Mengenal Aplikasi Mobile Banking BRI Mobile, Layanan dan juga Cara Mendaftarnya

Aplikasi mobile banking bernama BRI Mobile resmi diluncurkan pada 2012 oleh Bank Rakyat Indonesia. Aplikasi ini menyediakan layanan perbankan yang bisa diakses selama 7×24 jam oleh nasabah melalui ponsel atau smartphone mereka yang sudah tersambung dengan jaringan internet. Fitur yang ada di dalam BRI Mobile meliputi Mobile Banking, Internet Banking, Call BRI, Info BRI, e-registration, BRIZZI, dan T-Bank.

Berbagai fitur tersebut memiliki layanan perbankan masing-masing dan tentunya memudahkan nasabah yang menggunakannya. Berikut layanan perbankan yang bisa dilakukan menggunakan ke empat menu tersebut.

Mobile Banking

Pada BRI mobile banking pengguna bisa melakukan segala macam transaksi dengan mudah, seperti Info saldo, transfer antar rekening atau atar bank, isi ulang pulsa pra bayar dan pascabayar, Pembayaran, mo cash, pelayanan nasabah dan registrasi internet banking.

KUR BRI, Mudah dapatkan dapatkan modal. Ini  Caranya

Internet Banking

Pada menu Internet Banking BRI tersedia menu untuk aktivasi mToken dan IB Mobile dengan mudah dan cepat. Fasilitas yang terdapat pada menu aktivasi mToken bisa mengganti password dan email, melakukan aktivasi mToken, dan download Internet Banking versi mobile. Selanjutnya menu Aktivasi IB Mobile dapat digunakan oleh nasabah yang telah terdaftar di internet Banking BRI serta telah melakukan registrasi dan aktivasi mToken.

Info BRI

Menu dalam BRI mobile selanjutnya adalah Info BRI. Fitur ini dapat membantu pengguna menemukan lokasi ATM, kantor cabang maupun merchant EPay. Selain itu, tersedia juga info atau petunjuk cara mendaftarkan mobile banking dan internet banking BRI.

e-registration

Adalah layanan registrasi BRI mobile yang dapat digunakan oleh calon nasabah untuk mengajukan pembukuan rekening. Untuk nasabah fitur ini dapat digunakan untuk mengajukan aplikasi transasksi penyetoran dan penarikan secara tunai,registrasi CMS, transfer antar bank atau antar rekening, melakukan registrasi Nomor Eksportir Sawit, Pengajuan pinjaman serta informasi kurs.

Call BRI 

Layanan sambungan langsung ke call center BRI melalui telpon ataupun media sosial BRI.

BRIZZI

Fitur Info BRIZZI dapat dimanfaatkan hanya pada smartphone yang telah memiliki fitur Near Field Communication (NFC). Jika pengguna memiliki perangkat terssebut maka dapat melihat info kartu, saldo dan history transaksi. BRIZZI sendiri adalah produk e-money dari BRI yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah atau non nasabah untuk melakukan pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan BRI.

T-Bank

T-Bank adalah produk dari bank BRI yang mana menawarkan layanan perbankan tanpa harus buka rekening. Cukup dengan mendaftarkan nomor handphone pengguna sudah bisa melakukan transasksi menggunakan fitur T-Bank yang tersedia di aplikasi BRI mobile. Layanan yang ada di dalam menu ini hampir sama seperti pada mobile banking, ada cek saldo, bayar, kirim uang, isi ulang ditambah layanan minta kode akses serta cek agen.

Keunggulan layanan BRI Mobile Banking

Bicara mengenai keunggulan aplikasi-aplikasi mobile banking tentunya memiliki kelebihan masing-masing. BRI sendiri menawarkan kemudahan akses layanan perbankan melalui aplikasi mobilenya. Bagaimana tidak, penggabungan dua aplikasi m banking BRI dan Internet Banking BRI tergabung dalam satu aplikasi. Sehingga memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, baik menggunakan jaringan internet (GPRS/EDGE/3G/WIFI) maupun SMS sebagai sarana transaksi.

Layanan Ebanking dari berbagai Bank

Bukan hanya m banking BRI dan internet saja yang bisa diakses melalui aplikasi ini, tapi juga layanan perbankan lainnya seperti BRIZZI, T-Bank dan e-registration. Semua layanan perbankan yang bisa didapatkan oleh nasabah ini dijamin pula keamanannya. Sebab untuk mengakses setiap layanannya diperlukan PIN yang hanya diketahui oleh pengguna sendiri. Khusus internet Banking BRI bahkan menggunakan m-Token sebagai autentifikasi.

Mengenal layanan BRIZZI dan T-Bank

BRIZZI

BRIZZI adalah e-money sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank BRI. Dewasa ini, perbankan sudah mulai banyak yang meluncurkan produk e-money, contoh saja BCA dengan kartu BCA Flash. Lalu apa kelebihan yang membedakan produk yang dimiliki oleh BRI dengan milik bank lainnya?

– Perdana BRIZZI tidak dipungut biaya. Kalaupun ada unit kerja BRI yang menjualnya dengan harga tertentu, besar biaya yang ditanggung pengguna kemungkinan besar akan masuk ke dalam saldo BRIZZI. Dengan kata lain pengguna diminta langsung melakukan deposit BRIZZI seharga kartu tersebut.

– Tidak harus memiliki rekening bank BRI. Jadi pengguna dapat langsung mengajukan kartu ini di kantor bank BRI tanpa harus membuat rekening terlebih dahulu. Lalu bagaimana mengisi saldo BRIZZI. Pengguna dapat melakukan deposit dengan transfer via ATM Bank bersama ataupun prima atau dari e-channel manapun yang sudah bekerja sama dengan BRI.

– Kartu BRIZZI dapat juga digunakan sebagai alat pembayaran transportasi umum. Dengan jenis kartu prepaid BRIZZI yang diimplementasikan di sistem e-ticketing KCJ, dan juga transportasi umum lain seperti Transjakarta, TransJogja, Batik Solo Trans, dan Trans Pekanbaru.

Untuk mendapatkan kartu BRIZZI ini sangat mudah pengguna cukup mendaftarkan ke kantor BRI ataupun merchants yang sudah bekerja sama dengan BRI. Harga kartunya sendiri sangatlah terjangkau, yaitu hanya Rp 20 ribu.

T-Bank

T-Bank adalah sebuah produk dari Bank BRI bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk yang memberikan layanan perbankan dengan menggunakan nomor smartphone sebagai nomor rekening. T-Bank diluncurkan dengan tujuan agar dapat mengjangkau masyarakat unbankable yang selama ini belum memiliki akses ke produk dan jasa keuangan.

Untuk mengakses layanan ini pengguna bisa menggunakan aplikasi BRI mobile malalui smartphone. Selain itu, jika Anda tidak memiliki prangkat smartphone, juga bisa menggunakan ponsel biasa. Tapi dengan syarat ponsel menggunakan kartu SIM Telkomsel yang sudah didaftarkan. Untuk mengaksesnya cukup telpon *212# maka akan muncul menu transaksi.

Kemudahan lain yang diberikan T-Bank, antara lain isi saldo (bagi nasabah BRI) melalui e-channel BRI, Setoran tunai bisa dilakukan melalui agen branchless banking tanpa harus datang ke kantor bank, penarikan tunai tanpa kartu di jaringan ATM BRI dana gen branchless banking, serta pengguna dapat mengakses berbagai macam fitur melalui menu USSD yang terdapat di BRI Mobile.

Registrasi T-bank juga sangat mudah, bisa dengan mengunjungi kantor atau agen T-Bank. Saat mendaftar hanya perlu memasukan data seperti nama lengkap, nomor identitas diri, alamat dan tanggal lahir. Anda kemudian akan mendapatkan PIN. Sedangkan untuk melakukan transfer, pengguna perlu mengisi saldo ke rekening T-bank mereka. Setelah itu, pengguna bisa akses layanan T-Bank melalui BRI Mobile atau via telpon dengan menghubungi *212#.

Sesuai regulasi BI, nominal dana yang dapat ditrasfer melalui T-Bank adalah sebesar RP 5 juta. Demikian pula jumlah saldo tersimpan maksimal Rp 5 juta. Jadi dengan menggunakan T-Bank, Anda bisa berbelanja, tarik tunai, transfer dan melakukan pembayaran tanpa harus memiliki rekening. Dan untungnya lagi T-Bank BRI tidak membebankan biaya administrasi bulanan ke penggunannya.

Cara dapatkan aplikasi BRI Mobile

Aplikasi BRI Mobile ini dapat diakses melalui segala macam sistem OS smartphone, seperti iPhone, Android, Windows, dan juga BlackBerry. Pengguna dapat mengunduh aplikasinya melalui App store yang masing-masing smartphone. Untuk melakukan transaksi melalui BRI Mobile pengguna harus melakukan aktivasi BRI mobile SMS banking dan Internet Banking terlebih dahulu dengan registrasi melalui ATM ataupun di kantor BRI langsung. Berikut langkah bagaimana cara mengaktifkan mobile banking.

– Pertama daftarkan nomor handphone yang digunakan untuk aplikasi SMS Banking di ATM.

– Login ke ATM, setelah masuk ke menu utama pilih Transaksi Lain.

– Pilih menu Registrasi.

– Pilih menu SMS Banking dan masukan nomor handphone Anda.

– Buatlah PIN SMS Banking dengan memasukan 6 digit angka.

– Ikuti semua tahapnya sampai tampil pesan pengingat pendaftaran selesai yang berisi “Anda telah melakukan pendaftaran SMS Banking BRI”

– Kemudian unduh aplikasi BRI mobile di app store smartphone Anda. Jika sudah terinstall jalankan Aplikasi BRI Mobile dan Anda sudah bisa menggunakan sebagian fitur di dalamnya. Untuk mengaktifkan seluruh layanan finansial lainnya Anda harus menemui customer service Bank BRI.

Biaya melakukan transaksi melalui BRI Mobile

Ketika melakukan transaksi melalui BRI mobile Anda akan dikenakan biaya transaksi yang langsung akan dipotong dari saldo tabungan dan juga pemotongan pulsa untuk SMS notifikasi yang masuk ke ponsel Anda.

– Untuk transfer ke sesama rekening BRI nasabah dikenakan biaya sebesar Rp 250 per transaksi.

– Isi ulang pulsa, membayar tagihan dan lainnya juga dikenakan biaya sebesar Rp 250 per transaksi.

– Transfer ke rekening bank lain sebesar Rp 6.500 per transaksi.

– Notifikasi SMS yang masuk ke ponsel dikenakan biaya sebesar Rp 500.

Limit transaksi M-Banking BRi

Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi melalui BRI Mobile, BRI memberlakukan limit transfer sesuai dengan jenis kartu debit yang dipilih nasabah. Untuk pemegang kartu classic maksimal transfer antar rekening maupun antar bank per harinya sebesar 1.000.000. Sedangkan untuk limit transfer pemegang kartu Gold maksimal 10 juta baik antar rekening maupun bank.

Dengan adanya aplikasi mobile banking BRI ini tentu memberikan kemudahan bagi para nasabah. Melalui aplikasi ini bukan hanya menghemat biaya oprasional Bank sendiri, namun juga mempersingkat banyak waktu nasabah karena tiap kali transaksi nasabah tidak perlu ke kantor cabang bank terdekat. Kini urusan perbankan jadi lebih efesien dan praktis melalui ponsel nasabah.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY