Peluang Usaha Bandeng Presto Kaya Protein dengan Mesin Presto

0
295
mesin presto

Mesin presto merupakan mesin yang digunakan untuk mempermudah proses presto sehingga dihasilkan daging yang lembut dan tulang yang lunak. Sehingga dengan mesin ini, ketika memakan ikan yang tulangnya sangat banyak Anda tak perlu khawatir tersedak. Mesin ini juga bisa digunakan untuk mempresto daging sapi, ayam, bebek dan jenis ikan lainnya.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha dalam bidang perikanan kami sarankan agar Anda memulai usaha Bandeng Presto. Karena ikan tersebut merupakan ikan kaya protein. Jadi kebanyakan orang mencarinya. Jangan lupa untuk memulai usaha ini Anda memerlukan mesin presto

Untuk membuka usaha bandeng presto sebenarnya tak mesti untuk usaha yang besar seperti di hotel atau rumah makan. Namun Anda bisa memulai usahanya sendiri di rumah misalnya bisnis katering. Tak perlu memerlukan modal besar bukan?

Selain tak memerlukan modal yang besar, bisnis bandeng presto banyak peminatnya. Karena teksturnya yang empuk hingga ketulangnya menambah cita rasanya. Selain itu bandeng presto mengandung Omega-3, asam lemak, vitamin : B2 (riboflavin) dan D, fosfos, kalsium dan Mineral : zat besi, seng, magnesium, yodium, dan kalium.

Sehingga bisa mencegah terjadinya sakit jantung, kolesterol dan bisa menjadi makanan bagi orang yang sedang diet karena mengandung lemak jenuh. Selain itu bandeng presto juga bisa menyehatkan sistem kardiovaskuler sehingga bisa mencegah timbulnya akumulasi trigliserida, memperkecil adanya tingkat trigliserida yang berlebihan, bisa meningkatkan HDL (kolesterol yang baik), dan menghindari timbulnya pembekuan darah.

Lalu Bagaimana Caranya Berbisnis Ikan Bandeng Presto ?

Pilihlah Ikan yang Segar

Hal yang pertama kali dilakukan adalah dengan memilih ikan bandeng yang segar. Cara membedakan antara ikan segar dengan tidak adalah dari baunya. Ikan bandeng yang segar akan memiliki bau yang sangat khas tergantung pada tempat pembudidayaannya. Bandeng yang bau tanah bisa dijadikan patokan bahwa ikan bandeng masih segar.

Selain itu periksa sisiknya juga, ikan bandeng memiliki sisik yang memenuhi seluruh tubuhnya. Jadi jika sisiknya banyak yang terlepas berarti ikan bandeng tersebut sudah tidak segar. Apalagi jika sisik sudah terbelah atau mengalami luka. Mata ikan bandeng yang dipilih juga sebaiknya mata yang menonjol dan tidak masuk ke dalam. Selain itu pilihlah insang yang merah, daging elastis dan kulit cemerlang.  Sehingga ketika ikan dipresto masih enak dimakan.

Pilih Mesin Presto yang Terbaik

Pilihlah mesin presto yang mampu melunakkan semua bahan makanan hingga sampai duri maupun tulangnya bisa dimakan. Pilihlah juga mesinpresto yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah kapasitas mesin presto yang kecil jika Anda baru mencoba peluang usaha bandeng presto dan jika usaha Anda sudah laris manis, maka belilah yang kapasitasnya besar.

Presto merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan uap dalam temperatur yang tinggi sehingga bisa membuat berbagai jenis masakan dengan berbagai bahan. Makanan yang diolah dengan menggunakan mesin presto menjadi lebih lunak dan tulangnya pun menjadi lunak sehingga bisa dimakan. Selain itu bumbu yang digunakan dalam proses memasak menggunakan presti ini akan lebih meresap dan menjadikanan makanan semakin enak.

Keunggulan lain dari menggunakan mesin ini adalah jika memasak dengan menggunakan panci biasa maka memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan tekstur yang empuk lain halnya jika menggunakan presto tidak perlu menunggu waktu yang lama hingga makanan tersebut matang dan lunak.

Karena mesin ini bukanlah panci biasa karena bisa menutup dengan sangat rapat sehingga uap pun tidak bisa keluar dari dalam panci. Dalam keadaan tersebut maka uap dalam panci akan dihasilkan dengan temperatur yang sangat tinggi dan menjadikan makanan mudah matang dan lunak.

Suhu yang ada dalam panci pun bisa mencapai lebih dari 100 derajat celsius sehingga bisa meminimalkan waktu hingga dua pertiga  kali lebih cepat dibandingkan dengan memasak biasa meskipun daging atau tulangnya keras. Dan untuk mendapatkan produk yang baik lebih baik memilih panci presto yang terbuat dari bahan almunium sedangkan pegangan pancinya yang didapat yang anti panas sehingga aman dan nyaman ketika akan diangkat atau memindahkan produk presto.

Tak semua mesin presto bagus, terkadang karena kualitasnya buruk daging bandengan yang dipresto justru hancur sehingga memang dibutuhkan mesin yang kualitasnya tinggi. Mesin pelunak tulang ini sebenarnya di pasaran banyak yang murah meriah namun ternyata saat digunakan tidak cukup baik. Ada juga mesin presto yang baik namun cara penggunaannya yang tidak tepat.

Cara menggunakan mesin ini dengan cara mempresto ikan tak lebih dari satu jam jika tidak maka bandeng akan hancur. Caranya setelah ikan bandeng dimasukkan dalam mesin presto maka pengukus ditutup hingga rapat bersamaan dengan sekat karet atau bahan lain yang tahan panas. Alat ini digunakan untuk menahan kapabilitas uap air, kemudian itu agar ketel dibaut mudah dibuka tutup. Biasanya mesin presto juga memilki alat pengukur dorongan udara (mamometer) dan katup pelepas. Sehingga bila api terlalu panas dan tekanan uap tinggi maka katup pelepas biasanya akan mengeluarkan uap air sehingga tidak meledak.

Cara kerja mesin ini dengan menghasilkan uap dalam ruangan yang tertutup sehingga bisa menekan uap air sehingga bisa masuk ke dalam makanan untuk menghasilkan efek panas. Saat alat presto ditutup rapat kemudian dipanaskan dalam suhu tinggi maka tekanan uap air akan meningkat dan suhu akan naik. Dengan pemanasakan menggunakan mesin presto maka suhu meningkat menjadi kurang lbih 125 derajat celsius pada tekanan 5-10 psi. Kemudian dalam kondisi tekanan tinggi maka serat pada makanan akan dilunakan dan rasa makanan akan diresap dengan cepat.

Dan ternyata mesin pelunak tulang ini bukan hanya digunakan untuk keperluan bisnis saja karena mesin ini sekarang sudah beralih digunakan untuk memasak keperluan rumah tangga karena memasak dengan presto bukan hanya tulangnya empuk namun nutrisinya pun tak hilang karena proses pemasakan.

Jenis-Jenis Mesin Presto

PTO-10, Mesin presto ini memiliki diameter 30 cm yang mampu mempresto bahan makanan dengan kapasitas 10 kg. Harga jualany Rp 4.300.000’

PTO 20 mesin ini memiliki diameter 35 cm dan mampu mempresto bahan makanan hingga kapasitas 20 kg.

PTO 30 mesin ini memiliki diameter 30 kg dengan diameter39 cm.

Sedangkan mesin PTO 50 mesin mampu ini memiliki diameter 45 cm dengan kapasitas presto 50 kg.

 

LEAVE A REPLY