Fungsi dan Manfaat Mesin Es Batu Untuk Usaha Kuliner

Bagi dunia kuliner mesin es batu tak bisa ditinggalkan. Karena mesin ini mampu mencetak kebutuhan es batu dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat dibandingkan jika mencetaknya dalam lemari es atau kulkas. Maklum karena es batu memang sangat dibutuhkan dalam dunia kuliner minuman ringan.

Mesin ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan mesin chiler atau mesin pendingin.  Namun mesin es batu ini memiliki perbedaan fungsional yakni bisa menjaga cetakan es dalam bentuk es kristal yang dibentuk oleh air.

Mesin es batu ini pun bisa menjaga cetakan es kristal bisa bertahan sempurna dalam jangka waktu yang lama. Sehingga mesin bisa menjamin stok es batu Anda dalam suhu yang normal dan tanpa bunga es serta dapat langsung disajikan kepada konsumen. Biasanya mesin yang menghasilkan es kristal ini biasa digunakan oleh restaurant fast food seperti KFC, MC Donald, Pizza Hut dan lain-lain.

Melihat Peluang Usaha Es Batu

Memiliki mesin es batu kristal ini menjadi peluang yang cukup bagus dengan menjual es batu. Apalagi saat ini usaha franchise makanan dan minuman di Indonesia semakin berkembang membuat permintaan es batu semakin meningkat.  Misalnya franchise pop ice, juice, es kopi, bubble drink dan lain-lain.

Karena es batu yang tercetak sudah dalam bentuk kecil-kecil sehingga tinggal memasukkannya ke dalam gelas tanpa perlu repot memecah es batu yang berbentuk besar kemudian dimasukkan ke dalam gelas.

Jika Anda tak tertarik membuka usaha minuman, Anda bisa mencobanya dengan membuka usaha es kristal saja. Anda bisa mulai membidik usaha-usaha kecil di sekitar Anda seperti usaha rumahan atau kafe yang baru membuka usaha yang biasanya belum memiliki modal untuk membeli mesin es batu.

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Es Batu?

Sebenarnya cara kerja mesin ini serupa seperti freezer yang terdapat dalam lemari es yakni bisa mengubah air dengan menggunakan metode air diam yang ditaruh di tempat es. Kemudian mesin es batu ini yang akan menggunakan metode air mengalir yang dialirkan melalui pipa-pipa stainless untuk membentuk es batu.

Dengan menggunakan metode air melalui pipa-pipa stainless maka akan membentuk es batu yang kemudian menempel pada dinding pipa sehingga membentuk es tabung pada lubang yang pada bagian tengahnya akan membentuk es yang akan dihasilkan dalam beberapa menit air

Cara menggunakan mesin es batu ini tentunya tidak sulit yakni dengan cara mengalirkan air ke dalam saluran khusus mesin kemudian nyalakan mesin lalu atur ketebalan es sesuai dengan keinginan.

Keunggulan Mesin Es Batu Menghasilkan Es Batu dalam Jumlah Banyak Tetapi Tetap Hemat Listrik

  • Mesin yang dikenal dengan nama ice tube ini memiliki keunggulan yakni mesin ini sangat user friendly, secara spesifikasi mesin ini pun cukup rendah dan tidak membutuhkan tenaga listrik yang besar  sehingga mempunyai keuntungan untuk usaha resto yang masih dalam skala kecil.
  • Kapasitas mesin es batu terkecil bisa membuat es batu hingga 20 kg per hari namun jika menggunakan lemari es maksimalnya hanya 7 kg. Sehingga mesin ini memang sangat membantu bisnis minuman dingin Anda. Apalagi daya listriknya lebih hemat dibandingkan jika menggunakan kulkas.
  • Mesin ini juga full otomatis sehingga Anda bisa mengerjakan hal yang bersamaan sambil mencetak es batu.
  • Mesin ini juga bahannya full stainless sehingga awet dan tidak mudah karatan. Juga tidak akan meninggalkan bekas warna jika dibandingkan dengan mesin yang terbuat dari kuningan.
  • Menghasilkan es batu yang higienis dibandingkan jika menggunakan es batu konvensional karena mesti melalu proses pemecahan es batu.
  • Mesin ini sudah diakui di dunia internasional karena sesuai dengan standar ISO restaurant.

Bentuk Es Batu Unik

Jika menggunakan es batu biasa maka bentuknya tak beraturan ada yang besar ada yang kecil sehingga jika terlalu besar maka akan sulit masuk ke dalam gelas sementara jika ukurannya terlalu kecil maka akan cepat mencair.

Namun berbeda jika menggunakan mesin es batu maka akan menghasilkan es batu yang tidak mudah mencair dan tanpa disertai dengan bunga es sehingga murni es batu yang bisa langsung digunakan untuk mendinginkan minuman. Selain itu bentuknya yang unik seperti tabung yang di tengahnya ada lubang membuat es batu terkesan unik dan menawan ketika disajikan di minuman.

Karena bentuknya yang unik sehingga bisa meningkatkan harga minuman Anda di pasaran. Dan sangat cocok jika disajikan untuk minuman hotel dan restaurant menengah ke atas.

Untuk Menghasilkan Es kristal Sesuai yang Keinginan Maka Ikuti Tips Berikut Ini

·         Menggunakan suhu air yang digunakan 10 derajat Celcius dan tempatkan mesin pada ruangan dengan suhu sekitar 20 derajat celsius.

·         Karena kapasitas Bin atau storage terbatas maka ketika bin atau storage penuh maka otomatis mesin akan mati karena itu pindahkan segera es yang sudah jadi ke tempat lain sehingga mesin es bisa terus berproduksi.

·         Jika perlakuan di atas tidak dilakukan maka kapasitas mesin akan berkurang.

Jenis-Jenis Mesin Es Batu

Mesin Es Batu Model ZB-300A

Mesin Es Batu

Mesin Es Batu

Mesin ini mampu memproduksi es batu kristal hingga kapasitas 150 kg per harinya. Mesin ini memiliki storage capasity 100 kg sementara energi yang digunakan cukup rendah yakni 750 Watt.  Mesin ini memiliki berat 70 kg, sementara ukurannya 64x90x170cm. Mesin ini sangat cepat menghasilkan es yakni dalam waktu 15 menit saja sudah mampu menghasilkan es kristal.

Mesin Es Batu ZB80A

 

Mesin ini bisa ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan mesin es model ZB-300A. Karena ukurannya lebih kecil sehingga mesin ini per harinya hanya bisa memproduksi 40kg es batu kristal.

Mesin ini capacity storagenya juga hanya 25kg. Sementara beratnya juga hanya 50 kg namun mampu menghasilkan es batu 15 menit. Mesin ini kisaran harganya sekitar Rp 9.000.000. Mesin ini terbuat dari full stainless sehingga tahan karat dan awet dibandingkan jika menggunakan bahan non stainless seperti aluminium atau kuningan.

Cara Memilih Mesin Es Batu Sesuai dengan Kebutuhan

Jika Anda tertarik untuk membukan usaha yang menggunakan es kristal sebaiknya Anda memilih mesin es batu yang sesuai dengan kebutuhan. Karena mesin ini harganya cukup mahal sehingga harus dijaga untuk investasi jangka panjang.

Apalagi saat ini semua mesin es banyak beredar di pasaran dan hampir memiliki fungsi yang sama. Sehingga sebelum Anda membeli harus benar-benar jeli sehingga tidak salah pilih. Apalagi bagi Anda seorang pemula jangan sampai membeli mesin mahal namun kualitasnya yang sesuai.

 

SHARE
20 tahun menjadi suplier mesin-mesin makanan dan kemasan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segment UKM. Dapatkan mesin dan kemasan untuk Usaha Makanan Anda. Pemesanan dan konsultasi : Hunting: 021 623 20 700 Email: jakarta@wiratech.co.id

LEAVE A REPLY