Meski Pensiun Tetap Produktif

usaha pensiunan

Menjadi tua bukan pilihan bukan? Jika bisa memilih mungkin tak ada orang  yang ingin menjadi. Apalagi disaat itu baik kondisi fisik maupun pikiran tak lagi kondusif, mulai sakit-sakitan dan tidaj produktif. Begitu juga dengan keuangan menjadi pailit.

Menurut survei ternyata sembilan dari sepuluh orang yang tak siap menghadapi pensiun. Karena di saat itu 80-90 persen orang akan mengalami kehilangan penghasilan. Dan meskipun dana pensiun ada namun memang tak sebanding dengan gaji dan tunjangan dibandingkan dengan yang didapatkan sebelum pensiun.

Faktanya 9 dari 10 orang tidak siap menghadapi pensiun. Ketika pensiun orang bisa kehilangan 80-90 persen penghasilan. Meski sudah ada dana pensiun namun ternyata tak sebesar dengan gaji dan tunjangan yang didapat sehingga dana pensiun cepat habis. Bahkan 65% orang tak sanggup untuk membiayai hidup dan mirisnya hanya 5% orang yang sudah siap pensiun.

Dan dari 5 persen tersebut biasanya mereka sudah siap dan ingin membuka usaha sendiri saja. Tapi dengan usianya yang tak lagi muda membuka usaha bukanlah perkara mudah sehingga memang harus tahu usaha apa yang benar-benar cocok.

Makanya tim Go UKM membuat e-Book yang berjudul mesi pensiun tetap produktif. Ebook ini berisi mengenai usaha yang cocok bagi para pensiunan.  Dalam e-Book ini selain terdapat tips mengenai usaha yang cocok ketika pensiun. Bagaimana mengatur uang pensiunan untuk kebutuhan pribadi dan usaha, Langkah-langkah memulai bisnis setelah pensiun, beberapa usaha yang cocok dikembangkan ketika pensiun, dan cara pemasaran usaha.

Download Gratis (Disini)

Begitu juga dengan pengelolaan keuangan. Karena mengatur keuangan kadang kala memang merepotkan apa lagi bila pada dasarnya kita bukan termasuk orang yang suka menabung, pasti sangat sulit sekali. Kendala ini juga yang biasanya dirasakan oleh orang yang sudah berumur sekali pun. Karena jika ingin memulai sebuah usaha, tentunya  dibutuhkan skill manajemen keuangan yang sangat baik. Dalam ebook ini juga ditulis mengenai tips mengelola dana pensiun Anda agar porsi untuk kebutuhan pribadi dan usaha pas sesuai dengan porsinya masing-masing.

.

 

LEAVE A REPLY