Mesin Susu Kedelai Mesin Permudah Bisnis Susu Kedelai

mesin susu kedelai

Sebenarnya untuk mengolah susu kedelai tak perlu menggunakan mesin susu kedelai. Namun jika ingin membuka usaha susu kedelai ada baiknya jika menggunakan mesin susu kedelai. Karena semakin lama pecinta susu kedelai semakin banyak jumlahnya. Karena susu yang didapatkan dari saripati kedelai olahan ini biasanya dijadikan sebagai pengganti susu sapi terutama untuk orang-orang yang alergi terhadap susu sapi.

Meski rasanya tak seenak susu sapi namun kandungan gizinya ternyata tak kalah dari susu sapi. Selain kandungan proteinnya yang tinggi susu kedelai juga mengandung kalsium, lemak, phospor, karbohidrat, zat besi, provotamin A, Provitamin B dan air. Dan jika dibandingkan dengan susu sapi harga susu ini lebih terjangkau sehingga bisa dinikamti oleh kalangan menengah ke bawah.

Karena susu ini terbuat dari kedelai sehingga memang dicari oleh para vegetarian. Sehingga bisa dibilang susu kedelai jika dibisniskan memang potensial. Namun tak semua orang mampu membaca peluang bisnis susu kedelai di Indonesia. Padahal susu kedelai proses pembuatannya tak serumit susu sapi yang harus diperah dulu. Susu kedelai cukup diambil dari saripati

Manfaat Susu Kedelai

  • Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi, tapi dengan kalori yang lebih rendah.
  • Vitamin D penting untuk kesehatan tulang.
  • Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah sehingga mencegah anemia.
  • Susu kedelai juga mengandung seng atau zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Kedelai tinggi akan kandungan asam lemak seperti omega-3 yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.
  • Kalsium dan magnesium yang terkandung dalam kedelai diduga mampu membantu mengurangi gejala pra-menstruasi, mengatur kadar gula darah, dan mencegah sakit kepala sebelah atau migrain.
  • Konsumsi sebanyak 10 mg kedelai per hari dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara hingga 25%. Hal ini karena kedelai mengandung antioksidan berupa zat genistein yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker bila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang.

Cara Membuat Susu Kedelai

Berbeda dengan membuat susu sapi yang hanya diperah susu kedelai dibuat dari sari pati kacang kedelai. Cara membuatnya dengan mencuci kacang kedelai hingga bersih kemudian direndam kurang lebih sepuluh jam atau semalaman hingga ukurannya membesar dan empuk. Setelah itu bersihkan kulit arinya.

Kemudian giling kacang kedelai dan campurkan dengan air dengan perbandingan satu banding tiga. Satu mangkuk kedelai dicampurkan dengan tiga mangkuk air. Kemudian giling dengan blender atau mesin penggiling hingga halus. Setelah itu disaring dengan kain putih atau kain kasa yang saringannya mengeluarkan lubang kecil.

Sama dengan susu sapi yang dilakukan sterilisasi untuk membunuh kuman. Cara sterilisasi susu kedelai dengan cara merebusnya dengan menggunakan panci. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah. Pada perebusan ini kita dapat menambahkan bahan-bahan sesuai keinginan, misalnya daun pandan atau vanili, jahe, bubuk coklat, gula, sedikit garam atau lainnya. Jika menggunakan vanili, jangan kebanyakan memasukkan vanili, akan menyebabkan rasa pahit.

Namun jika dalam jumlah banyak bisa menggunakan mesin pasteurisasi yang memang digunakan sebagai alat untuk membunuh kuman penyakit yang terdapat pada minuman. Sterilisasi juga dilakukan untuk mengurangi langu pada susu.

Mesin Susu Kedelai

Selain blender untuk mempercepat proses penggilingan kedelai maka dibutuhkan mesin penggiling biji kedelai. Mesin tersebut kini sudah banyakan digunakan untuk berbisnis tahu, tempe hingga susu kedelai. Mesin ini bisa diandalkan karena bisa mempertahankan nilai gizi kedelai yang digiling. Sehingga mendapatkan kandungan gizinya kedelainya tetap terjaga meski sudah dalam bentuk cairan.

Keunggulan lainnya dari mesin tersebut tidak menyebabkan langu yang biasanya terdapat pada susu kedelai. Mesin ini juga bisa berkerja secara optimal untuk menggiling biji dan memisahkan sari-sari alaminya.

Mesin Susu Kedelai SBG –YL09

Mesin Susu Kedelai

Mesin ini mempunyai daya 1000 Watt/phase dengan kecepatan 3000 Rpm, dan stone dimensi 10,5. Kapasitas mesinnya mampu menggiling kedelai dengan kapasitas 80 kg/jam. Dengan dimensi 112×62 x137cm.

Mesin Susu Kedelai SBG-06

mesin susu kedelai

Sama seperti mesin susu kedelai SBG-YL09 yang memiliki daya 1000 Watt dengan kecepatan 3000Rpm bedanya mesin ini hanya memiliki kapasitas penggilingan 60 kg per jamnya.

Mesin Susu Kedelai SBG-Z12-60 Stainless steel

mesin susu kedelai

Mesin ini  terbuat dari bahan stainless steel sehingga tidak mudah berkarat. Mesin ini memiliki daya 0,15 KW, kecepatan 1400 rpm dan kapasitas penggilingan 5-6 kg perjamnya. Mesin  ini memiliki stone diameter enam centimeter dengan ukuran 18,5×16,5×35,5 cm dan  berat 5 kg.

 

LEAVE A REPLY