Membuka Peluang Bisnis Ayam Crispy dengan Deep Fryer

Perbedaan ayam khas Indonesia dengan ayam khas Amerika terletak pada tingkat crispy-nya. Lalu mengapa bisa seperti itu? mari menyimak peluang bisnis ayam crispy menggunakan alat khusus yang bernama mesin deep fryer. Alat yang disebut juga dengan bak celup atau bak penggorengan biasa digunakan di beberapa restoran siap saji.

Mesin ini biasa digunakan untuk menggoreng makanan sehingga menghasilkan makanan dalam bentuk yang krispi, lebih kering dan lebih renyah dibandingkan jika menggunakan alat penggorengan lainnya. Proses penggorengan makanan ini menggunakan bak celup sehingga menghasilkan gorengan yang lebih merata dan terhindar dari kegosongan.

Keunggulan lainnya dari deep fryer adalah menggunakan bahan yang terbuat dari stainless steel sehingga awet, anti karat itu dan mudah dibersihkan. Selain itu alat ini juga memiliki pengaturan suhu otomatis antara 100 derajat sampai dengan 225 derajat celsius sehingga proses pematangan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan penggorengan lainnya.

Dengan menggunakan mesin ini konsumsi gas menjadi lebih irit dan terjangkau. Kapasitas minyak yang digunakan bisa disesuaikan dengan kapasitas gorengan sehingga tak ada minyak goreng yang terbuang. Pada saat menggoreng minyak bisa digunakan lebih dari sekali karena akan sedikit ampas hitam atau gosong. Deep fryer juga mempunyai micro chip sehingga bisa mengontrol keadaan dari penggorengan sehingga gas bisa diefisienkan lebih baik lagi.

Jenis-Jenis Mesin Deep Fryer

Electric Deep Fryer ZL1

gas-deep-fryer-g72

Mesin mampu menggoreng krispi makanan dengan kapasitas tangki 5,5 liter x 1 tangki. Deep fryer juga memiliki kekuatan 2,5 KW dengan ukuran 29x44x30 cm. Mesin yang dibandrol dengan harga Rp 1.800.000 ini terbuat dari stainless steel sehingga tidak mudah berkarat, mudah dibersihkan dan awet.

Electric Deep Fryer Zl2

Mesin Deep Fryer

Sama dengan Electric Deep Fryer ZL 1, mesin ini menggunakan tenaga listrik dengan kekuatan 5 KW. Dengan kapasitas tangki 5,5 liter x 2 tangki. Mesin ini juga terbuat dari stainless steel sehingga tidak mudah berkarat, mudah dibersihkan dan awet. Mesin ini biasa dijual dengan harga Rp 3.500.000.

Selain menggunakan mesin Deep Fryer untuk memasak ayam yang krispi ini juga membutuhkan gas deep fryer untuk poses pembakaran sehingga mempercepat proses memasak. Berikut beberapa jenis gas deep fryer yang biasanya digunakan untuk memasak ayam crispy.

Gas Deep Fryer G171

deep fryer

Mesin yang menggunakan gas bertipe LPG ini lebih irit karena konsumsi gasnya hanya 0,48 kg/ jamnya.  Selain itu, gas ini lebih otomatis dan stabil dalam pengaturan suhunya karena memiliki otomatis thermostat. Untuk body materialnya menggunakan bahan material stainless steel sehingga lebih awet, tidak mudah rusak dan tidak mudah berkarat. Untuk suhu mencapai 50-300 derajat celsius. Harganya mencapai Rp 1.500.000.

Gas Deep Fryer G172

gas-deep-fryer-g-172

Mesin yang menggunakan gas  LPG  memiliki dua kompor dan lebih irit penggunaannya karena bisa mengkonsumsi gas hingga 0,96 kg per jamnya. Selain ini gas ini lebih otomatis dan stabil dalam pengaturan suhunya karena memiliki otomatis thermostat. Sama seperti gas deep fryer G171, gas ini terbuat dari bahan material stainless steel sehingga lebih awet, tidak mudah rusak dan tidak  mudah berkarat. Harganya mencapai Rp 2.800.000.

Gas Deep Fryer G71

deep fryer

Meski jenisnya hampir serupa dengan gas deep fryer G171 bedanya gas ini tidak memiliki otomatis thermostat.

Gas Deep Fryer G72

gas-deep-fryer-g

Meski jenisnya hampir serupa dengan gas deep fryer G172 bedanya gas ini tidak memiliki otomatis thermostat.

Resep Ayam Goreng Crispi

Bahan-bahan                 

  • 4 porsi
  • 1/2 kg Ayam
  • 500 gr Tepung Terigu
  • sedikit garam, gula, merica
  • 1 buah Telur
  • Bahan yang dihaluskan :
  • 7 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 buah Kemiri

Langkah              

  • Cuci bersih ayam, kucuri jeruk nipis
  • Campurkan bumbu halus ke dalam wadah ayam, tambahkan telur, garam, gula dan merica bubuk
  • Diamkan selama 4-5 jam di dalam kulkas
  • Tuang tepung terigu di wadah yang berbeda, gulir “ayam remas” dan masak di minyak panas dengan api sedang.

Tips Membuka Peluang Usaha Ayam Crispy Ala KFC

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi yang tepat untuk usaha ayam crispy ala KFC Anda, pilihlah lokasi yang ramai seperti tempat olah raga, kantin sekolah, stasiun.

Buatlah Gerai  yang Menarik Perhatian

Buatlah gerai ayam crispy Anda berbeda dari yang lain. Jika mau Anda bisa menghias gerobak Anda menjadi bentuk kentang atau bentuk lainnya yang menarik perhatian.

Buatlah Merek Dagang yang Unik

Buatlah merek dagang yang unik untuk usaha Anda, gunakan nama-nama aneh namun mudah diingat. Misalnya Ayam crispy KFC KW, Ayam crispy KFC Abal-Abal dan lainnya. Biasanya nama tersebut justru membawa peruntungan sendiri.

Jangan Pasang Harga Terlalu Mahal

Buatlah harga yang sesuai, jika terlalu murah justru pembeli curiga bahan apa yang digunakan. Namun juga Anda harus menjual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat yang disesuaikan dengan lokasi dagang.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY