Memanfaatkan Internet sebagai Media untuk Menembus Pasar Luar Negeri

Internet merupakan sebuah jaringan komputer dunia, yang tidak mengenal batas antar negara. Keberadaannya tentu saja membawa banyak perubahan bagi manusia, tak terkecuali untuk urusan bisnis.

Dengan adanya internet, sudah pasti manusia tak lagi mengenal batasan. Dengan mudah kita bisa menjalin komunikasi dengan orang lain di negara lain, bahkan bukan hal sulit untuk menawarkan produk atau jasa kepada para calon konsumen di luar negeri.

Strategi Menembus Pasar Luar Negeri Melalui Internet

Tapi sekalipun internet telah mendobrak batasan, nyatanya masih banyak pengusaha di Indonesia yang kebingungan untuk mengembangkan market bisnisnya. Lebih-lebih bila mau ekspor ke luar negeri. Padahal, bila produk sudah berhasil tersebar hampir di seluruh Indonesia, maka langkah tepat selanjutnya adalah membuka pasar ke luar negeri dengan memanfaatkan keberadaan internet.

Bagaimana strateginya? Mari simak penjelasannya.

Memiliki Website yang Sesuai Standar Internasional

Memiliki situs web adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk menembus ekspor via internet. Melalui situs web inilah calon pembeli mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai siapa Anda, barang apa saja yang diproduksi, berapa besar kapasitas produksi, bagaimana kualitas barang, serta informasi pendukung lainnya.

Bila sudah bicara internasional, maka Anda harus meningkatkan kualitas dalam segala aspek pada bisnis Anda. Termasuk keberadaan website. Karena itu disarankan bagi Anda untuk memiliki dua website bila memang ingin merambah market luar negeri. Tujuannya, yang satu memang khusus lokal, sedangkan satu lagi khusus dunia. Artinya, mulai dari tampilan, bahasa, informasi dan tampilan memang harus disesuaikan dengan standar pasar internasional.

Search Engine Friendly dan Menarget Keyword yang Tepat

Pengguna internet memiliki perilaku khusus dalam hal mencari informasi  produk. Mereka tidak terlalu suka langsung masuk ke situs web sebuah perusahaan dan mencari informasi produknya di sana. Oleh sebab itu,  Anda tak boleh menyepelekan keyword. Karena dengan adanya keyword, kesempatan website Anda berada di halaman pertama mesin pencari akan semakin lebar.

Statistik dari berbagai lembaga riset menunjukkan, sekitar  68% pengguna Internet mencari informasi produk melalui mesin pencarian. Oleh karena itu, wajib hukumnya memiliki situs web yang search engine friendly.

Manfaatkan Fitur Ads pada Google dan Facebook

Google Ads dan Facebook Ads merupakan dua di antara banyaknya fitur beriklan di internet yang paling direkomendasikan. Itu karena Google Ads bisa dengan tepat menyesuaikan iklan Anda tayang di tempat yang tepat. Sehingga dapat menjangkau konsumen yang tepat juga.

Sementara Facebook masih menjadi media sosial yang paling digandrungi oleh manusia di jagad raya. Karena itu, memanfaatkan Facebook Ads tentu akan sangat menguntungkan. Apalagi, untuk beriklan di Facebook Ads pun tak tergolong mahal, bahkan bisa menyesuaikan budget.

Bergabung dalam Jaringan Pasar Online Dunia

Anda bisa masuk ke jaringan pasar online dunia dengan memanfaatkan keberadaan e-marketplace internasional seperti eBay, Alibaba, atau Globalsources dan sebagainya sesuai jenis produk yang akan dipasarkan keluar negeri.

Situs-situs tersebut berperan besar dalam mempertemukan antara produsen dan importir dari seluruh dunia. Meski tingkat persaingannya tergolong ketat, tapi banyak sekali pebisnis yang bisa menemukan importir kelas kakap. Sehingga nilai transaksinya juga sangat besar.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa bergabung dalam social networking skala internasional. Situs social networking terbesar saat ini adalah Linkedin. Disinilah para importir dan eksportir dapat saling berkomunikasi untuk menjalin hubungan kerja sama bisnis terutama kegiatan ekspor impor antar negara.

Itu dia beberapa strategi atau teknik khusus menggunakan internet sebagi media membuka peluang bisnis ekspor. Jika Anda berhasil menembus pasar ekspor hanya melalui Internet, maka margin usaha yang didapat juga akan tinggi. Mengingat salah satu biaya terbesar eksportir adalah biaya promosi roadshow di luar negeri.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here