Menuju Koperasi Modern, Kuat, Sehat, Sejahtera dan Mandiri

Sepertinya memang diperlukan reformasi Koperasi baik dalam cara pandang maupun dalam pengelolaan koperasi secara baik dan benar. Selain untuk melaksanakan hal tersebut memang dibutuhkan langkah yang terencana baik konseptual dan berkesinambungan untuk mewujudkan kemandirian dalam koperasi.

Hal tersebut merupakan sambutan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam dalam sambutannya saat membuka pameran Koperasi dan UKM dalam rangka Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-69 tingkat Propinsi Banten dan Kabupaten Tangerang, Sabtu (24/9/2016) di Lapangan Mardi Gress Citra raya, Kabupaten Tangerang ini mengambil tema “Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari”.

Agus pun mengatakan untuk mencapai reformasi total Koperasi itu, dilakukan tiga upaya yaitu rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan usaha. Gerakan reformasi total Koperasi ini memang dilakukan dalam rangka menuju Koperasi yang semakin kuat, sehat, sejahtera dan mandiri. Saya harap tidak ada lagi koperasi yang tidak menggunakan IT, tidak melakukan pelatihan dan tidak menggunakan manajemen modern.

Oleh karena itu ia terus mendorong terwujudnya koperasi yang sehat dan berkinerja baik, sehingga koperasi di Banten bisa menjadi penyalur KUR. Selain Agus meminta perlu juga didata koperasi sektor riil khususnya yang berorientasi ekspor, padat karya dan memanfaatkan digital ekonomi. Di akhir acara, Agus Muharam juga menyempatkan melakukan peninjauan stand koperasi dan UKM pada Koperasi Fair tersebut.

Wakil Ketua Umum Dekopin Idris Laena saat membacakan pidato tertulis Ketua Umum Dekopin pun mengatakan, Peringatan Hari Koperasi ini diharapkan akan dapat membuat masyarakat semakin bersemangat untuk berkoperasi dalam rangka kemandirian ekonomi, oleh karena itu mari kita dorong Koperasi untuk menjadi lebih besar lagi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu Dekopin memohon kepada Gubernur, Walikota dan Bupati se Provinsi Banten untuk memperkuat Koperasi memang harus memiliki tekad yang kuat untuk koperasi yang berkualitas menuju perekonomian yang berdikari.

Asisten Daerah Propinsi Banten bidang Ekonomi dan Kesra Neng Nurcahyati mengatakan Pemprov Propinsi Banten mengapresiasi dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya peringatan Harkop tingkat provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang ini. Kepada para penggerak dan pelaku Koperasi dan UKM Propinsi Banten, agar terus melakukan penguatan terhadap Koperasi dan UKM.

Sebelum pameran dibuka, diadakan jalan sehat yang diikuti oleh Dekopinda se-Propinsi Banten, Dekopinwil Propinsi Banten, para SKPD Propinsi Banten, para penggerak dan pelaku Koperasi dan UKM se-Propinsi Banten dan lain-lain.

 

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY