Mesin Pasteurisasi Hambat Bibit Penyakit yang Menimbulkan Sakit

Anda penyukan minuman ringan atau suka makanan kalengan. Jika benar Anda harus tahu bahwa makanan dan minuman yang biasa Anda konsumsi melalui proses panjang, salah satunya pasteurisasi. Diproduksi dengan mesin pasteurisasi.

Pasteurisasi biasanya dilakukan dengan memanaskan produk di bawah titik didih. Selain itu bisa juga memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan sehingga  masa simpan produk bisa menjadi lebih lama. Rasanya pun tidak berubah dalam jangka waktu tertentu.

Proses yang penting ini tentunya membutuhkan teknologi, agar tak terkontaminasi dan tak terlalu lama prosesnya. Makanya dibutuhkan mesin pasteurisasi yang mampu membantu pengusaha minuman dan produk cair lainnya dalam proses pasteurisasi. Adapun produk yang bisa dipasteurisasi dengan mesin ini seperti misalnya susu segar, anggur, jus, madu, telur, makanan dan minuman kaleng, minuman olah raga, sirup, sari buah dan lainnya. Sehingga produk bisa tetap segar hingga ke tangan konsumen.

Mesin pasteurisasi ini bisa membunuh organisme yang bisa menimbulkan penyakit seperti bakteri protozoa, kapang, dan khamir. Sedangkan untuk organisme yang tidak merugikan tidak akan terbunuh pada proses ini.

Mesin ini pun mudah dibawa ke mana-mana karena dilengkapi dengan cover penutup dan roda sehingga mudah untuk dipindah. Mesin untuk UKM ini juga dilengkapi dengan double jacket, yakin tabung dua lapis yang diisi air atau minyak sebagai pengantar panas. Sehingga pemanasan bisa lebih maksimal karena tidak langsung mengenai produk.

Tipe Mesin Pasteurisasi

Sebelum Anda membeli mesin pasteurisasi ada baiknya Anda  membeli mesin sesuai dengan tipe kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mempasteurisasi produk dengan kapasitas dibawah 25 liter maka disarankan menggunakan tipe mesin PST 25, jika kapasitas antara 25-50 liter maka disarankan menggunakan mesin dengan tipe PST 50 yang ukurannya lebih besar. Namun jika kapasitasnya antara 50-100 liter maka disarankan menggunakan mesin dengan tipe PST 100.  

Cara kerja mesin ini dengan mengaduk bahan secara merata dengan suhu di bawah titik didih dengan kecepatan mencapai 70-100 rpm. Mesin keseluruhan bahannya terbuat dari  stainless steel sehingga awet karena tidak mudah berkarat.  Menggunakan mesin ini pun bisa hemat biaya karena listrik dilengkapi dengan thermostat atau pengatur suhu otomatis. Sehingga jika suhu yang sesuai sudah tercapai maka kompor LPG akan mati secara otomatis.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY