Apakah Mengubah Kemasan Mempengaruhi Tingkat Penjualan ?

Mungkin banyak pelaku usaha UKM yang beranggapan bahwa kemasan tidak boleh diganti-ganti karena ini akan mempengaruhi nilai dan penjualan produk. Belum tentu, selama Anda tidak mengubah kapasitas kemasan dan tidak mengurangi kemudahan serta fungsi utama kemasan itu sendiri maka sah-sah saja.

Apa lagi jika desain kemasan yang Anda buat lebih menarik ketimbang kemasan sebelumnya. Wah.. ini bisa jadi cara pemasaran yang efektif dan ampuh untuk meningkatkan penjualan produk milik Anda. Karena pada dasarnya konsumen menilai kemasan terlebih dahulu sebelum mencoba produknya. Maka bila tampilan kemasan yang Anda perbarui lebih membuat mereka terkesan pasti akan dibeli biarpun harganya mahal.

Meskipun begitu, tentu Anda masih perlu mencocokan dengan pasar yang menjadi target awal Anda. Jangan sampai konsumen yang sudah percaya dengan kualitas Anda malah hilang dan beralih ke produk dari brand lainnya karena perubahan kemasan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Lalu bagaimana dong?

Nah, selain Anda harus mempertahankan fungsi kemasan dan juga kapasitasnya, Anda juga harus tetap mempertahankan keinginan pelanggan. Misalnya konsumen tentu akan merasa tidak puas jika setelah kemasan diubah harga juga jadi ikut naik. Maka solusinya adalah tetap buat kemasan dengan budget yang sama namun diperbagus saja kemasannya. Tetapi ini bukan berarti Anda tidak bisa menaikan harganya, boleh saja, tapi kami sarankan tidak terlalu mahal dari harga sebelumnya.

Keuntungan mengubah kemasan

Setiap perubahan pasti ada sesuatu yang baru, jika Anda mengubah kemasan tentu saja Anda bisa meraih konsumen yang baru. Dengan begitu, pelanggan lama tetap setia, kini mulai muncul konsumen baru yang berhasil Anda dapatkan berkat mengubah kemasan lebih menarik. Apa lagi ditambah dengan harga yang bersaing akan menambah nilai plus untuk produk Anda. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa mengupgrade tampilan produk sehingga lebih mudah diingat oleh konsumen.

Kadang kala banyak produsen yang kurang yakin dengan hal ini karena kebanyakan pelaku usaha berfikir kemasan pertama lebih mudah diingat. Anda salah! Tidak kenal, maka tidak sayang! Untuk itu, diperlukan promosi untuk memperkenalkan kemasan baru Anda. Lakukan promosi yang akan dengan mudah diingat oleh konsumen. Dengan tampilan kemasan baru yang menarik ditambah promosi, produk Anda akan dengan mudah diingat kembali oleh konsumen.

Bagaimana Anda ingin mencobanya? Kesimpulannya adalah bila Anda sudah siap, artinya jika orderan produk Anda sudah cukup banyak dan ingin mengubah kemasan boleh saja. Malah sangat dianjurkan untuk meningkatkan target pasar Anda. Namun tetap pertahankan kapasitas kemasan, kenyamanan, dan ketahanan kemasan itu sendiri dan tak kalah penting adalah harganya. Jangan sampai dengan mengubah kemasan malah membawa bencana untuk kelancaran usaha Anda. Selamat mencoba!!

SHARE
20 tahun menjadi suplier mesin-mesin makanan dan kemasan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segment UKM. Dapatkan mesin dan kemasan untuk Usaha Makanan Anda. Pemesanan dan konsultasi : Hunting: 021 623 20 700 Email: jakarta@wiratech.co.id

LEAVE A REPLY