Tips Membuka Usaha Coffee Shop yang Sering Diminati Anak Muda

Usaha coffee shop telah menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi, pertumbuhan coffee shop di Indonesia sangatlah berkembang pesat. Lihat saja beberapa tahun belekangan ini, sudah banyak sekali coffee shop baru yang bermunculan dan menampilkan konsep yang berbeda-beda.

Coffee Shop adalah sebuah lahan bisnis yang tengah banyak bermunculan beberapa tahun belakangan ini. Keadaannya bermunculan di berbagai tempat, khususnya di kota-kota besar.

Baca Juga: Mesin Kopi sebagai Mesin Kemasan untuk Memudahkan Usaha Minuman Kopi

Anda juga tertarik untuk membuka usaha coffee shop? Membuka sebuah usaha coffee shop bukanlah persoalan mudah. Anda bukan hanya membutuhkan modal saja, namun banyak sekali aspek lain yang juga harus Anda perhatikan.

Hal Penting Sebelum Membuka Usaha Coffee Shop

Rencana Bisnis yang Matang

Usaha apapun pasti membutuhkan rencana yang matang. Begitu juga dengan usaha coffee shop. Anda harus membuat rencana perhitungan modal, bagaimana coffee shop yang ingin dibuat, siapa pembelinya, jenis kopi apa yang ingin dijual, sampai cara pemasarannya. Membuka bisnis tanpa perencanaan yang matang hanya akan membuat usaha Anda sia-sia.

Modal

Setelah melakukan rencana bisnis, selanjutnya perhatikan juga soal modal. Buat rincian modal mengenai apa saja yang perlu kamu beli dan sewa. Memiliki modal besar bukan berarti Anda harus menghabiskan semuanya diawal pembukaan usaha.

Keuntungan yang didapatkan dari coffee shop di awal-awal pembukaan belum terlalu banyak, sehingga Anda harus memikirkan untuk membagi modal setidaknya sampai enam bulan kedepan.

Konsep

Membuka coffee shop memang tidak bisa dijalankan secara sembarangan. Banyaknya coffee shop lain yang bermunculan membuat persaingan semakin berat. Pembuatan konsep lah yang akan membedakan coffee shop Anda dengan yang lain.

Lokasi

Tentukan lokasi yang sekiranya akan membuat coffee shop Anda didatangi banyak pelanggan. Lokasi strategis seperti di pusat perbelanjaan atau kampus merupakan lokasi yang paling banyak menghasilkan pelanggan.

Produk

Membuka usaha coffee shop bukan berarti Anda harus menjual semua jenis produk kopi. Tentukan jenis kopi seperti apa yang akan Anda jual agar dapat fokus pada cita rasa kopi yang akan dibuat.

Tips Usaha Coffee Shop

Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini agar usaha coffee shop Anda berjalan lancar. Berikut beberapa tipsnya

Membuat Logo yang Menarik

Meski baru berjalan, tak ada salahnya jika Anda juga membuat logo untuk coffee shop Anda. Logo dapat menjadi sebuah identitas bagi usaha Anda. Buatlah logo coffee shop yang unik dan mudah diingat oleh orang lain.

Interior dan Eksterior

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah desain imterior dan eksterior coffee shop Anda. Desain yang baik pada coffee shop akan membuat pelanggan Anda semakin tertarik dan betah untuk berlama-lama disana.

Pelayanan

Pelayanan dalam sebuah bisnis sangat penting karena pelayanan yang baik akan membuat pelanggan senang dan tertarik untuk kembali lagi.

Kebersihan

Dalam usaha kuliner, kebersihan sangatlah diperhitungkan. Pelanggan Anda tidak akan merasa nyaman jika coffee shop yang Anda miliki kotor dan jorok.

Promosi

Tidak bisa dihindari, promosi merupakan cara yang paling ampuh untuk mendatangkan konsumen. Konsumen akan berdatangan jika promosi yang Anda lakukan menarik dan unik. Banyak cara yang bisa Anda lakukan misalnya membuat diskon untuk jenis kopi tertentu, memberikan bonus, atau dengan cara mempromosikannya melalui brosur atau media sosial.

Kualitas Rasa

Kunci dari usaha kuliner adalah kualitas rasanya. Pastikan rasa kopi yang Anda buat memiliki cita rasa yang berkualitas. Meski hanya berbekal kopi, bukan berarti Anda boleh asal-asalan dalam membuatnya.

Alat dan Bahan yang Berkualitas

Demi menunjang kualitas rasa, dibutuhkan juga alat dan bahan yang berkualitas. Salah satunya adalah mesin sangrai kopi. Mesin sangarai kopi adalah mesin yang digunakan untuk menyangrai kopi.

Biji kopi yang melalui proses penyangraian akan menghasilkan kopi yang sehat karena tidak mengandung minyak dan bebas dari kolestrol. Selain itu, mesin ini dapat menghemat tenaga dan waktu dibandingkan melakukan penyangraian secara manual.

Baca Juga: Tidak Hanya Jadi Minuman, Ini Dia Ragam Usaha Kopi yang Unik dan Kreatif

Mesin Kopi

Mesin sangrai kopi ini memiliki enam tipe yang berbeda sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. SG-1 berkapasitas 1kg/proses, SG-2 berkapasitas 5kg/proses, SG-15 berkapasitas 15kg/proses, SG-25 berkapasitas 25kg/proses, SG-50 berkapasitas 50kg/proses, sedangkan SG-100 berkapasitas 100kg/proses. Anda dapat menemukan mesin sangrai kopi ini di tokomesin.goukm.id

Selain mesin sangrai kopi, Anda juga membutuhkan mesin espresso, coffe grinders, gourmet airport coffee brewer, blender, dan juga kulkas.

Itulah beberapa tips usaha yang bisa Anda jadikan sebagai acuan sebelum membuka usaha coffee shop. Buatlah coffee shop yang memiliki konsep unik dan berbeda. Dengan begitu, Anda dapat memberikan hasil yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here