Mesin UKM, Investasi atau Pemborosan?

Di kalangan pengusaha UKM, ada anggapan bahwa berinvestasi pada mesin UKM merupakan tindakan pemborosan. Benarkah demikian? Mari kita telusuri bersama-sama agar tidak muncul salah pengertian sehubungan hal ini.

Pentingnya Mesin Untuk UKM

Sahabat UKM, dalam menjalankan usaha, kita biasanya memerlukan bantuan dari alat-alat tertentu. Alat-alat ini memiliki bentuk yang beragam, tergantung dari jenis usaha yang dijalankan. Contohnya, oven untuk memanggang roti atau kue, kuali untuk menggiling daging menjadi bakso dan lainnya. Dengan bantuan dari alat-alat ini, proses produksi menjadi lebih cepat dan efisien. Dari contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kita memerlukan bantuan dari alat-alat tersebut.

Investasi vs Pemborosan

Saat usaha Anda sudah mulai berkembang, tentunya kebutuhan untuk produksi akan terus meningkat. Saat kebutuhan produksi terus meningkat, alat-alat yang kita gunakan juga masih dapat membantu proses produksi. Namun, apakah alat-alat tersebut masih dapat disebut efisien?

Misalnya di tahun 2015, usaha roti Anda harus memproduksi 100 roti per harinya. Mesin Oven roti yang digunakan hanya mampu memuat 35 roti untuk sekali proses pemanggangan. Sekali proses pemanggangan butuh 1 jam, jadi dibutuhkan waktu 3 jam untuk memproduksi 100 roti. Lalu usaha Anda berkembang dan harus memproduksi 500 roti per harinya. Oven lama Anda masih dapat membantu, namun membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Dari contoh tersebut, oven Anda tidak efisien lagi dalam hal waktu produksi.

Anda dapat tetap menggunakan oven lama, atau membeli oven baru dengan kapasitas yang lebih besar. Sahabat UKM pasti memilih untuk membeli oven baru meskipun harus merogoh kocek lebih. Hal ini karena Anda memilih untuk berinvestasi dalam hal efisiensi waktu dan tingkat produksi. Begitupun dalam sektor bisnis lain dimana mesin-mesin UKM memiliki fungsi yang sama, membantu proses produksi Anda.

Investasi mesin untuk UKM bukanlah pemborosan, melainkan persiapan untuk menyambut kemajuan usaha Anda. Pastikan usaha Anda sudah mengalami kemajuan dan membutuhkan mesin UKM baru untuk menunjang proses produksi. Dengan begitu, Anda sudah melakukan pembelian aset yang cerdas dan bermanfaat. Semoga Sahabat UKM memahami pentingnya berinvestasi melalui mesin UKM dan semoga sukses!

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY