Mengapa UKM Harus Mengikuti Kursus Online

Internet saat ini penuh dengan berbagai konten seperti meme, video-video lucu, artikel berita terbaru dan sebagainya. Sebagai pengusaha yang cerdas, sahabat UKM harus bisa memilih konten-konten mana yang sesuai dengan usaha Anda.

Kursus online merupakan salah satu konten internet yang sebaiknya anda coba. Pelaku UKM sebaiknya terus belajar untuk menambah pengetahuannya dalam menjalankan perusahaannya. Banyak kok kursus online gratis yang berguna untuk meningkatkan kualitas bisnis anda.

Pentingnya kursus online untuk UKM

Tahukah Anda bahwa 80% pengusaha yang tidak meningkatkan pengetahuannya tentang pendidikan management dan organisasi perusahaan terkini hanya menikmati 25% perputaran uang di indonesia. Berarti hanya 20% pengusaha saja yang menikmati 75% perputaran uang karena memang mereka mengetahui caranya. Data dari depkop.go.id ini sangatlah menarik. Ini menunjukkan bahwa, selain dari pengalaman berbisnis, pengetahuan bisnis juga perlu untuk meningkatkan pendapatan perusahaan Anda.

Pengetahuan tentang bisnis memang bisa didapatkan dari buku-buku bisnis terkenal yang dijual di toko-toko buku. Namun dibutuhkan konsistensi dan penalaran yang baik dalam membaca buku- buku ini. Sebaiknya anda tidak hanya membaca bukunya saja, tetapi juga berdiskusi dengan orang lain tentang buku tersebut. Agar penalaran anda lebih terbuka dan luas terhadap ilmu baru.

Namun bagaimana bila belum tau buku apa yang bagus untuk anda? Tidak tahu dengan siapa untuk berdiskusi soal bisnis? Waktu dan jadwal anda sudah cukup padat? Solusinya adalah kursus online atau online course.

Materi lengkap dan tersusun

Dalam kursus online, materi yang diajarkan sudah disesuaikan dengan topik yang akan disampaikan. Dibagi atas beberapa materi mulai tingkat paling dasar hingga mahir. Selain itu karena kursus ini berbasis online, materinya tidak hanya berupa tulisan. Ada pengetahuan yang disampaikan dengan rekaman suara atau bahkan video. Sistem diskusinya juga lebih fleksibel karena bisa menggunakan aplikasi chat atau bahkan video confrence.

Jadwal yang fleksibel

Biasanya untuk kursus di kelas, anda harus menyesuaikan jadwal dengan kelas yang akan diikuti. Berbeda dengan online course, anda bisa mengikutinya kapan saja asalkan masih sesuai dengan rentang waktu kelas dibuka. Anda bisa mengikutinya malam hari di rumah setelah anda pulang. Atau anda ingin mengikutinya sambil sarapan pagi sebelum berangkat. Semuanya terserah anda, tinggal disesuaikan dengan jadwal anda.

Diskusi dengan rentang waktu yang panjang

Beberapa kursus online menyediakan forum diskusi untuk membicarakan kasus-kasus yang dihadapi oleh sesama peserta. Forum online ini rentang waktu diskusinya lebih fleksibel dibandingkan diskusi di kelas. Terkadang jika setelah diskusi di kelas, baru muncul pertanyaan-pertanyaan baru tetapi karena diskusinya sudah lama selesai pertanyaan itu tidak terjawab. Anda tidak akan mengalami itu di forum diskusi kursus online.

Saatnya menjadi bagian dari 20% pengusaha sukses Indonesia

Seperti yang sudah dibahas tadi, ada 20% pengusaha yang menikmati 75% perputaran uang di Indonesia. Golongan pengusaha ini mengetahui sistem managemant dan organisasi bisnis terbaru. Mereka menjalankan bisnisnya dengan pengetahuan-pengetahuan terbaru soal bisnis, bukan hanya pendidikan formal dasar saja. Perkembangan ilmu bisnis saat ini sangat pesat seperti digital marketing, service industry, disruption method, startup era, dan lain-lain. Ilmu-ilmu ini belum masuk dan berkembang di Universitas atau sekolah-sekolah formal di Indonesia. Namun ilmu tersebut sudah banyak yang mengajarkannya di seminar dan kursus online. Sebelum terlambat, cepatlah ambil keputusan. Ikutilah kursus online untuk meningkatkan pengetahuan anda dalam berbisnis.

 

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY