Pawoon Sistem Point of Sales dengan Layanan Kasir Terlengkap untuk UKM

Dalam menjalankan bisnis ritel, laporan keauangan dan stock barang adalah hal yang paling krusial. Untuk itu tidak heran jika pemilik usaha mempekerjakan lebih dari satu orang untuk menanganinya, demi terhidar dari kesalahan laporan yang fatal. Hal ini mungkin mudah saja bagi perusahaan ritel menengah ke atas. Tapi bagaimana untuk pelaku usaha skala kecil menengah atau UMKM?

Meskipun memiliki SDM memang keharusan, tapi untuk UMKM yang pasarnya masih kecil ditambah lagi dengan profitnya, ini malah menjadi kendala. Karena semakin banyak karyawan justru akan menambah budget operasional mereka. Lalu apa solusinya? Agar UKM bisa lebih mudah menyusun laporan keuangan dan lainnya, sistem Point of Sales (POS) adalah jawabannya. Apa itu POS? dan apa manfaatnya bagi UKM?

POS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail seperti di restoran, toko klontong dan juga café. Teknologi ini sama halnya dengan mesin kasir, bedanya kalau dahulu mesin kasir masih terbatas hanya untuk menyimpan uang, mesin ini sudah mencakup inventaris, laporan penjualan, sampai data pelanggan yang bisa diakes secara real-time.

Baca Juga : POS Sales, Sistem Kasir Masa Kini

Saat ini sudah banyak pilihan Point of Sales yang bisa digunakan oleh UKM, salah satunya adalah Pawoon. Pawoon merupakan Point of Sales (POS) berbasis cloud/online yang bisa dioperasikan melalui smartphone maupun tablet Android pengguna. Fitur yang ditawarkan oleh Pawoon adalah laporan penjualan, manajemen stok, multi-outlet, promo, manajemen pelanggan (CRM), program loyalitas dan hardware.

Mengapa Memerlukan Sistem POS Seperti Pawoon?

Dengan menggunakan teknologi POS berbasis cloud, tidak hanya memudahkan transaksi, tapi juga banyak keuntungannya, seperti:

Transaksi Tercatat Rapi

Inilah kelebihan utama yang ditawarkan jika Anda menggunakan sistem POS. Dengan bantuan sistem cash register yang sudah terintegrasi secara online maka transaksi akan tercatat secara sistematis, lengkap, dan detail. Anda pun bisa mengecek transksi penjualan setiap hari atau beberapa bulan/tahun sebelumnya. Dengan begitu Anda bisa meninjau penjualan Anda.

Mengelola Inventori Produk Lebih Cepat

Dengan mengunakan sistem kasir, Anda dapat diuntungkan dalam hal manajemen inventori. Di mana Anda bisa mengelompokan persedian barang. Data-data yang disajikan mencakup jumlah ketersedian barang sampai margin keuntungan bisnis Anda. Dengan data-data yang tersaji Anda bisa mengatur harga barang yang dijual.

Menggunakan Sistem Cloud

Anda punya beberapa outlet dan mengalami kesulitan saat mengabungkan laporan bulanan atau tahunan? Dengan sistem kasir ini Anda bisa melacak persedian dan laporan penjualan di setiap lokasi outlet Anda. Semua ini karena sistem terkomputerisasi ini telah terintegrasi dengan sistem cloud. Untuk itu, Anda bisa melakukan tanpa harus bolak-balik antar lokasi demi mengecek laporannya satu per satu.

Efesiensi karyawan juga jadi kelebihan jika menggunakan Point of Sale. Aplikasi dan alat POS dapat mengurus data-data penjualan dan order.

Lalu sistem software POS apa yang bagus untuk kebutuhan usaha UKM? Ada banyak sistem POS di Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk perangkat tambahan di stasiun checkout, termasuk kasir elektronik, scanner barcode, pembaca kartu kredit dan printer struk billing atau faktur, salah satunya adalah Pawoon.

Pawoon adalah sebuah penyediaan jasa sistem kasir atau Point of Sale (POS) berbasis cloud/online yang dapat dioperasikan di smartphone maupun tablet Android. Layanan yang diluncurkan oleh perusahaan penyedia jasa sistem kasir atau POS berbasis cloud ini, baru didirkan kurang lebih 3 tahun terhitung masa inkubasi di Ideabox batch ke 2.

Sejak meluncurnya layanan ini ke tengah masyarakat, Pawoon menargetkan sektor UKM khususnya ritel, waralaba, café dan resto sebagai konsumen mereka. Layanan Point of Sales yang mereka  tawarkan memberikan kemudahan beragam metric bagi pemilik usaha, di antaranya adalah mengetahui produk yang paling banyak dijual sampai menunjukan waktu tertentu yang paling banyak transaksi. Semua dirangkum ke dalam satu aplikasi yang bisa diakses oleh pengguna melalui gadget mereka.

Fitur yang dimiliki Pawoon

Sedikitnya ada tujuh fitur utama yang ditawarkan Pawoon untuk pengguna, yaitu:

User Friendly

Kemudahan tentu perlu dimiliki oleh semua aplikasi apalagi jika kegunaannya untuk bisnis. Pawoon mengklaim bahwa aplikasinya sangat user friendly. Dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk proses mulai dari transaksi sampai dengan pembuatan laporan.

Laporan Online yang Aktual

Dengan basis cloud, Pawoon dapat menyimpan data berupa laporan, data trasnsaksi dan konsumen lebih akurat, aktual dan bisa diakses di mana pun.  Laporan yang akan disajikan meliputi laporan ringkas, analisa penjualan (harian atau per jam), data transaksi penjualan, rekapitulasi kas, laporan stok, penjualan produk, laporan penjualan per pembayaran, laporan penjualan per kategori, laporan penjualan per perangkat kasir, laporan penjualan per gerai, laporan penerimaan pajak, laporan diskon, pembelian member, laba harian dan laba produk.

Multi Cabang

Bagi Anda yang memiliki banyak cabang dan setiap cabang memiliki harga jual yang berbeda jangan khawatir. Anda dapat melakukan kustomisasi harga produk untuk masing-masing outlet yang Anda miliki dengan menggunakan sistem pemberian harga yang ada di dashboard pengguna.

Split Bill

Dengan fitur split bill akan memudahkan pembayaran terpisah dalam satu pesanan. Jadi apabila ada pelanggan datang berkelompok, namun ingin melakukan pembayaran secara terpisah, kasir dapat membagi tagihan tersebut dengan cepat. Struk yang diterima akan disesuaikan dengan produk yang dibayarkan.

Pawoon Waiter App

Pramusaji tidak perlu lagi menulis pesanan pelanggan menggunakan kertas. Pesanan pelanggan secara otomatis di input melalui aplikasi Pawoon, Waiter yang langsung terhubung ke kasir. Pesanan akan langsung tersimpan ke dalam sistem dan memudahkan dapur untuk memproses pesanan secara berurutan.

Program Loyalitas Konsumen dengan Ponta

Kerjasama program loyalitas Pawoon dan Ponta memberikan berbagai keuntungan untuk pelanggan Anda. Dengan ribuan merchant yang tergabung dalam Ponta, pelanggan dapat memperoleh poin reward setiap melakukan transaksi.

Manajemen Pelanggan  

Pawoon juga memberikan fitur manajemen pelanggan atau konsumen Anda. Di sini Anda bisa menyimpan informasi pelanggan saat melakukan transaksi untuk melakukan promosi dan penawaran lainnya di masa datang. Layanan ini dapat memudahkan Anda untuk menganalisis siapa pelanggan setia dan produk terlaris pada bisnis Anda. Anda dapat melihat tren penjualan produk berdasarkan pelanggan Anda serta menganalisis kebiasaan pelanggan untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.

Dengan fitur yang ditawarkan oleh sistem POS ini, tercatat sudah lebih dari 10 UKM yang menggunakan layanannya. Penggunanya tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia, di antaranya di Jakarta, Surabaya, Aceh, Bandung, dan kota-kota besar lainnya.

Untuk menggunakan layanannya, Pawoon membandrol biaya sekitar 250rb per bulan, belum termasuk mesin kasir. Perangkat kasirnya sendiri, bisa dibeli dengan harga mulai dari 3 jt sampai 8 jt. Biaya yang sama juga ditawarkan oleh kompetitornya MOKA Pos. Namun bedanya MOKA tidak memberikan paket All-in, jadi untuk biaya software berbeda dengan fitur tambahannya.

SHARE
Content writer GoUKM dan event manager GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY