Mau Buat Usaha Kripik? Mesin-Mesin Ini Bantu Bikin Produksi Usaha Keripik Lebih Efisien

Keripik  bisa dibilang menjadi cemilan favorit. Tak sedikit orang yang mencoba peruntungan untuk membuka bisnis keripik. Untuk membantu usaha ini tak sedikit orang menggunakan mesin pembuat keripik.

Mesin untuk usaha keripik selain bisa membantu mempercepat proses pembuatan namun juga membuat rasa kripik semakin renyah dan lebih terasa dibandingkan dengan cara manual. Mesin untuk usaha keripik pun biasanya bisa dibuat untuk mengolah berbagai keripik seperti keripik Nanas, singkong, keripik ubi, dan keripik buah lainnya.

Namun meski mesin pembuat keripik ini bisa digunakan untuk jenis keripik lainnya tetap saja keripik Nanas menjadi pilihan untuk berjualan. Karena keripik Nanas  merupakan olahan keripik yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi jika liburan datang, keripik Nanas  biasanya laris manis di pasaran. Biasanya salah satu jajanan yang terbuat dari Nanas  yang diris-iris tipis kemudian digoreng tersebut biasanya dijadikan buah tangan bagi para wisatawan baik lokal maupun interlokal.

Karena keripik yang biasanya disajikan dengan beraneka rasa ini biasa dicampur dengan berbagai rasa seperti rasa barbekyu, balado, sapi panggang, dan lain-lainnya ini murah dan meriah. Untuk membuat keripik Nanas  ini pun mudah cukup dengan satu sisir Nanas  yang masih muda diiris tipis-tipis, kemudian direndam dengan  kapur yang direndam bersama 1 liter air bersih. Setelah itu digoreng secukupnya kemudian baru ditaburin dengan bumbu yang kita suka.

Jika usaha keripik masih kecil seperti diatas  biasanya tak perlu bantuan mesin untuk usaha keripik Nanas . Namun jika usaha sudah skala sedang atau besar biasanya mesin memang sangat dibutuhkan untuk membantu usaha ini.

Adapun Mesin-Mesin Makanan Untuk Usaha Keripik

Pertama Mesin Perajang Umbi

Salah satu mesin untuk usaha keripik Nanas  adalah mesin perajang umbi. Mesin digunakan untuk mengiris, memotong atau merajang umbi termasuk Nanas. Sehingga ukuran yang didapatkan serasi atau sama ukuran. Mesin ini dilengkapi dengan dua bahan masukan untuk hasil rajangan yang menghasilkan jenis hasil potongan Nanas  berupa memanjang atau bulat.

Cara menggunakannya cukup dengan memasukkan Nanas  yang sudah dikupas kulitnya dan dibelah menjadi empat kemudian diletakan kedalam mesin. Kemudian mesin secara otomatis akan memotong Nanas  secara membulat jika diletakan secara vertikal.

Sementara jika Nanas yang sudah dikupas diletakan secara horizontal maka potongan Nanas  yang didapat adalah memanjang. Jadi kita tinggal memilih mau bentuk yang seperti apa?

Untuk spesifikasin mesin perajang Nanas ada dua yaitu

Pertama Mesin Perajang Tipe PRJ-M atau type manual yang terbuat dari almunium cor dan memiliki jumlah pisau empat buah. Mesin ini biasa membuat potongan Nanas  horizontal. Sementara mesin kedua adalah tipe PRJ-100. Mesin ini secara otomatis bisa memotong Nanas, dengan kapasitas 100kg/jamnya dan menghasilkan Nanas  sevata memanjang.

Kedua Mesin Vacuum Frying

Selain mesin perajang umbi mesin yang biasanya digunakan untuk usaha keripik Nanas adalah mesin vacuum frying. Mesin ini biasa digunakan untuk melakukan proses penggorengan berbagai macam keripik jadi bukan hanya Nanas . Ada keripik singkong, keripik nangka, keripik melon, keripik nanas dan keripik buah lainnya.

Vacuum frying biasanya digunakan oleh industri rumah tangga yang biasa menjual makanan ringan yang akan dijual dalam bentuk renyah serta kriuk. Alat penggorengan tersebut akan membantu pengusaha keripik Nanas  untuk menghasilkan keripik yang berkualitas tinggi dan memiliki tingkat krispi yang sesuai dengan keinginan kita.

Selain menjadikan keripik yang kita buat krispi mesin ini juga bisa mempercepat proses penggorengan dan hasil penggorengan tersebut bisa langsung dikemas berbeda halnya jika digoreng dengan penggorengan keripik harus ditunggu sampai minyaknya tiris dan mengering agar tidak lempem ketika dikemas.

Dengan vacuum frying, keripik yang dihasilkan juga bisa tetap renyah meski disimpan dalam jangka waktu yang lama hingga akhirnya bisa sampai ke tangan konsumen. Hasil penggorengan dengan mesin vacuum frying juga lebih merata dibandingkan jika menggoreng keripik dengan menggunakan kompor biasa atau tungku, yang biasa digunakan oleh orang-orang zaman dahulu. Mesin Vacuum bahan bakarnya berupa gas LPG, sedangkan mesinnya terbuat dari hardeneed steel.

Begitu juga dengan tabung penggorengannya yang juga berbahan hardeneed steel namun ukurannya hanya 2 mm. Untuk temperatur kontrol vacuum frying memiliki water circulation sehingga bisa menggoreng dengan hasil yang sangat krispi karena air yang terdapat pada buah bisa dikeringkan dengan alat tersebut.

Mesin lebih banyak digunakan oleh industri rumahan tapi bukan berarti industri besar tak menggunakannnya karena kebanyakan pebisnis keripik masih dalam industri rumahan. Jika Anda ingin membeli mesin ini ada baiknya Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Mesin ini memiliki ukuran terkecil dengan kapasitas 1,5 kg dan biasanya mesin ini tidak dijual untuk bisnis dan industri rumahan namun digunakan untuk promosi mesin.

Dan biasanya mesin ini digunakan juga sebagai alat untuk belajar mahasiswa, siswa atau kelompik tani yang ingin memulai bisnis makanan ringan. Mesin dengan kapasitas mini ini juga hanya  isa digunakan untuk keripik buah dan sayuran yang bahannya lembek bukan keras seperti umbi.Biasanya jika untuk bisnis, mesin ini memiliki kapasitas 3,5 kg, 5 kg hingga 10 kg perjamnya untuk menggoreng keripik Nanas.

Ketiga Mesin Spinner 

Mesin ketiga yang biasa digunakan untuk usaha keripik adalah mesin spinner. Alat ini biasanya digunakan sebagai peniris minyak pada makan gorengan seperti tempe goreng, kacang goreng, keripik, kerupuk juga meniriskan keripik buah yang kadar airnya tinggi,

Mesin ini juga biasa digunakan untuk mengurangi kadar air seperti makanan yang dicuci. Mesin ini sangat cocok untuk penjual gorengan baik industri kecil maupun besar. Alat ini biasanya digunakan untuk meniriskan minyak pada produk yang digoreng. Biasanya ketika tidak ditiriskan dalam waktu lama minta tersebut masih menempel pada makanan dan akan mengurangi kriuk atau kerenyahan dari produk tersebut dan secara tidak langsung tidak bisa dikemas dan ditutup secara rapat karena akan melempem.

Cara kerja mesin ini dengan cara sistem putar yang mampu mengurangi kadar minyak atau airnya tinggi sekali. Dengan alat ini bisa dilakukan penirisan hanya dengan satu kali proses. Setelah ditiriskan produk akan lebih mudah dikemas karena kandungan minyaknya sudah berkurang banyak dalam waktu semenit saja.

Menggunakan mesin ini sangat mudah karena sudah ada tombol otomatis on-off yang dengan mudah bisa dioperasikan. Mesin ini daya listriknya lebih rendah sehingga lebih hemat. Selain itu mesin ini juga mengurangi kadar kolesterol yang jahat karena bisa memisahkan kadar lemak jenuh pada keripik yang bisa membuat penyakit berbahaya seperti kanker dan kolesterol.

Biasanya jika menggoreng keripik bisa menghabiskan banyak minyak tapi berbeda jika menggunakan mesin spinner, menggoreng dengan mesin ini justru penggunaan minyak bisa dihemat 80 persen karena sisa minyak untuk menggoreng keripik bisa ditiriskan dan digunakan kembali untuk menggoreng.

Mesin Spinner sendiri memiliki tiga jenis yaitu

 Mesin Tipe SP 1,5

Dengan menggunakan mesin ini akan mengembalikan minyak atau air sebanyak 1,5 kg dalam sekali proses. Mesin ini juga berdaya litrik cukup rendah hanya 125 Watt. Bahannya terbuat dari stainless steel sehingga tidak mudah berkarat dan tahan lama dibandingkan dengan mesin yang terbuat dari almunium atau kuningan.

Mesin SP 3,5

Dengan menggunakan mesin spinner ini mampu mengembalikan air atau minyak hingga 3,5 kg sekali prosesnya. Mesin ini juga memilki daya listrik yang cukup rendah yakni 200 Watt. Berbeda dengan mesin Tipe 1,5, mesin ini dilengkapi dengan Vorporasi stainless steel.

Mesin SP 5

Dengan menggunakan mesin spinner ini mampu mengembalikan air atau minyak hingga 5 kg sekali prosesnya. Mesin ini juga memilki daya listrik yang cukup rendah yakni 200 Watt

Mesin SP 10

Dengan menggunakan mesin spinner ini mampu mengembalikan air atau minyak hingga 10 kg sekali prosesnya. Mesin ini juga memilki daya listrik yang cukup rendah yakni 200 Watt

Mesin SP 25

Dengan menggunakan mesin spinner ini mampu mengembalikan air atau minyak hingga 25 kg sekali prosesnya. Mesin ini juga memilki daya listrik yang cukup rendah yakni 200 Watt

Keempat Mesin Pencampur Bumbu

Setelah digoreng dan minyaknya ditirskan sebenarnya keripik bisa langsung dikemas namun jika ingin rasanya lebih enak ada baiknya dicampur dulu dengan bumbu sehingga rasanya lebih varian. Keripik tanpa rasa dibandingkan dengan keripik beraneka rasa tentunya harganya jauh berbeda. Biasanya keripik yang memilki aneka arasa yang tinggi nilai jualnya.

Untuk mencampur bumbu bisa menggunakan dengan cara manual. Memasukkan bumbu serbuk yang mengandung rasa manis, pedas,kedalam keripik yang terdapat dalam wadah seperti baskom. Kemudian diaduk rata dengan menggunakan tangan. Namun jika ingin lebih menghemat waktu Anda bisa menggunakan mesin pengaduk bumbu yang ukurannya hexagonal.

Mesin yang berbentuk hexagonal ini dilengkapi dengan alat yang menyerupai sirip. Yang memudahkan dalam proses pencampuran bumbu, sehingga bumbu bisa teraduk dengan cepat dan merata.

Kelima Memilih Kemasan untu Keripiks Nanas

Setelah keripik nanas dicampurkan bumbu maka akan segera masuk ke dalam tahap akhir yaitu dikemas. Tak sedikit orang meremehkan proses ini karena berpikir proses dalam pembuatan keripik nanas telah selesai. Padahal belum karena kemasan sangat menentukan apakah konsumen tertarik atau tidak untuk membeli keripik yang sudah kita jual. Jadi meski rasa enak namun kemasan tak menarik maka bisa jadi sedikit orang yang tertarik. Jangankan membeli, dilirik pun tidak.

Dalam memilih kemasan pun tak boleh sembarangan harus sesuai dengan keripik nanas dan keawetannya juga. Karena kemasan yang tipis justru membuat keripik tidak awet, lebih cepat berjamur dan menimbulkan rasa yang tidak enak.

Agar kemasan menarik dan awet ada baiknya menggunakan kemasan plastik yang berbagai Stand up Super Clear PP dengan Zippers, karena kemasan ini mengandung baahan super clear PP yang bening sehing bisa menonjolkan keripik nanas yang dikemas. Zippers sendiri merupakan bagian dari penutup kemasan yang fungsinya seperti resleting yang ketika keripik belu  habis namun masih sayang untuk dibuang maka bisa tersimpan rapih dikemas karena Zipper mampu dibuka dan ditutup rapat dengan mudah. Selain keripik kemasan ini juga mampu mengemas makanan ringan lainnya.

Keenam, Mesin Hand Sealer

Jika biasanya orang mengemas makanan dengan cara merekatkan dengan manual yakni mengelemnya dengan menggunakan lilin. Selain membahayakan biasanya daya rekatnya juga tak makasimal. Bahkan tidak merekatkannya.

Namun dengan mesin handsealer, bisa dengan mudah mengemas makanan. Biasanya mesin ini hanya digunakan pada kemasan plastik yang digunakan untuk merekatkannya. Produk makanan dan obat-obatan yang biasa dikemas dalam kantong plastik. Cara menggunakan mesin ini cukup dengan menempelkan kemasan pada handsealer maka secara otomatis kemasan sudah langsung rekat.

Ke Tujuh, Mesin Koding

Meski kemasan telah direkatkan belum selesai dalam proses pembuatan keripik ini. Karena kemasan keripik nanas harus dilabelin dan diberi tanggal kadaluwarsa denggan menggunakan mesin koding.

Mesin ini bukan hanya bisa membuat kode dan tanggal pada kemasan plastik namun juga pada kemasan kaleng, gelas dan nilon.Ketujuh mesin di atas adalah mesin yang memang diperbantukan untuk usaha keripik nanas aneka rasa Anda. Jika usaha Anda masih skala kecil lebih baik Anda tak menggunakan mesin. Namun jika usaha Anda sudah pada tahap menengah atau besar lebih baik Anda menggunakan mesin untuk menghemat waktu, tenaga dan mempercepat proses pembuatan keripik nanas. Bagaimana tertarik? Selamat mecoba !

SHARE
20 tahun menjadi suplier mesin-mesin makanan dan kemasan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segment UKM. Dapatkan mesin dan kemasan untuk Usaha Makanan Anda. Pemesanan dan konsultasi : Hunting: 021 623 20 700 Email: jakarta@wiratech.co.id

LEAVE A REPLY