Membuat Usaha Waralaba Es Krim dan Yoghurt dengan Mesin Es Krim

0
27
waralaba es krim dan yoghurt

Siapa yang tak menyukai yoghurt apalagi es krim. Minuman yang terbuat dari susu tersebut memang sedang menjadi minuman favorit. Tak jarang jika banyak yang ingin membuka usahanya. Bahkan saat ini telah banyak waralaba es krim dan yoghurt mesin pembuat es krim di Indonesia.

Sehingga meski saat ini merek es krim dan yoghurt di pasaran lebih banyak es krim yang besar.  Namun bukan berarti peluang usaha-usaha untuk es krim dan yoghurt tertutup untuk pengusaha yang kecil.  Karena sekarang Anda pun bisa berjualan dengan cara menjadi waralaba es krim dan yoghurt dengan mesin es krim.

Apalagi saat ini banyak pelaku usaha bidang kuliner yang telah aktif menciptakan resep frozen yoghurt yang enak dan harganya terjangkau. Sehingga mampu dibeli oleh para konsumen Indonesia.   Sehingga memudahkan Anda yang ingin menjadi waralaba es krim dan yoghurt.

Berikut Panduan Membuat Waralaba Es Krim dan Yoghurt dengan mesin Es krim di Indonesia 

Baca Juga peluang : Membuat usaha es krim cone dengan mesin es krim 

Saat ini telah banyak waralaba es krim dan yoghurt di Indonesia. Namun tak semua waralaba harganya terjangkau dan enak rasanya. Sehingga Anda harus benar-benar memilih waralaba es krim dan yoghurt secara cermat jangan sampai salah pilih.

  •  Pilihlah waralaba yang sudah memiliki kredibilitas.

Jangan tergiur dengan harga yang murah karena tak dipungkiri harga memang menentukan kredibilitas sebuah produk. Cara memilih waralaba yang sudah memiliki kredibilitasnya sebaiknya memilih waralaba yang namanya sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Karena jika namanya sudah terkenal berarti waralaba tersebut memang tak diragukan lagi kualitasnya

  • Pilih Waralaba yang Telah Memiliki Izin yang Jelas

Meski bisnisnya masih skala kecil namun tetap pastikan apakah waralaba yang kamu inginkan untuk usaha telah mengantongi izin. Karena bisa saja di tengah jalan waralabamu ternyata harus tutup hanya karena tidak legal. Dan hindari waralaba yang terjerat hukum karena ini berbahaya bisa menyeret Anda juga.

  • Gali Informasi Sebanyak Mungkin Mengenai Waralaba Tersebut

Cari reputasi waralaba es krim dan yoghurt tersebut sebelum Anda memutuskan untuk bermitra dengannya. Siapa pemilik waralabanya, sudah berapa tahun berdiri, bagaimana pemilik waralaba mengawali bisnis tersebut, berapa jumlah mitra yang telah dimiliki. Bagaimana reputasinya bisa terlihat dari media online, misalnya ada yang pernah mengeluhkannya di media sosial.  Jika ternyata memiliki reputasi yang baik tak ada salahnya jika Anda bermitra dengan waralaba es krim dan yoghurt tersebut.

Waralaba banyak jenisnya begitu juga dengan paket harganya. Makanya harus disesuaikan dengan budget Anda. Jangan sampai karena ingin memilih waralaba es krim dan yoghurt yang mereknya telah ternama Anda harus mencari utangan untuk membuka usaha.

  • Jangan Mudah Percaya dengan Brosur atau Calo Waralaba Es Krim dan Yoghurt

Terkadang brosur ataupun pelaku waralaba lainnya subyektif dalam menilai sehingga Anda lebih baik mencari tahunya lewat usaha waralaba yang bisa Anda andalkan. Jangan sampai Anda keluar banyak uang ternyata mendapatkan apa-apa.

  • Jangan Ingin Cepat Kaya

Meski bisnis waralaba es krim dan yoghurt yang kita jalankan telah memiliki merek yang besar namun jangan berpikir bisa menghasilkan uang dengan instan. Karena yang namanya bisnis waralaba meski omzet besar di awal-awal menjalankan bisnis tak langsung balik modal. Sehingga Anda harus sabar.

Beberapa Cara Membuat Es Krim dan Yoghurt

Mesin es krim tidak hanya digunakan sebagai mesin pembuat es krim namun juga bisa digunakan sebagai makanan penutup beku launnya seperti yoghurt, sorbet dan waffle es krim. Jadi jika Anda ingin serius menekuni waralaba es krim dan yoghurt tak ada salahnya jika Anda menginvestasikannya ke dalam mesin es krim.

Cara Membuat Es Krim Rumahan Tanpa Mesin Es Krim

waralaba es krim dan yoghurt

Untuk membuat es krim bisa dengan menggunakan bahan sendiri atau membeli bahan es krim powder yang biasanya di jual di pasaran. Apabila di daerah kita terdapat peternakan sapi ada baiknya kita menggunakan susu sapi segar sebagai bahan baku pembuatan es krim. Caranya dengan memilih susu sapi yang segar. Dengan kualitas yang terbaik.

Atau Bisa Juga Dengan Menggunakan Bahan-Bahan yang Bisa Anda Beli di Warung

  • 4 gelas susu cair
  • 2 kaleng susu putih cair
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 butir telur dan ambil putihnya
  • 1 sendok teh vanili
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Bahan campuran sesuai dengan selera misalnya strawberry, coklat, durian dan lain-lain.

Cara Membuatnya

  • Ambil satu wadah untuk mencampurkan gula, putih telur dan juga vanili kemudian kocok hingga berwarna putih.
  • Panaskan susu cair dan 2 kaleng susu putih cair sambil terus diaduk
  • Kemudian cairkan tepung maizena dalam mangkuk atau gelas, kemudian diaduk hingga rata dan campurkan dalam adonan susu.
  • Cara membuat es krim berikutnya adalah dengan memasukkan adonan gula, putih telur dan juga vanili dalam adonan susu sehingga bisa terus mengaduk hingga mendidih.
  • Setelah mendidih angkat adonan tersebut sehingga adonan agak dingin dan tidak menggumpal.
  • Setelah adonan tidak panas lagi campurkanlah dengan bahan campuran yang Anda inginkan agar memiliki rasa yang sesuai dengan kesukaan Anda.
  • Masukkan dalam freeze setelah Anda campurkan dengan bahan tambahan.

Cara Membuat es Krim dengan Mesin Es Krim

waralaba es krim dan yoghurt

Cara membuat es krim dengan mesin es krim sebenarnya sama saja dengan membuat es krim rumahan. Hanya saja, membuat es krim dengan mesin untuk menghasilkan es krim dalam jumlah yang banyak. Caranya setelah adonan selesai, Anda bisa membuat adonan mengembang baru setelah itu di masukkan ke dalam mesin es krim.

Apabila Anda ingin yang lebih praktis Anda bisa menggunakannya dengan ice cream powder kemasan yang dicampur dengan 3 liter air matang setelah itu dicampur rata dengan menggunakan pengocok telur atau mixer setelah larut dengan sempurna maka  adonan ice cream di didamkan hingga 15 menit sebelum dimasukkan ke dalam mesin es krim agar mengembang. Kemudian adonan dimasukkan ke dalam mesin dan kita jalankan hingga kurang lebih 20 menit sampai soft ice cream siap untuk dijual.

Cara Membuat Yoghurt Rumahan

Jika Anda belum memiliki modal untuk investasi mesin, Anda bisa mencoba Yoghurt dalam skala rumahan. Meski hanya skala rumahan pun, Yoghurt bisa dijalankan hingga ke dalam bisnis waralaba. Begini caranya membuat yoghurt skala rumahan

  • Siapkan susu putih bisa berupa susu segar yang berasal dari perahan sapi atau juga bisa berasal dari susu kemasan. Meskipun dalam skala rumahan namun Anda juga harus memilih bahan bakunya. Karena kualitas dan harga yoghurt yang dihasilkan tergantung dari bahan bakunya.
  • Panaskan susu namun jangan sampai mendidih sambil terus diaduk. Kemudian uapkan air hingga menyisakan gumpalan.
  • Setelah itu proses fermentasinya dilakukan dengan mendiamkannya pada wadah tertutup selama kurang lebih 24 jam, usahakan berada dalam suhu ruangan dengan kisaran 40-50 derajat Celsius dan kedap udara agar bisa menghasilkan yoghurt dalam bentuk kental dengan keasaman yang maksimal.
  • Setelah itu jika ingin menambahkan rasa atau gula tinggal dimasukkan secukupnya.

Cara Membuat Yoghurt dengan Mesin pembuat yoghurt

waralaba eskim duhis

Membuat yoghurt dengan mesin sebenarnya sama dengan cara membuat yoghurt rumahan. Hanya saja kapasitas dalam membuat yoghurt untuk kapasitas yang lebih banyak selain itu membutuhkan susu cair dan yoghurt sebagai biangnya yang plain.

  1. Perbandingan susu cair dengan biang yoghurt adalah 10 banding 1
  2. Dengan kapasitas mesin bisa sampai 1,5 liter
  3. Kemudian masukkan susu cair dan yoghurt ke dalam wadah yang telah disediakan kemudian diaduk hingga rata.
  4. Setelah itu tutup dan masukkan ke dalam mesin yoghurtnya.

Sedikit catatan untuk mendapatkan yoghurt yang maksimal, ketika proses pembuatan yoghurt ada baiknya kebersihan alat-alat terjaga karena jika dalam proses pembuatan ada sedikit saja bakterinya maka akan menggagalkan proses pembuatan yoghurt. Bahkan bisa menumbuhkan jamur pada yoghurt.

  • Yoghurt pun tidak boleh terkena sinar matahari
  • Harus disimpan dalam suhu dingin namun tidak boleh menyimpannya dalam freezer karena bahan dasar yoghurt berupa susu bisa pecah.

Manfaat Yoghurt dan Es Krim

Selain enak, es krim dan yoghurt ternyata bermanfaat bagi tubuh apalagi jika dikonsumsinya secara rutin. Nilai konsumsi yoghurt ternyata tidak kalah dengan susu karena yoghurt sendiri bahan baku utamanya adalah susu yang difermentasikan. Yoghurt sendiri memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh susu antara lain

  • Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu yang ditandai dengan diare karena laktosa yang terkandung dalam susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi yoghurt.
  • Bila dikonsumsi secara rutin, yoghurt bahkan mampu menghambat kadar kolesterol darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasilus. Bakteri yang menghambat pembentukan kolesterol dalam darah yang biasanya berasal dari makanan yang kita makan misalnya jeroan atau daging.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri sehingga secara otomatis bisa menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita.

Tipe-Tipe Mesin Es Krim dan Yoghurt untuk Membuat Usaha Waralaba

Membeli mesin es krim tentunya memang tidak murah namun ini bisa dijadikan sebagai investasi apalagi es krim memang minuman yang banyak yang menyukai. Jadi jika ingin menginvestasikan mesin es krim sepertinya tidak akan sia-sia. Mesin es krim juga ternyata bisa digunakan untuk membuat yoghurt jadi jika Anda ingin berbisnis es krim Anda bisa sekalian berbisnis yoghurt juga.

Berikut tipe-tipe mesin es krim untuk membuat usaha waralaba es krim dan yoghurt

  • Mesin Popsicle PM-02

waralaba es krim dan yoghurt

Mesin es krim yang satu ini memang khusus digunakan untuk membuat es krim bentuk lolly atau lilin dalam kapasitas besar namun daya listriknya tetap irit. Sehingga bisa memproduksi es dengan harga yang murah dan menghasilkan es yang berkualitas tinggi namun tidak mudah mencair. Dengan mesin ini maka es yang dibuat tidak mudah mencair dan lebih higienis. Selain itu mesin ini memiliki refrigerator yang minim getaran sehingga tidak berisik.

