Daftar Pengusaha Terkaya di Dunia Tahun 2017

Forbes kembali menetapkan nama-nama orang terkaya di dunia 2017. Dari beberapa nama tersebut ada yang masih menduduki posisi yang sama, ada yang naik dan turun, serta ada beberapa posisi yang diisi oleh nama-nama baru.

Dilansir dari Forbes.com jumlah orang terkaya di dunia 2017 adalah rekor baru, di mana jumlahnya  melonjak hingga 13% dari 1.810 orang di tahun lalu sekarang bertambah menjadi 2.043 orang. Sedangkan untuk total kekayaan bersih para miliarder di tahun 2017 naik hingga 18% menjadi $7.67 triliun. Angka tersebut melampaui total kekayaan orang terkaya di tahun-tahun sebelumnya dan jumlah ini menjadi angka terbesar setelah 31 tahun Forbes mendata kekayaan para miliarder di dunia. Hal itu karena bertambahnya jumlah orang terkaya di dunia 2017 yaitu sebanyak 233.

Dalam list The World Billioner 2017 yang dirilis Forbes menetapkan posisi paling puncak tetap diduduki oleh Bill Gates yang merupakan pendiri Perusahaan Raksasa Teknologi yaitu Microsoft. Di posisi kedua ditempati oleh investor terkaya Warren Buffett yang naik satu tingkat dari tahun menggantikan Amancio Ortega. Sedangkan di posisi ke tiga ada Jeff Bezos pendiri retail online terbesar di dunia yaitu Amazon.com yang berhasil melampaui kekayaan milik Ortega. Lebih lengkap inilah 20 daftar nama orang-orang terkaya sedunia versi Forbes tahun 2017.

20. Sheldon Adelson

Adelson adalah CEO dari perusahan property di Amerika bernama Las Vegas Sands, di mana memiliki pusat hiburan terbesar di Singapura, Marina Bay Sands dan menaungi perusahaan Venetian Macao Limited, yang memiliki hotel dan resort Venetian Resort Hotel Casino dan Sands Expo Convetion Center. Selain berbisnis di bidang properti ia juga memiliki beberapa perusahaan media yaitu Israel hayom dan Las Vegas Review Journal.

Dilansir dari Wikipedia, Adelson adalah kontributor terbesar untuk kandidat partai Republican di Amerika. Di tahun 2016, Adelson menjadi penyuntik dana terbesar dalam kampanye Presiden Donald Trump dengan total sebanyak $125 juta. Untuk kekayaan yang diperolehnya tahun ini sebesar $30.4 miliar sehingga menempatkannya di posisi ke 20 orang terkaya di dunia. Kekayaannya bertambah dari tahun lalu dari $27 miliar hingga $30.4 miliar.

19. Li Ka-Shing

Orang terkaya asal Hongkong ini memulai bisnisnya di industri plastik pembuat mainan dan bunga plastik. Tidak disangka bisnis yang pertama kali digelutinya melejitkan namanya. Secara perlahan kemudian ia menderikan pabrik pertamanya diusia 22 tahun dan beberapa tahun kemudian ia menjadi seorang produsen, pengembang properti dan investor. Kini dengan beberapa perusahaan miliknya ia mempekerjakan lebih dari 310.000 orang dari 50 negara. Kini ia sedang memfokuskan investasinya di Eropa, di mana Li Ka-Shing sudah menginvestaikan dana lebih dari $28 miliar selama 5 tahun. Di tahun 2017 ditaksir total kekayaan yang diperolehnya sebesar $31.2 miliar. Pada majalah Forbes, Li Ka-Shing dnobatkan sebagai orang terkaya no 1 di Asia Timur.

18. Wang Jianlin

Wang Jianlin adalah orang terkaya asal negeri Tiongkok melalui grup usahanya, Dalian Wanda Group. Merupakan perusahaan real estate komersial yang jadi pionir lebih dari 200 toko serba, pusat perbelanjaan, hiburan dan hotel mewah. Total harta yang dimilikinya mendapai $31.3 miliar sehingga menetapkan dirinya sebagai orang terkaya nomor 18 di dunia.

Awalnya Wang adalah seorang pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning. Kemudian ia menyatakan ingin memulai berbisnis pada tahun 1990 dan diputuskanlah untuk mengakuisisi perusahan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda. Di bawah kepemimpinannya perusahaan tersebut bangkit kembali dan perkembangnannya sangat pesat tidak hanya di China. Selanjutnya dengan perusahaan miliknya, Wanda membeli peusahaan pemilik jaringan bioskop AS yaitu AMC seharga $2.6 miliar di 2012 lalu serta mengakuisisi grup sinema yang berbasis di London, Odeon & UCI di tahun ini seharga $1.2 miliar.

17. Alice Walton

Alice Walton adalah salah satu pewaris perusahaan retail terbesar di Amerika, yaitu Walmart Sam Walton. Berbeda dengan saudaranya yang lain kekayaannya tidak sepenuhnya ia dapatkan dari pendapatan perusahaan Ayahnya, namun juga dari perusahan miliknya sendiri. Dedikasinya terhadap dunia seni membuatnya mendirikan museum Crysta Bridge pada tahun 2011 bertempat di kampung halamannya Bentonville, Arkansas. Crystal Bridge sendiri menampilkan beberapa karya seni dari beberapa nama peluksi ternama seperti Andy Warhol, Norman Rockwell, dan Mark Rothko. Untuk koleksi lukisan yang ia buat sendiri bahkan bernilai lebih dari ribuaan juta dolar. Untuk besar kekayaan yang dimilikinya tahun ini sebanyak $33.8 miliar, sehingga membuatnya mampu duduk di posisi 17.

16.  Jim Walton

Selain Alice keluarga Walton yang masuk daftar orang terkaya di dunia 2017 adalah Jim Walton. Anak termuda dari Sam Walton ini menjalankan bisnis keluarga Arvest Bank dan menjabat sebagai Chairman. Dari bisnis ini aset miliknya bertambah lebih dari $16 miliar dan kekayaan lainnya ia dapatkan dari kepemilikan saham orang tuanya, sehingga total harta yang ia miliki tahun ini sebanyak $34 miliar.

15. S. Robson Walton

Rob Walton adalah anak tertua dari kerluarga Walton. Selama 23 tahun ia meneruskan bisnis retail Ayahnya dan menjadi Chairmain perusahaan tersebut sepeninggal Ayahnya di tahun 1992. Kemudian Rob menyatakan pensiun pada Juni 2015 lalu, yang kemudian memberikan posisinya kepada menantunya Greg Penner. Forbes menyatakan bahwa kekayaan yang dimilikinya di tahun ini sebanyak $34.1 miliar dan menempatkan dirinya sebagai orang kaya nomor 15 di dunia.

14. Liliane Bettencourt

Bila Anda akrab dengan produk kecantikan L’Oreal ini lah orang dibalik perusahaan tersebut. Sebenarnya Eugne Schueller adalah yang membersarkan L’Oreal hingga menjadi brand kosmetik dunia. Namun kejayaan tersebut diteruskan ke anak perempuan satu-satunya Liliane Battencourt. Kini Pewaris perusahaan kosmetik besar L’Oreal dan anaknya memiliki saham 33% dari perusahaan tersebut. Total kekayaan yang dimilikinya sebesar $39.5 miliar. Jumlah harta yang dimilikinya bertambah dari tahun sebelumnya namun membuatnya turun peringkat menjadi orang kaya nomor 14, setelah sebelumnya sempat menduduiki posisi 10.

13. Sergey Brin

Orang terkaya nomor 13 ditempati oleh Sergey Brin dengan total kekayaan $39.8 miliar. Jumlah ini meningkat sebesar $6 miliar dari tahun sebelumnya. Sumber kekayannya yang ia dapatkan berasal dari perusahaan Google sendiri, di mana ia menjabat sebagai Co-Founder Google bersama dengan kerabatnya Larry Page. Di bawah naungan Google ia mendirikan holding company bernama Alphabet kemudian mendirikan Google Inc, Calico, Google ventures, Google Capital, Google X, dan Nest Labs. Orang terkaya dunia yang merupakan imigran asal Rusia ini sangat vocal memberikan kritik atas kebijakan Trump mengenai pencekalan imigran di Amerika.

12. Larry Page

Bersama dengan Sergey Brin, Larry Page Larry Page mendirikan Google pada 1998 dan merekrut Eric Schmidt menjadi Chief Executive Officer. Namun pada tahun 2014 jabatan tersebut diembannya menggantikan Eric. Kini bersama Brin ia merintis Google Alphabet dan dikabarkan sedang merampungkan prototype mobil terbang yang diberinama Zee.Aero dan Kitty Hawk. Total kekayaan yang dimilikinya saat ini sebesar $40.7 miliar bertambah $5.5 miliar dari tahun lalu.

11. Bernard Arnault

Di posisi ke 11 ada nama Bernard Arnault dengan jumlah harta sebesar $41.5 miliar. Sumber kekayaan ini ia dapatkan dari perusahaan fashion besar yang ia rintis bernama LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton. Pria asal Perancis ini mulai kariernya dengan bekerja di perusahaan kontraktor milik Ayahnya. Setelah sukses menjadi CEO di tahun 1977 Bernand beralih ke bisnis barang mewah dengan menjadi CEO Financière Agache dan kemudan mengambil alih Boussac sebuah perusahaan yang memiliki brand Christian Dior, department store Le Bon Marché. Kemudian bisnisnya makin berkembang hingga 70 brand fashion ternama berhasil ia miliki di bawah perusahaan LVMH group.

10. Michael Bloomberg

 Di tahun 2016 Michael dinyatakan sebagai orang terkaya nomor 8 di dunia, namun ditahun ini posisinya turun menjadi nomor 10. Meskipun begitu jumlah harta yang dimilikinya bertambah $7.5 miliar di tahun ini dengan total sebesar $47.5 miliar. Milioner asal Amerika ini memiliki perusahaan yang bernama Bloomberg L.P yang bergerak di bidang layanan finasial, media massa dan software keuangan. Michael mengawalai kariernya di Wall Street dengan bekerja di salah satu perusahaan bank investasi Salomon Brothers dan kemudian dipecat setelah 15 tahun mengabdi.

8. David Koch dan Charles Koch

Milioner selanjutnya adalah David Koch dan Charles Koch yang memiliki nilai kekayaan yang sama yaitu sebesar $48.3 miliar. Koch bersaudara ini menjalankan bisnis keluarga yang merupakan sebuah perusahaan multinasional bernama Koch Industries. Perusahaan tersebut bergerak di bidang industri manufaktur, minyak, investasi dan perdagangan komuditas yang sudah memperkerjakan lebih dari ratusan ribu karyawan di seluruh dunia.

 7. Larry Ellison

Konglomerat asal Amerika berikutnya ada Larry Ellison adalah CEO perusahan teknologi bernama Oracle. Perusahan ini bergerak di bidang teknologi sistem manajemen basis data dan software. Awalnya ia tidak langsung mendirikan perusahaan sendiri namun berkerja sebagai programmer di Ampes. Dari perkejaan ini lah yang menginspirasi dirinya untuk mendirikan perusahaan sendiri, pengembangan perangkat lunak bersama temannya Ed Qates dan Robert Miner yang tak lain adalah Bos Larry di Ampex.

Bermodal $2000 pada saat itu, perusahaannya berhasil menggaet CIA dan mengerjakan proyek besar bersama Badan Intelejen Amerika Serikat tersebut. Mulai saat itu bisnisnya berkembang dan daftar nama klien yang ia tangani semakin besar. Sejak tahun 2009 namanya sudah masuk ke dalam daftar 10 besar orang terkaya di dunia. Untuk jumlah kekayaan yang dimilikinya di tahun ini sebesar $52.2 miliar meningkat dari tahun sebelumnya $43.6 miliar.

6. Carlos Slim Helu

Pemilik dan pendiri perusahaan telekomunikasi Telcom Carlos Slim Helu turun ke posisi 6 setelah tahun lalu berada di posisi ke 4 di daftar orang terkaya dunia. Meskipun begitu nilai kekayaannya naik sebanyak $4.5 miliar dari tahun lalu. Carlos juga termasuk pemegang saham pada perusanaan konstruksi Mexico, perusahaan retail, penambangan, properti, dan memiliki 17% saham media massa The New York Times.

5. Mark Zuckerberg

Pendiri media sosial terbesar Facebook ini menempati posisi ke lima dari daftar nama orang terkaya di dunia 2017 dengan jumlah kekayaan sebanyak $56 miliar. Posisinya naik dari posisi ke 6 dan berhasil menyalip Jaff Bezos di posisi ke 5. Aset kekayaannya melonjak sebab kenaikan harga saham Facebook sebesar 1.36% dan mendekati level tertinggi yang pernah dibukukan pada Oktober lalu yang ada di angka $133 per saham.Pada perdagangan saham baru-baru ini, saham Facebook ditutup di angka $128.34 dan saat ini Mark memiliki 410 juta saham dari Facebook.

4. Amancio Ortega

Pebisnis asal Spanyol pemilik dan fasion retail kenamaan Zara berada di posisi ke 4 setelah sebelumnya sempat berada di jajaran 3 besar bersama Bill Gates dan Warren Buffett. Ortega adalah pendiri dan pemilik perusahaan Inditex group, sebuah perusahaan besar yang mengusai jaringan toko pakaian dan aksesoris Zara. Melalui perusahaan tersebut ia berhasil mengumpulkan aset sebesar $71.3 miliar. Bisnisnya ini dirintis sejak 1975 bersama matan istrinya Rosila Mera. Pada tahun 1980 Ortega mulai mengembangka usahanya dengan membuka cabang retail Zara hampir 100 toko di Spanyol dan kemudian membuat sister company seperti Massimo Dutti dan Pull & Bear. Saat ini, toko Zara sudah didirkan lebih dari 1.700 toko di 86 negara seluruh dunia.

3. Jeff Bezos

Di urutan ke tiga ditempati oleh Jeff Bezos pendiri perusahaan retail online ini memiliki kekayaan sebesar $72.8 miliar. Kekayaannya ini melojak hingga 37% dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Harta yang dimilikinya tak lain disumbang dari perusahaan yang didirikannya yaitu Amazon. Dikabarkan melonjaknya perolehan kekayaan Bezos hingga 67% dalam kurun waktu satu tahun salah satunya karena kesukesan sistem cloud coumputing yang diluncurkannya pada 2002 silam yaitu, Amazon Web Service. AWS adalah layanan-layanan berbasis cloud computing yang disediakan oleh Amazon sehingga setiap layannya dapat saling terintegrasi dan mudah dikostumisasi.

Pria yang lahir di Mexico pada tahun 1964 ini, dibesarkan oleh seorang Ibu bernama Jackie Bezos dan Ayah tiri bernama Miguel Bezos seorang imigran asal Kuba. Pertama kali bisnis ini dirintisnya tahun 1994 yang pada saat itu Jeff Bezos hanya fokus menjual buku saja secara online. Perusahan tersebut awalnya ia beri nama Cadabra, Inc namun diubah menjadi Amazon.com, Inc karena banyak orang yang salah menyebutnya menjadi Cadaver (mayat atau bangkai). Nama Amazon dia pilih dengan harapan bisnisnya mampu berkembang seluas sungai Amazon yang merupakan sungai terbesar di dunia.

Berawal dari garasi rumah, ia mendirikan situs website Amazon.com dengan modal bisnis plan yang ia rancang sendiri sewaktu mengendarai mobil ke New York Seattle. Melalui Amazon.com membawa Bezos menjadi salah satu pengusaha yang sukses pada era teknologi internet. Kini Amazon tidak hanya menjual buku online saja namun hampir semua kebutuhan konsumen dan menjadi retail online terbesar di dunia dengan pendapatan hingga puluhan miliar dolar. Pada tahun 2004 Bezos bahkan mendirikan perusahaan bernama Blue Origin yang bergerak di bidang penerbangan sipil luar angkasa. Dilansir dari Forbes jeff Bezos juga membeli saham The Washington Post pada 2013 dengan seharga 250 juta dolar.

2. Warren Buffett

Meskipun perolehan kekayaan Warren Buffett tidak meningkat signifikan, namun tidak menggeser dirinya di posisi 3 besar dalam daftar nama orang terkaya di dunia 2017. Kekayaan miliarder ini dinyatakan bertambah sekitar $6 miliar 60.8 miliar naik menjadi $75.6 miliar.  Keuntungan Warren Buffett cenderung meningkat dari kepemilikan sahamnya di sejumlah perusahaan. Salah satunya dari saham Unilever di mana Warren memiliki 616.17 juta saham saham Kraft atau sekitar 50.6 persen dari ouststanding. Selain itu, keuntungannya juga didapatkan dari saham Apple Inc sekitar $1.14 miliar dan dari Wells Fargo and CO sekitar $1.43 miliar.

Dikenal sebagai peramal dari Omaha (Oracle of Omaha), Warren membawa dirinya menjadi investor terseukses sepanjang abad. Kemampuannya menebak pasar saham tidak hanya menguntungkan dirinya namun juga perusahaan konglomerasi yang ia dirikian bernama Berkshire Hathaway yang bertempat di Omaha daerah asalnya. Perusahaannya ini memiliki lebih dari 60 anak perusahan termasuk Geico, Duracell dan Dairy Queen. Perusahaan ini memberikan tingkat pengembalian tahunan ata-rata yang fenomenal, yaitu 25%+ kepada pemilik saham selama 25 tahun terakhir dengan jumlah capital yang besar dan hutang yang sedikit.

Awal mula Warren mengenal dunia investasi adalah pada umur 11 tahun di mana dirinya membeli 3 lembar saham preferen perusahaan Utilitas Cities Service dan membeli 3 lembar untuk kakanya Doris Buffett (pemilik Sunshine lady Foundation). Ketertarikannya pada dunia saham dan bisnis membuatnya yakin untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan lainnya. Di usia 15 tahun ia juga membeli saham ayahnya dan membeli 16 hektar lahan pertanian untuk disewakan kepada petani. Dia membelinya dari hasil menabung dengan harga $1.200.

1. Bill Gates

Di posisi pertama sekali lagi ditempati oleh Bill Gates. Tepatnya sudah sebanyak 17 kali Bill Gates menempati posisi yang sama di jajaran nama orang terkaya di dunia. Perolehan kekayaan yang dimilikinya tahun ini sebesar $86 miliar atau setara sekitar Rp 1.188 triliun. Kekayaan ini ia dapatkan dari perusahaan yang dimilikinya yaitu Microsoft dan juga diperoleh dari kepemilikan saham Canadian National Railway Company dan Ecolab. Saham Microsoft Corp naik hingga 6.1 % ke level 60.73 dollar AS pasca penutupan perdagangan. Namun Gates sendiri hanya memiliki 2.3% dari perusahaan Microsoft, tepatnya Gates hanya memiliki lebih dari 330 juta lembar saham Microsoft.

Perjalanan Gates mendapai kesuksesan seperti sekarang ini tidak didapatkannya dengan mudah. Bill Gates tinggal di Seattle, Washington bersama dengan orang tuanya bernama William Gates dan Mary Gates. Gates kecil dikenal aktiv dan brilliant, dan tertarik dalam segala hal informasi. Bahkan saat remaja saja ia berhasil membaca seluruh seri World Book Encyclopedia. Di usia remaja orang tua Bill Gates menyekolahkannya di sekolah yang dikenal cukup ketat yaitu Lakeside School. Di sana ia bertemu dangen Paul Allen yang tak lain adalah rekan binsisnya saat mendirikan Microsoft.

Setelah lulus, gates mengambil keputusan untuk sekolah di Harvard, awalnya ia mengambil sekolah hukum namun dia langsung mengeubah jurusan Matematika dan Ilmu Komputer. Di sini lah ia berlajar tentang sistem pemograman. Dan bertemu rekan lainnya Steve Ballmer yang menjabat menjadi CEO kedua Microsoft. Singkat cerita, dua tahun kuliah Gates memutuskan untuk drop out dari Harvard dan memutuskan untuk serius menjalankan bisnisnya Microsoft bersama kedua temannya Allen di garasi rumahnya pada tahun 1985. Mulai saat itu Gates memperoleh hasil diluar dugaannya dan dinyatakan menejadi milioner di usia 31 tahun.

Meskipun begitu sikap pedulinya ke sesama tidak pernah ia tinggalkan, terbukti ia sering terlibat menjadi penyalur dana untuk beberapa kegiatan amal sehingga pada akhirnya ia mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation sebuah yayasan guna memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia, dan memperluas kesempatan pendidikan serta akses ke teknologi informasi di Amerika Serikat. Selama enam tahun terakhir ini, Gates fokus pada filantropi melalui Bill & Melinda Gates Foundation. Lembaga tersebut mendapatkan sebagian besar dana dari keberuntungan Microsoft.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY