Mesin Kemasan Makanan Meningkatkan Harga Produk di Pasaran

vacuum sealer

Untuk membuat kemasan menarik tentunya membutuhkan mesin kemasan makanan. Mari menyimak jenis-jenis mesin untuk kemasan yang akan membantu mempercantik kemasan

Jika kata orang sebuah kemasan itu tidak penting, itu salah sekali. Karena kemasan bukan hanya menjadi pelindung suatu produk namun juga meningkatkan harga produk di pasaran. Karena dengan kemasan dan mesin kemasan yang membuatnya menarik maka akna membuat orang penasaran dan tertarik untuk membelinya.

Manfaat mesin kemasan tentunya untuk mempercepat proses pengemasan, efisiensi waktu, tenaga kerja dan juga lebih rapi dibandingkan dengan menggunakan cara manual. Apalagi jika produk yang ingin dikemas ukurannya lebih besar tentunya mesin kemasan diperlukan.

Berikut beberapa jenis mesin kemasan yang direkomendasikan untuk produk yang Anda hasilkan.

Mesin Hand Sealer

mesin kemasan makanan

Merupakan mesin kemasan makanan yang digunakan untuk dengan bentuk dan ukuran yang relatif lebih kecil. Dibandingkan dengan mesin kemasan lainnya, mesin hand sealer bisa dibilang mesin yang lebih kecil dibandingkan dengan mesin lainnya.

Sistem kerja mesin ini dengan memanfaatkan pemanas elektrik instan yang kemudian akan melelehkan plastik sehingga bagian plastik akan menempel. Biasanya hand sealer digunakan untuk mengemas produk-produk rumah tangga atau untuk keperluan industri rumahan. Misalnya untuk mengemas produk makanan ringan. Mesin ini juga bisa digunakan untuk merekatkan kembali kemasan makanan yang telah dibuka di rumah namun belum habis dimakan. Selain itu, mesin ini juga cocok untuk merekatkan bumbu masakan.

Keunggulan dari mesin ini selain bodynya yang ramping juga portable artinya bisa digunakan di manapun Anda berada dibawa kemana saja, ditambah lagi cara penggunaannya pun mudah bahkan tidak perlu membaca terlebih dahulu buku panduan.

Mesin Vakum

mesin kemasan makanan

Berbeda dengan mesin hand sealer yang biasa digunakan untuk mengemas produk dalam ukuran kecil, mesin vakum memang digunakan untuk mengemas produk dalam ukuran besar atau skala industri. Mesin kemasan makanan ini merupakan alat yang digunakan untuk menghampakan udara sehingga udara yang berada dalam kemasan akan menjadi kedap udara atau vakum.

Dengan menghampakan udara dalam kemasan membuat kualitas produk terjamin kehigienisannya karena terhindar dari proses oksidasi yang bisa menyebabkan kerusakan pada produk yang terjadi karena adanya proses biologis yang berlangsung dalam kemasan.

Mesin vakum biasanya digunakan untuk mengemas makanan yang basah seperti bakso, sosis, ikan dan roti. Sehingga meski disimpan dalam waktu yang lama ketika akan dikonsumsi maka makanan akan tetap fresh.

Mesin Cartoon Sealer Otomatis

mesin cartoon sealer

Merupakan mesin kemasan makanan yang digunakan untuk proses pengemasan carton atau produk yang disimpan dalam sebuah dus. Alat ini digunakan untuk mengemas carton dengan cara melipat, membentuk karton atau kardus hingga melakukan penyegelan. Penyegelan sendiri biasanya dilakukan ketika semua produk telah diisikan ke dalam carton secara rapi dan sehingga produk bisa ditata sedemikian rupa, di mana kemasan tidak akan rusak apalagi sobek.

Selain bisa mempercepat proses pengemasan juga bisa mempercepat proses penyegelan. Yang biasanya jika dengan cara manual membutuhkan beberapa kali proses dengan mesin ini hanya sekali saja melakukan proses penyegelan. Tak hanya itu mesin ini juga portable karena memiliki empat kaki yang mempunyai roda sehingga mudah dibawa kemana saja.

Mesin Strapping

mesin strapping

Hampir sama dengan mesin Cartoon Sealer Otomatis, mesin kemasan ini digunakan mempercepat proses packing kardus sehingga lebih mudah dan dibawa dan kuat digenggam. Bedanya mesin ini memiliki pola kerja packing dengan metode strap atau tali yang bisa mengikat seluruh bagian dari kardus.

Mesin ini memang khusus digunakan untuk melapisi kemasan karton sehingga kemasan karton tidak mudah terbuka ketika akan diangkat oleh benda yang berat atau ditarik oleh katrol sekalipun. Mesin ini memang cocok digunakan untuk skala industri yang memang produknya dalam jumlah banyak. Mesin ini memiliki kecepatan dalam proses pengikatan sekitar 1,5 second/trap.

Mesin Capping Penutup Botol

Mesin Kemasan Makanan

Mesin kemasan makanan ini digunakan untuk minuman botol baik plastik maupun beling.  Dengan menggunakan mesin caping ini maka bisa membantu Anda menutup botol dengan cepat, rapi dan bersih dibandingkan jika menggunakan cara manual.

Mesin ini juga bisa menjamin kualitas produk liquid di dalamnya. Selain itu mesin ini juga digunakan untuk menyegel botol yang telah ditutup sehingga produk bisa terjamin keamanannya. Mesin Capping ada dua yaitu Capping Mesin for Metal Cup, mesin ini digunakan untuk menutup botol minuman almunium ke botol gelas PP, PE, PET. Dan yang kedua Capping Machine for Plastic Cup, mesin ini digunakan untuk menutup minuman plastik.

Mesin Skin Blister

Mesin kemasan makanan yang digunakan untuk melindungi produk yang ada di dalamnya sehingga tidak terkontaminasi dengan berbagai jenis bahan lain sehingga produk bisa dibuka dengan keadaan yang masih baik dan bisa langsung digunakan.

Biasanya produk yang menggunakan mesin ini adalah kampas rem, produk selang regulator gas, dan berbagai alat dan produk kosmetik yang tidak baik jika terkontaminasi dengan produk dan bahan lainnya karena bisa membahayakan konsumen.

Menghasilkan kemasan blitser sebaiknya dilakukan dengan perhatian khusus dari manusia karena barang-barang yang dimasukkan ke dalam kemasan blister memang harus terkontrol sehingga tidak menimbulkan kesalahan dalam proses pengemasan. Sehingga produk yang dijual lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Mesin Induksi

Mesin yang digunakan pada proses penyegelan botol. Mesin ini menghantarkan panas secara induksi yang kemudian memanaskan foil tanpa membakar lapisan plastik dan kertas di induksi linier. Sehingga foil menempel di botol. Misalnya foil menempel pada botol. Namun pastikan bahwa lapisan induksi linier Anda sama dengan material botol, jadi misalnya terbuat dari PET pastikan linier juga memiliki lapisan PET. Begitu juga dengan PE sehingga produk yang disegel bisa tertutup dengan rapa dan terjaga kualitasnya hingga konsumen hendak mengkonsumsinya.

LEAVE A REPLY