar, martabak juga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai pelosok tanah air. Maka tak heran jika bisnis martabak manis menjadi peluang usaha menjanjikan, karena segmentasi pasarnya yang cukup luas.

Daftar juga : Kursus Membuat Martabak Manis di Goukm Training Center 

Perkembangan Bisnis Martabak Manis di Indonesia

Sekarang ini bisnis martabak di Indonesia memang sedang booming. Terbukti dengan dibukanya beberapa kedai martabak yang menawarkan rasa kekinian. Pemiliknya pun beragam, mulai dari warga biasa hingga publik figur.

Maklum saja, bisnis martabak manis memang memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Sebut saja Markobar. Bisnis martabak kekinian yang dilakoni putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bersama rekannya Arif Setyo Budi.

Sajikan Topping Bervariatif Jadi Salah Satu Kunci Kesuksesan Martabak Markobar

Keunggulan martabak Markobar adalah sajian beragam taburan atau yang lebih dikenal dengan topping yang bisa dijumpai di seloyang martabak.

Tiap taburan, mewakili rasa yang berbeda. Tidak hanya taburan rasa yang umum ditemui di martabak konvensional seperti coklat, kacang, keju, meses. Tetapi juga rasa lain yang lebih kekinian seperti greentea, nutella, chuncky bar, kitkat, oreo, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Buka Bisnis Kuliner? Ini Inovasi Makanan Kekinian, Unik, Kreatif Tapi Menguntungkan

Buah kreativitas Markobar mendapat sambutan positif dari masyarakat. Modifikasi martabak dengan beragam rasa yang sebelumnya tak ditemukan di seloyang martabak, rupanya mampu menarik minat masyarakat dari yang semula sekadar penasaran hingga menjadi pelanggan setia.

Kesuksesan Markobar dalam mengembangkan bisnis martabak dengan aneka topping kekinian menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis yang sama. Terbukti dengan maraknya berbagai merek baru yang seakan ramai-ramai memperkenalkan martabak dengan tampilan hampir serupa.

Bagaimana, apa Anda juga tertarik untuk mencobanya? Nah bagi Anda yang tertarik menjalankan binis martabak manis, berikut kami rangkum beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai usaha tersebut.

Cara Memulai Bisnis Martabak Manis

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah modal. Modal ini nantinya akan digunakan sebagai biaya operasional bisnis martabak manis. Seperti membeli perlengkapan dan bahan yang digunakan dalam menjalankan bisnis martabak manis.

List Peralatan dan Bahan Bisnis Martabak Manis:

Peralatan yang digunakan dalam bisnis martabak manis cukup mudah untuk didapat. Berikut list perlengkapan yang harus dipersiapkan dalam bisnis martabak manis:

  • Gerobak
  • Mixer
  • Kompor dan kerangkanya
  • Gas
  • Loyang martabak
  • Timbangan
  • Takaran yang digunakan ada dua jenis yaitu sendok takar dan gelas takar
  • Ayakan tepung
  • Tutup loyang

Setelah menyiapkan semua perlengkapan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan martabak manis. Berikut bahan-bahan utama yang harus dipersiapakan:

Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan bahan utama pembuatan martabak. Belilah tepung terigu dengan kualitas terbaik, kering dan tidak bau apek. Sebelum membuat adonan martabak, ayak terlebih dahulu tepung terigu yang akan digunakan.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Kreatif dan Unik yang Bakal Menguntungkan

Tips untuk pemula, belilah tepung secukupnya. Jangan sampai menimbun atau menyimpan tepung terlalu lama. Karena dapat mengurangi kualitas tepung itu sendiri. Tepung terigu yang cocok pembuatan martabak yaitu jenis tepung berprotein tinggi (hard flour).

Telur

Bahan kedua yaitu telur. Di dalam pembuatan martabak, telur ini befungsi sebagai pengembang dan pengempuk adonan. Sehingga martabak yang dihasilkan bertekstur lembut, beraroma, dan berwarna coklat kekuningan.

Gula Pasir

Pada proses pembuatan martabak, gula pasir berfungsi sebagai pemberi rasa serta memberi warna coklat kekuningan. Gunakan gula secukupnya, tidak boleh kurang ataupun lebih.

Apabila takaran gulanya kurang, maka kulit martabak akan keriput dan warna terlihat pucat dan apabila terlalu banyak maka martabak akan hangus atau gosong.

Air

Air diperlukan untuk melarutkan dan mempermudah proses pencampuran semua bahan. Sehingga adonan yang dihasilkan bertekstur kenyal.

Garam

Meski martabak yang akan dibuat itu martabak manis, penambahan garam pada adonan martabak juga penting. Garam berfungsi sebagai pemberi rasa dan pengontrol adonan. Penggunaan garam sekitar 2% dari berat tepung.

Mentega

Penting untuk diketahui, mentega dan margarin itu berbeda. Mentega terbuat dari lemak susu hewani, sedangkan margarin terbuat dari minyak tumbuhan (nabati). Aroma yang dihasilkan mentega bisanya lebih harum dan legit dibanding margarin.

Butter

Bahan selanjutnya yang harus dipersiapkan yaitu butter. Penambahan butter pada adonan martabak berfungsi untuk menghasilkan aroma yang khas.

Topping

Bahan terakhir yang harus dipersiapkan adalah topping. Bahan taburan yang biasa digunakan yaitu meses, keju dan kacang. Tapi Anda bisa menambahkan topping atau taburan martabak kekinian yang sedang populer di masyarakat. Seperti greentea, marshmallow, toblerone, ovaltine, nutella dan aneka topping lainnya.

Perlengkapan dan bahan-bahan yang digunakan telah siap. Langkah selanjutnya adalah mengetahui proses pembuatan martabak.

Cara Membuat Martabak Manis

Kenapa penting mengetahui proses pembuatan martabak? Meski Anda tidak turun langsung dalam penjualan martabak, mengetahui cara membuat martabak manis ini cukup penting. Hal ini akan membantu Anda saat mengembangkan atau membuat inovasi terbaru dari bisnis martabak manis yang akan dijalankan.

Ingat, sekarang inovasi atau kreasi pada bisnis makanan itu cukup penting dan menjadi salah satu kunci sukses perkembangan suatu bisnis. Menyuguhkan sesuatu yang berbeda tentu akan menciptakan rasa penasaran pada calon konsumen dan menarik mereka untuk membelinya. Apabila cocok, bukan hal yang tidak mungkin untuk mereka menjadi konsumen setia bisnis Anda.

Resep pembuatan martabak yang dibahas pada artikel ini yaitu untuk satu porsi martabak. Yuk langsung aja, simak cara membuat martabak manis.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 400 ml susu segar atau UHT
  • 1 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt baking powder
  • ¼ sdt baking soda
  • 1 sdm air
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm margarin

Untuk isian:

  • 2 sdm mentega atau margarin
  • Susu kental manis
  • Topping

Baca Juga: Program Pelatihan Bisnis Kuliner Terbaru di GoUKM Training Center

Selanjutnya mulai proses pembuatan martabak, dengan mencampur semua bahan yang telah disipakan. Berikut langkah atau cara membuat martabak manis:

  • Masukan tepung terigu, susu segar, telur, gula pasir dan garam kedalam mangkuk besar, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur. Biarkan jika masih ada gumpalan-gumpalan kecil. Tutup mangkuk dengan kain dan diamkan selama 20-30 menit.
  • Setelah 30 menit, saring adonan bila masih terdapat gumapalan supaya adonan halus
  • Panaskan loyang atau cetakan martabak dengan api sedang
  • Sementara menunggu loyang panas, masukan baking powder, baking soda dan air kedalam mangkuk kecil. Aduk hingga rata, dan tuangkan kedalam adonan. Aduk kembali adonan hingga rata
  • Oleskan mentega pada loyang atau cetakan martabak dan kecilkan api
  • Tuang adonan kedalam loyang. aduk bagian atas adonan dengan perlahan sehingga adonan menutupi seluruh sisi loyang
  • Ketika adonan sudah setengah matang dan rongga-rongga udara telah terbentuk di seluruh permukaannya, taburkan gula dan tutup
  • Setelah matang, angkat martabak dan letakkan diatas nampan atau talenan. Oleskan mentega hingga merata
  • Langkah terakhir, Anda bisa menaburkan topping sesuai dengan selera. Kreasikan keahlianmu dalam menambahkan topping untuk memberikan keindahan pada sajian martabak. Selain meses dan kacang, kini Anda bisa menambahkan taburan topping kekinian seperti keju, green tea, ovaltine, nutella, toblerone dan lain-lain.

Demikian peluang bisnis martabak manis yang cukup menjanjikan. Bagaimana Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini bisa membantu para pengusaha pemula yang ingin membuka bisnis martabak manis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here