Pelatihan-pelatihan Untuk Persiapan Memasuki Masa Pensiun

usaha setelah pensiun

Memasuki masa pensiun, mari bijak dengan menyiapkan skill pelatihan masa pensiun berikut ini

Masa pesiun identik dengan masa-masanya seseorang untuk rehat dari aktivitas kerja yang melelahkan. Secara harifah memang begitu, namun kenyataannya masa pensiun adalah waktu di mana Anda harus memutar otak. Sebab penghasilan akan makin berkurang, sedangkan semakin tua kondisi tubuh Anda akan semakin lemah dan tidak bisa lagi mengerjakan sesuatu yang berat-berat. Sementara itu, Anda pasti memerlukan sokongan dana agar dapat menjaga kebugaraan tubuh. Jadi bagaimana Anda bisa mendapatkannya?

Satu-satunya jalan adalah mulai ikut terjun ke dunia bisnis. Sebagian dari Anda pasti sudah ada yang memulainya dan mungkin ada juga yang belum. Alasannya apa? Bingung mau usaha apa? Modal kurang? Atau tidak memiliki keahlian apa-apa yang bisa dijadikan usaha? Oke kali ini GoUKM akan membahas itu satu persatu.

Peluang Usaha yang Bisa Dijalani Para Pensiunan

Bagi sebagian orang menemukan peluang usaha yang berpotensial memang bukan perkara yang mudah. Apalagi jika sebelumnya mereka telah lama menjadi karyawan tetap, yang bisa dibilang itu adalah zona aman dan nyaman mereka. Namun kalau kita jeli sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda geluti di luar sana. Berikut ini adalah usaha-usahanya.

Usaha Sewa Property

Bila rumah yang Anda tinggali adalah milik sendiri, itu bisa jadi peluang usaha yang bagus untuk Anda. Meskipun nantinya rumah akan lebih sempit atau terlalu ramai yang terpenting cara ini bisa menghasilkan uang. Lebih bagus lagi bila Anda memiliki investasi berupa rumah atau apartemen yang tidak ditempati, maka hari tua Anda akan lebih tentram. Sebab orang lebih banyak mencari rumah hunian untuk keluarga ketimbang hanya kosan. Keuntungan membangun bisnis sewa properti adalah kemudahannya dalam mengelola. Jika Anda berhasil menemukan properti yang potensial dan berada di lokasi yang strategis, uang akan terus mengalir ke kantong Anda.

Usaha Bercocok Tanam

Anda punya pengalaman berkebun sebelumnya? Nah ini juga bisa jadi peluang usaha loh. Anda bisa mamfaatkan perkarangan atau halaman di depan rumah Anda untuk dijadikan lahan bercocok tanam setelah berbuah hasilnya bisa Anda konsumsi sendiri atau jual ke tetangga-tetangga dan pasar dekat rumah. Saran kami sering lakukan eksperiemen menyilangkan berbagai tanaman-tanaman yang Anda miliki. Jika berhasil Anda bisa menjualnya hasilnya atau tanamanya ke tempat penjualan tanaman.

Usaha Kerajinan Tangan

Anda punya keterampilan menjahit atau merajut? Coba saja buat satu kerajinan yang kira-kira bisa dijual ke orang lain. Tapi kalau Anda tidak memiliki ide ingin buat apa, cara lainnya Anda bisa tawarkan jasa permak baju atau menerima pesanan jahitan atau rajutan. Tidak perlu pusing bagimana promosinya, tawarkan saja jasa ini di sekitar lingkungan tempat tingga Anda terlebih dahulu. Bila hasil jahitan Anda rapi dan pelanggan senang, konsumen lainnya pun akan datang dengan sendirinya.

Usaha Sesuai dengan Keahlian

Meski sudah tidak berkerja di lagi bukan berarti keahlian anda hilang begitu saja. Misalnya sebelum pensiun Anda bekerja sebagai penulis untuk media, nah keahlian ini bisa Anda manfaatkan menjadi peluang usaha. Anda bisa menawarkan jasa sebagai penulis lepas. Sebelum pensiun Anda pasti memiliki banyak kenalan bukan? Nah Anda bisa tawarkan untuk menjadi freelance untuk rekan kerja Anda.

Bagiamana dengan Modal Usaha?

Kebanyakan orang yang memtutuskan untuk pensiun pasti mendapatkan dana pensiun dari kantornya. Meskipun memang tidak seberapa, namun dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha kecil di rumah. Jadi, Anda tidak perlu mempersoalkan ini lagi bukan? Yang perlu Anda ketahui bukan bagaimana mencari modal namun cara mengatur dana pensiun agar bisa digunkan untuk usaha dan keperluan sehari-hari. Berikut ini yang harus Anda pahami saat mengatur dana penisun.

– Buat perencanaan keuangan untuk pribadi dan usaha.

– Pisahkan uang pribadi dan usaha.

– Tahan keinginan pribadi.

– Buat buku keuangan untuk melacak pengeluaran dan pemasukan baik untuk pribadi atau usaha.

– Paham memutar arus kas keuangan agar usaha sehat keuntungan tetap dapat.

Pelatihan Masa Pensiun untuk Mengasah Keterampilan

Pasti pernah mendengar istilah umur bukan hambantan untuk menuntut ilmu. Pensiun juga bukan berarti Anda dilarang untuk mengikuti kurus atau pelatihan usaha. Malah ini waktunya bagi Anda yang ingin mengasah keterampilan. Selama bekerja pasti Anda tidak punya waktu bukan? Nah ini lah saatnya untuk menambah pengetahuan Anda. apa saja kursus yang bisa diikuti?

Pelatihan Pra-pensiun

Apa itu pelatihan pra pensiun? Pelatihan ini ditujukan bagi karyawan-karyawan yang sudah memutuskan untuk pensiun dari pekerjaan lamanya. Sehingga mereka bisa mempunyai persiapan mental serta pengetahuan yang memadai untuk menghadapi rutinitas yang berbeda ketika sudah pensiun. Pasca pelatihan ini akan diberikan pendampingan bisnis dan pembentukan komunitas untuk menyalurkan keahlian masing-masing. Peserta akan melawati pelatihan selama 2 hari dengan biaya kurang lebih sebesar 5 juta perorangnya.

Kursus merajut atau menjahit

Nyatanya kursus menjahit juga banyak diikuti oleh para wanita atau laki-laki yang sudah berumur untuk meningkatkan keterampilan yang mereka punya. Hal ini karena keterampilan tersebut bisa dijadikan peluang usaha yang mudah dijalani oleh para pensiunan. Apa saja yang dipelajari dari kurus menjahit atau merajut? Selain diajarkan menjahit, peserta juga diajarkan membuat pola dan lainnya. Sedangkan kursus merajut, selain bisa belajar membuat pakaian, juga diajarkan cara membuat hiasan-hiasan dari rajutan.

Kursus bercocok tanam

Bagi Anda yang ingin usaha budidaya tanaman hidroponik, bisa mengikuti pelatihan hidroponik. Kursus ini bermanfaat bagi peserta agar mampu merencanakan bisnis hidroponik yang tepat sesuai dengan kemampuan dan fasilitas yang tersedia. Bukan hanya itu, peserta juga diberikan penjelasan mengenai peluang usaha ini dan dapat merencanakan pemasaran melalui online maupun melalui jaringan komunitas yang dibangun saat menjalani pelatihan. Untuk mengikutinya peserta dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp 750 ribu sampai Rp 5 juta per orang.

Pensiunan Tetap Berpenghasilan

Jadi, meskipun Anda sudah tidak memiliki pekerjaan lagi, Anda masih bisa memperoleh penghasilan dari usaha kecil-kecilan di atas atau peluang usaha lain yang bisa Anda jalani. Namun bila Anda masih merasa belum siap untuk mulai menjadi pebisnis, cobalah untuk mengikuti beberapa kursus di atas untuk mengasah kemampuan Anda. Selain menambah pengetahuan, Anda pun juga bisa memperbanyak kenalan untuk bertukar pikiran. Sehingga mungkin suatu saat itu akan lebih membantu Anda memulai usaha. Karena kami yakin,  semakin sering kita berbagi pengalaman satu sama lain dengan lawan bicara yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kita maka itu akan membuka ilmu atau pandangan kita terhadap sesuatu sehingga pada saat membuka usaha semua ilmunya bisa diterapkan.

LEAVE A REPLY