Ramai Diperbincangkan Warganet, Es Kepal Milo Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

Peluang bisnis Es Kepal Milo – Minuman olahan berbahan dasar milo ini kini sedang viral dan banyak diperbincangkan warganet, terutama di Instagram.

Tidak hanya enak dipandang, ternyata minuman Es Kepal Milo juga memiliki rasa yang lezat. Manisnya lelehan fla yang terbuat dari susu milo berpadu dengan segarnya es serut, menciptakan cita rasa tersendiri bagi penikmatnya.

Baca Juga : Peluang Usaha Ice Cream dan Strategi Menumbuhkan Bisnis Es Krim

Asal Usul Es Kepal Milo

Tahu kah Anda bahwa ternyata es kepal yang sedang viral dikalangan masyarakat Indonesia ini berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Di negara asalnya, es kepal lebih dikenal dengan sebutan Ais Milo. Di mana menggunakan susu milo sebagai topping utama dan diletakan diatas es serut.

Topping susu milo ini dibuat dengan tekstur sangat kental, sehingga mudah menyatu saat es serut mencair. Dan biasanya disajikan dengan topping lain yang tak kalah lezat, seperti kacang bubuk, sereal, oreo, dan biskuit lainnya.

Untuk bisa menikmati es kepal, Anda tidak harus jauh-jauh pergi ke negara asalnya. Karena di Indonesia juga sudah ada yang jual, walapun belum banyak kedai yang membuka usaha minuman satu ini.

Di Indonesia sendiri, minuman berbahan dasar milo ini diberi nama Es Kepal Milo. Karena proses pembuatan salah satu bahannya, yaitu es serut yang dikepal-kepal menggunakan tangan.

Peluang Usaha Es Kepal Milo

Bingung mau buka usaha apa? Bisnis yang satu ini mungkin bisa jadi inspirasi dan peluang usaha menjanjikan, yang bisa Anda jalankan.

Besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap olahan minuman susu milo sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari berbagai komentar yang diutarakan sejumlah warganet di postingan Es Kepal Milo.

Banyak dari mereka yang penasaran dengan rasa serta kelezatannya. Namun kedai yang menyediakan es serut ini masih terbilang jarang, dan baru tersedia di beberapa kota saja. Seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Itulah sebabnya, peluang usaha minuman ini masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan untuk meraih keuntungan berlipat. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Es Kepal Milo juga cukup mudah didapat dan terbilang murah.

Apalagi menjelang bulan Ramadhan, bisnis minuman dingin banyak diminati. Anda bisa mulai merintis usaha es kepal dari sekarang. Target marketnya juga cukup luas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa Anda jadikan sebagai calon pelanggan potensial.

Cerita Sukses Pengusaha Es Kepal Milo

Berikut cerita sukses dari pengusaha es kepal, sebagaimana yang dilansir dari tribunnews.com.

Namanya, Arini. Penjual es kepal yang sukses menjajakan bisnisnya di jalan Raya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Ide memulai usaha es kepal muncul setelah mendapat tawaran kerja sama dari rekannya, untuk membeli merek dagang atau franchise Es Kepal Milo. Dengan modal awal Rp 9 juta, kini ia bisa mendapatkan omset kotor hingga Rp 5 juta per hari.

Setiap harinya, pelangan es kepal miliknya terus bertambah. Bahkan ia harus rela berdiri selama delapan jam untuk melayani pelanggan yang datang silih berganti. Dan harus pulang di atas pukul 24.00 WIB.

Berbeda saat awal membuka usaha, yang hanya membutuhkan 8kg – 9kg susu milo. Kini ia bisa menghabiskan 20 kg milo, 2 lusin susu kaleng, hingga 70 batang es setiap harinya dan bisa menjual sekitar 700 cup Es Kepal Milo per hari.

Cara Memulai Usaha Es Serut Asal Negeri Jiran

Tertarik kah Anda untuk membuka usaha ini? Jika berminat menjalankan usaha es kepal, ada dua pilihan untuk memulainya. Merintis usaha dari nol atau membuka usaha es kepal dengan sistem kemitraan atau waralaba.

Membuka Usaha Es Kepal dengan Sistem Kemitraan

Sebagaimana yang telah diketahui, bisnis kemitraan dinilai cukup mudah dan praktis untuk memulai suatu usaha. Anda hanya perlu mengeluarkan modal dengan jumlah tertentu, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh penyedia waralaba produk tersebut.

Bisnis kemitraan ini sangat pas dijalankan oleh pengusaha pemula, karena tidak perlu repot-repot menyiapkan bahan atau alat-alat yang digunakan untuk membuka usaha es kepal. Berikut sejumlah mitra yang menawarkan bisnis es kepal

Paket Kemitraan Es Kepal Milo Indonesia

Es Kepal Milo Indonesia merupakan salah satu mitra yang menawarkan bisnis waralaba minuman es kepal dengan merek dagang Es Kepal Rehe.

Tersedia empat jenis paket usaha mulai dari harga 5.5 juta, 7 juta, 9 juta, hingga 11.5 juta. Dengan modal tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan peralatan usaha, seragam, banner, booth, dan stok awal bahan baku usaha es kepal.

Harga jual yang disarankan untuk setiap cup es kepal adalah Rp 12 ribu. Harga tersebut bisa disesuaikan dengan lokasi dan sewa tempat yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Es Kepal Baba Ali

Mitra yang kedua adalah Es Kepal Baba Ali, dengan investasi awal kurang dari 5 juta. Penawaran tersebut hanya berlangsung hingga bulan Mei 2018 mendatang. Diluar periode tersebut, akan dikenakan harga normal, yaitu 10 juta.

Untuk menarik perhatian pelanggannya, Baba Ali menyediakan varian rasa selain saus cokelat dari susu milo. Yakni saus beng-beng dan saus silverqueen. Dengan begitu pelanggan dapat menikmati es kepal dengan aneka varian rasa.

Menjalankan Usaha Es Kepal dari Nol

Berbeda dengan bisnis kemitraan, jika Anda ingin merintis usaha es kepal dari nol ada banyak yang harus dipersiapkan. Mulai dari perencanaan modal, peralatan yang harus disiapkan, strategi marketing, dan lain sebagainya.

Peralatan

Berikut adalah beberapa list peralatan yang harus Anda siapkan saat akan memulai bisnis es kepal:

Gerobak atau booth

Gerobak atau booth menjadi elemen penting saat akan memulai bisnis minuman. Selain berfungsi sebagai tempat menjajakan es kepal, booth juga memiliki peranan penting dalam menarik perhatian konsumen.

Hias booth Anda secara menarik, untuk menarik calon pelanggan. Dan pastikan booth yang digunakan dalam keadaan bersih, guna menjada kualitas bahan baku yang digunakan. Tidak hanya itu, booth yang bersih juga dapat menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Storage Pendingin

Peralatan kedua adalah storage dingin, berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan es batu. Ada dua jenis storage pendingin yang biasa digunakan dalam bisnis minuman, yaitu kulkas dan ice box.

Namun untuk bisnis sekala UKM, ice box bisa menjadi pilih paling tepat. Selain harganya yang terjangkau, ice box juga tidak memerlukan listrik sehingga akan menghemat pengeluaran Anda.

Ice Crusher atau Penyerut Es

Es serut adalah bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan es kepal. Untuk bisa menghasilkan serutan es yang halus, Anda memerlukan penyerut es.

Ada dua jenis penyerut es yang bisa digunakan, manual dan elektrik. Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

Perlengkapan Lainnya

Berikut adalah sejumlah peralatan lain yang tidak kalah penting untuk dimiliki, saat akan menjalankan bisnis es kepal:

  • Toples
  • Serokan es
  • Sendok
  • Kemasan cup
  • Dan lain sebagainya

Bahan Baku Pembuatan Es Kepal

Ada tiga bahan pokok yang harus disiapkan saat akan memulai usaha es kepal, yaitu es batu, susu milo, dan susu kental manis.

Es Batu

Es batu atau es balok adalah bahan pokok utama yang digunakan dalam pembuatan es kepal. Dan kemudian dihaluskan menggunakan alat penyerut, hingga menjadi pecahan kecil.

Jika tidak ada alat penyerut, mungkin Anda bisa menggunakan penumbuk untuk menghaluskannya. Kemudian diblender, sehingga menghasilkan serutan es yang halus.

Milo

Bahan baku yang kedua adalah Milo. Produk Milo yang digunakan dalam pembuatan es kepal ini, yaitu jenis powder atau susu bubuk.

Jika ingin berkreasi dengan produk yang lain, mungkin Anda bisa menggunakan cokelat bubuk dari merek beng beng atau chocolatos sebagai bahan pengganti Milo.

Susu

Bahan selanjutnya adalah susu, yang akan digunakan untuk membuat fla (saus coklat) yang menjadi ciri khas dari es kepal ini. Pilih susu kental manis berwarna coklat, untuk menghasilkan warna coklat yang pas.

Selain susu kental manis, Anda juga perlu menyiapkan susu cair atau whole milk. Jika fla yang dibuat terlalu kental, Anda bisa menggunakan susu cair sehingga membuat adonan fla yang pas. Tidak terlalu kental ataupun cair.

Resep Pembuatan Es Kepal

Berikut resep pembuatan es kepal, yang dikutip dari travel.tempo. Bahan-bahan yang digunakan dalam resep ini, untuk pembuatan dua sampai tiga porsi es kepal. Siapkan bahan berikut ini:

  • Milo bubuk sebanyak 85 gram
  • Coklat bubuk 10 gram (opsional)
  • Susu kental manis
  • Susu cair
  • Es balok

Memulai Proses Pembuatan Es Kepal

Jika semua bahan sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan es kepal. Ikuti langkah berikut ini:

Membuat Fla Saus Milo

Campurkan cokelat bubuk dan bubuk Milo. Anda bisa menambahkan sedikit air panas, sehingga adonan tidak menggumpal. Lalu masukkan susu kental manis dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Untuk menghasilkan adonan fla yang halus, Anda bisa menggunakan mixer. Jika adonan terlalu kental, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit.

Serut Es

Es batu atau es balok yang sudah disiapkan kemudian dihaluskan, hingga menghasilkan serutan es yang halus.

Setelah halus, lalu bentuk es menjadi kepalan. Membentuknya bisa dengan cara memasukan es yang sudah halus ke dalam plastik, lalu dipadatkan hingga berbentuk bola. Kemudian taruh kepalan es tersebut di atas mangkok atau cup saji.

Baca Juga : Peluang Usaha Gelato

Campur Semua Bahan

Langkah terakhir, campurkan semua bahan utama yang telah disiapkan. Tuang saus Milo berwarna cokelat pekat diatas serutan es serut yang sudah dibentuk menyerupai kepalan tangan.

Tambahkan Topping

Tambahkan topping favorit untuk membuatnya lebih menarik dan instagramable. Anda bisa menggunakan topping kekinian seperti coklat chacha, biskuit oreo, meses dan lain sebagainya.

Dan es kepal pun siap disajikan. Bagaimana, mudah bukan? Demikian penjelasan tentang peluang usaha Es Kepal Milo yang kini hits dikalang warganet. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY