Ini Dia Jenis Mesin Slurpee atau Mesin Slush dan Cara Merawatnya Agar Tetap Awet

Mesin Slurpee atau mesin slush adalah mesin pembuat es salju yang biasa digunakan untuk membuat minuman dingin bertekstur lembut seperti es salju. Berbeda dengan lemari pendingin yang hanya bisa mendinginkan minuman atau freezer yang bisa membekukan minuman. Mesin Slurpee ini tak membuat membeku namun membuat minuman seperti salju sedikit mengental dan berkristal.

Mesin Slurpee ini sangat cocok bagi Anda yang ingin usaha minuman segar. Apalagi di musim kemarau pastinya banyak yang ingin membeli. Mesin ice slush ini juga bisa menghemat waktu Anda. Karena bisa dengan cepat mengubah sirop yang tidak dingin menjadi minuman kristal.

Baca juga : Untuk membuat es cone dan fozen yoghurt, ini mesin pembuat es krim 

Mesin Slush ini juga bisa membuat minuman tetap dingin dalam waktu yang lama. Bahkan,  dengan mesin slurpee ini bisa membuat minuman segar dengan beraneka rasa. Berbeda dengan dispenser pada umumnya.

Apa Keunggulan dari Mesin Slurpee

  1. Mesin ini bisa membuat minuman sirup seperti jus.
  2. Bisa membuat minuman tetap dingin dalam waktu yang lama/
  3. Mesin slush bisa menghasilkan kristal yang sangat halus, lembut, menyegarkan, menyejukan dan tidak mengurangi rasa original dari minuman tersebit.
  4. Mesin ini mudah digunakan dan otomatis penggunaanya.
  5. Mesin ini sangat dibutuhkan di dunia industri makanan dan minuman seperti restoran, hotel, kafe dan yang lainnya.
  6. Mampu menampung hingga kapasitas 12 liter per tabung minuman.
  7. Tak memerlukan gula yang banyak untuk membuat es slush dnegan mesin ini hanya 18% saja.

Tipe-Tipe Mesin Ice Slush  yang Mungkin Cocok untuk Usaha Minuman Anda

Ada tiga mesin es slush yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, yakni mesin es slush 1 bowl,  mesin slush 2 bowl dan mesin es slush machine 3 bowl.

Ice Slush Machin 1 Bowl

Mesin Slush atau Mesin Slurpe yang satu ini hanya memiliki satu mangkok namun bisa membuat es slush dalam waktu yang singkat hingga kapasitas 12,5 liter. Mesin bisa menyajikan minuman ringan seperti juice, ice tea, coklat dan lain-lain.

Mesin slurpe ini juga hemat listrik karena memiliki daya listrik hanya 550 watt, dengan tempratur -2 hingga-3 derajat celsius. Ukuran mesin ini terbilang kecil hanya 24x53x80 cm dengan berat 27 kg. Portable bisa dipindahkan.

Model X-120
Capacity 12,5 L
Power 550 Watt
Temprerature -2 hingga -3°C
Weight 27 Kg
Machine Size 24x53x80 cm

Ice Slush Machine 2 Bowl

Mesin ini memiliki dua bowl sehingga bisa menyajikan minuman dengan dua rasa sekaligus, Mesin ini memliki kapasitas 2×12,5L sehingga bisa menghidangkan minuman ringan secara cepat dan ringkas. Hanya saja daya listriknya tak sehemat mesin slurpee dengan 1 bowl yakni memiliki daya 890 watt. Mesin slurpe ini bisa menghasilkan minuman dengan temperatur -2 hingga -3 derahat celsius dengan ukuran mesin 43x53x80 xm.

Model X-120
Capacity 2X 12,5 L
Power 890 Watt
Temprerature -2 hingga -3°C
Weight 59 kg
Machine Size 43 X 53 x 80 cm

 Ice Slush Machine 3 Bowl

Mesin slurpe satu ini bisa digunakan untuk mengaduk sekaligus menyajikan minuman dingin siaps saji. Karena memiliki 3 bowl maka bisa membuat minuman dengan 3 rasa sekaligus dengan waktu yang cepat. Mesin ini mampu menampung minuman dengan kapasitas 3x 12,5 Liter dengan temperatur -2 hingga-3 derajat Celsius. Mesin ini memiliki daya listrik 1100 watt  dengan ukuran 62x53x80 cm.

Model X-120
Capacity 3×12,5 L
Power 1100 Watt
Temprature -2 hingga -3°C
Weight 76 kg
Machine Size 62 X 53 X80 cm

 

Berapa Lama Waktu yang Digunakan untuk Membut Es Salju dengan Mesin Slush?

Waktu yang digunakan untuk mengubah sirop menjadi es salju dengan menggunakan mesin es slush memang cepat namun tidak instan. Waktu yang diperlukan hanyalah 30-60 menit tergantung dari kapasitas sirop yang digunakan. Selain itu, dipengaruhi juga oleh ukuran mesin dan wadah yang digunakan. Untuk tingkat campuran dan gula juga akan mempengaruhi pembekuan sehingga kita harus menggunakan takaran gula yang pas untuk campuran tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Slurpee

Mesin Slurpee bekerja untuk mengubah sirup yang bentuknya cairan menjadi salju yang bentuknya kristal kecil. Setelah itu mesin slurpee bertugas untuk mempertahankan bentuk salju tersebut. Dengan menyimpan bagian es yang dingin di bagian bawah ketika ingin menggunakan atau mengambil produk es, pengaduk akan mengaduk bagian es dingin di bawah dan mencampur dengan bagian yang cair ditas sehingga es tidak akan menjadi cair atau mencair.

Cara Membuat Es Slush dengan Mesin Slurp

Bagi Anda yang ingin membuat es slush namun belum tahu cara menggunakannya yaitu  Anda bisa membuatnya langsung dengan sirop atau dengan jus buah segar.

  1. Es Slush Sirop
  2. Masukkan sirop ditambahkan dengan air
  3. Kemudian tambahkan gula sesuai dengan selera.
  4. Setelah itu tekan tombol on pada mesin slurpee tunggu hingga 30-60 menit.
  5. Jika es slush sudah jadi ditandai dengan sirop mulai mengental atau seperti kristal sirop.
  6. Es Slush dari Jus Buah
  7. Siap jus buah segar
  8. Tak perlu menambahkan air , namun jika jus seperti kekentalan boleh ditambahkan air.
  9. Setelah itu tekan tombol on pada mesin slurpee tunggu hingga 30-60 menit.
  10. Jika es slush sudah selesai ditandai dengan jus buah mengental seperti kristal dan dingin.

Bagaimana Cara Merawat Mesin Slurpee Agar Awet

Semahal apapun sebuah mesin atau seterkenal apapun mesin jika tidak dirawat maka akan cepat rusak. Mesin slurpee sendiri harganya tak semurah mesin juicer ataupun dispenser sehingga kami menyarankan agar Anda bisa merawatnya dengan baik.

Berikut cara membersihkan Mesin Slurpee

  1. Hidupkan Mesin Slurpee setelah itu turunkan sisa salju dengan mematikan mesin dengan menekan tombol off.
  2. Setelah itu tiriskan semua es salju yang tersisa.
  3. Kemudian isi slush mesin dengan menggunakan air hangat dan bersih dan detergen yang ringan dan cocok.
  4. Setelah 15 menit airnya ditiriskan dan bilas kembali dengan air bersih.
  5. Setelah itu mesin dibongkar dan melumasi slicone seal dengan gel pelumas food grade. Mengapa dengan minyak food grade karena minyak tersebut sangat penting agar seal bisa menjadi lentur mudah dipasang kembali dan anti bocor. Selain itu gel pelumas tersebut aman untuk dimakan. Untuk membersihkan wadah esnya bisa setiap hari dilakukan namun untuk melumasi silcone bisa dilakukan dua minggu sekali.
  6. Kemudian posisi saklar harus dalam keadaan off dan juga mencabut kabel dari stop kontak.
  7. Kemudian lepaskan semua bagian mangkuk dan lap bersih dengan air sabun hangat dan dibilas kemudian di lap.
  8. Kemudian di setiap bagian terdapat pengunci termasuk seal ring sehingga mudah dilepas atau juga dipasang.
  9. Cuci semua bagian dan bilas hingga kering.

Setelah kering masih ada langkah yang harus dilakukan yaitu

  1. Lumasi ring yang ada di dalam mesin tersebut dengan gel pelumas food grade.
  2. Kemudian pasang kembali semua bagian yang sudah dibersihkan dan untuk setiap bagian produksi seperti pengaduk dan penggerak es bisa dikasih sedikit pelumas.
  3. Pastikan semua mangkuk atau wadah diatur pada saat dalam posisi dengan slot di sisi depan dasar mangkok dan terkunci.
  4. Kemudian diisi kembali unit mesin dengan menggunakan sanitas dan dibiarkan selama 10 menit.
  5. Kemudian bilas dan keringkan. Maka mesin siap untuk digunakan kembali.
  6. Sementara untuk perawatan harian jangan biarkan mesin kotor dan untuk bagian mesin lain yang lain seperti kompresor dan kondesor bisa dibersihkan setiap hari.

Berapa Harga Mesin Slurpee?

Tentunya harga Mesin Slurpee atau mesin ice slush lebih mahal dibandingkan dengan dispenser atau juicer. Karena mesin ini bukan hanya bisa mengubah sirop biasa menjadi seperti jus namun bisa mempertahankan rasa dan dinginnya.

Harga mesin slurpee sendiri beragam tergantung dari jumlah bowl, ukuran mesin dan kapasitasnya. Begitu juga mereknya. Biasanya untuk Ice Slush Machine 3 bowl dijual dengan kisaran harga Rp 18 juta dan Ice Slush Machine 2 Bowl dengan harga Rp 14 juta.

Dimana Tempat Untuk Membeli Mesin Slurpee

Berbeda dengan dispenser dan juicer yang dijual bebas di pasaran. Mesin Slurpee hanya bisa dijual di toko-toko mesin atau khusus  menjual mesin UKM dan mesin minuman ringan. Anda pun harus hati-hati dalam membelinya jangan sampai Anda mendapatkan mesin tiruan yang cepat rusak, harganya mahal dan onderdil mesinnya abal-abal.

Kami merekomendasikan Anda mendapatkan mesin slurpee di toko mesin Wiratech. Karena Wiratech telah melayani kebutuhan mesin Indonesia sejak tahun 2000. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung melihat website wiratech.co.id atau menghubungi di 02162320700/ 082366600800/ 082366600100

SHARE

LEAVE A REPLY