Bisnis es loli lebih murah dibandingkan jika berbisnis es krim, karena bahan baku es krim loli lebih sederhana dibandingkan jika membuat es krim. Anda juga bisa memanfaatkan mesin es loli untuk mencetak yoghurt yang telah Anda buat.

  • Mesin Popsicle PM 01

waralaba es krim danyoghurt

Mesin ini menjual es krim yang terjangkau dan paling lengkap.  Mesin ini mampu membuat es krim bentuk lilin yang setara dengan buatan pabrik besar. Dengan menggunakan garam (NACL) atau food grade glicol etilen  Anda bisa menghasilkan es lilin dalam waktu 15-20 menit saja.

  • Mesin Es Krim Pan untuk Es Krim Roll atau Es Krim Goreng

Anda pasti kenal dengan es krim goreng yakni es krim yang memili lapisan kulit roti yang renyah di bagian luar namun dingin dan lumer di bagian dalam. Mesin ini menggunakan teknologi fast cooling yakni membuat es krim lebih cepat dingin di bawah suhu 0 derajat Celsius.

Mesin ini juga memiliki nampan penggorengan yang terbuat dari bahan stainless berpendingin sehingga bisa mencegah es krim yang digoreng overheat yang bisa mengakibatkan kerusakan. Mesin ini juga dilengkapi dengan fitur roller atau roda sehingga sangat mudah untuk dipindahkan  dan membuat Anda bisa mobile dalam berjualan es krim.

Mesin yang mampu memproduksi es krim dalam kapasitas 20 liter per jam ini Sayangnya mesin es krim yang satu in tidak bisa digunakan untuk membuat yoghurt. Namun jika Anda berbisnis ini sepertinya akan menguntungkan karena banyak peminatnya apalagi  Es krim goreng atau es krim rol kini sedang populer di Indonesia

  • Hard Ice Cream Machine

Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa mesin es krim ini akan menghasilkan jenis es krim yang hard. Mesin ini memang menghasilkan es krim yang tak selembut soft es krim. Meski begitu hard es krim menduduki peringkat teratas. Sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan.

Untuk menggunakan mesin ini mudah cukup dengan memasukkan adonan es krim yang telah mengembangkan ke dalam mesin es krim kemudian tunggu hingga sekitar 20-25 menit maka hard es krim akan jadi.  Mesin mampu menghasilkan es krim 25liter per jamnya.

  • Soft Ice Cream Machine

Anda pasti tahu es krim cone bukan?  Salah satu es krim yang memiliki kelembutan dalam krimnya. Mesin yang satu ini menjadi pilihan favorit para pengusaha mesin ini juga biasa digunakan di kafe-kafe atau  franchise ternama seperti MC Donald, KFC, Pizza Hut dan lain-lain. Mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat yoghurt dengan kelembutan yang maksimal.

Mesin ini memiliki beraneka jenis ada mesin yang memiliki satu keran untuk satu rasa, dua keran untuk dua rasa bahkan tiga keran untuk tiga rasa.  Selain itu ada dua tipe yaitu table type dan floor type.

Tips Membuat Usaha Waralaba Es Krim dan Yoghurt dengan Mesin Es Krim

Bagi Anda yang sudah mengembangkan bisnis es krim dan yoghurt sendiri. Bukan berarti Anda tak bisa membuka cabangnya. Anda justru bisa membuat mitranya sendiri dengan membuka waralaba es krim dan yoghurt.

Dengan membuat waralaba es krim dan yoghurt usaha Anda justru lebih cepat promosinya. Jadi jangan ragu untuk membuak usaha waralabanya.

Biasanya waralaba es krim bentuk Loly atau lilin harga paket waralabanya mencapai Rp 6 juta hingga Rp 9juta. Sementara untuk hard Ice cream harganya bisa mulai Rp 5j utaan. Sementara untuk  ice cone lebih mahal karena harga mesinnya yang memang lebih mahal dibandingkan jika menggunakan hard mesin atau mesin es lilin. Sementara untuk waralaba yoghurt bisa dimulai dengan modal  lebih murah Rp 4 juta.

Bagaimana Apakah Anda tertarik untuk membuka usaha waralaba es krim dan yoghurt?

LEAVE A REPLY