6 Hal Penting Saat Cari Modal Usaha Tanpa Jaminan

Keuangan usaha

Cari modal usaha tanpa jaminan memang bukan perkara yang mudah. Meskipun banyaknya produk pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan seperti bank dan lembaga legal lainnya tidak membuat pengusaha dengan mudah menentukan produk pijaman yang ditawarkan.

Seperti yang kita tahu bahwa pinjaman merupakan solusi yang paling cepat ketika kita sudah kehabisan ide menemukan cara untuk memperoleh dana untuk modal usaha. Namun minimnya wawasan peminjam membuat hal ini malah merugikan mereka sehingga dengan terpaksa jaminan hilang belum lagi harus membayar bunganya.

Nah dari pada Anda harus ambil resiko, lebih baik pahami dulu hal-hal berikut ini ketika cari modal usaha tanpa jaminan.

Reputasi bank

Baik buruknya bank yang menawarkan pinjaman ditentukan bagaimana mereka memberikan solusi atas permasalahan keuangan Anda. Untuk itu pemilihan bank yang memiliki reputasi yang baik sangat kami anjurkan sebelum cari modal usaha tanpa jaminan. Selain reputasi, legalitas juga perlu dimiliki bank atau lembaga pinjaman modal. Jangan pernah Anda termakan lembaga keuangan yang menawarakan produk pinjaman yang menggiurkan namun tidak dijamin legalitasnya.

Tentukan produk pinjaman

Banyak sekali produk pinjaman yang bisa Anda pilih, salah satunya KUR yaitu kredit usaha rakyat yang merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan pengusaha kecil menengah untuk mengembangkan usaha mereka. Jenis produk pinjaman ada dibagi menjadi 3 yaitu pinjaman kredit usaha rakyat mikro, kredit usaha rakyat ritel, dan kredit usaha rakyat TKI.

Ketahui skala usaha Anda

Dengan mengetahui skala usaha dapat membatu Anda memilih produk kredit yang sesuai. Pastikan hasil usaha perbulannya mencukupi untuk membayar pinjaman kredit. Selain pemasukan yang harus Anda perkirakan, pengeluaran untuk biaya produksi juga perlu dipertimbangkan kembali. Jika keuntungan setalah dipotong biaya pinjaman sangat sedikit, pilihlah jenis pinjaman lain atau Anda bisa tentukan dari lamanya cicilan.

Limit pinjaman dan suku bunga yang ditawarkan bank

Limit yang ditawarkan setiap bank untuk mendanai usaha kecil menengah pada dasarnya sama, yaitu sekitar 5-200 juta. Tapi jika Anda menggunakan produk pinjaman lainnya limit pinjaman dan bunga yang diberikan bisa beraneka ragam.

Jangka waktu yang diberikan

Tenggat waktu pinjaman juga harus Anda perhitungkan. Untuk menentukannya sesuaikan dengan kemampuan Anda mencicil pinjaman. Seperti yang kami katakana sebelumnya, bahwa semakin lama Anda memilih jangka waktunya besar cicilan perbulan biasanya semakin kecil, tetapi bungnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pemilihan jangka waktu pelunasan yang lebih singkat.

Aturan pengembalian dan penalty jika telat bayar

Anda bisa menanyakan mengenai kedua hal ini sebelum mengajukan pinjaman. Bertujuan agar Anda tahu apa yang harus Anda lakukan jika suatu saat usaha Anda mengalami musibah atau sedang surut. Agar lebih meyakinkan lagi kosnsultasikan terlebih dahulu untung rugi pinjaman dengan pihak bank. (Goukm.id/Suci Rahmadhani) 

LEAVE A REPLY