Marketplace Properti Tempat Usaha Ini, Membantu UKM Temukan Lokasi Usaha Strategis

situs properti tempat usaha

Situs yang menawarkan jasa informasi jual beli properti, termasuk situs marketplace properti tempat usaha sudah mulai banyak bermunculan di Indonesia. Perkembangan ini didasari dari semakin menggeliatnya bisnis properti di Indonesia. Pesatnya pertumbuhan bsinis properti ini sejalan dengan perekonomian dalam negeri yang kiat meningkat.

Dilansir dari tribunnews.com ditahun 2017 dikabarkan bisnis properti akan kian dipermudah dengan adanya pemangkasan biaya Pajak Penghasilan (PPh) untuk pembelian rumah/properti dari 5 persen menjadi 2.5 persen. Kebijakan ini tertuang dalam PP Nomor 34 Tahun 2016 tentang PPh atas Penghasilan dari Pengalihan Hak atas Tanah atau Bangunan. Tentunya ini jadi peluang yang bagus dimanfaatkan oleh para penyedia situs iklan berbaris properti.

Dengan hadirnya startup-startup ini tentunya tidak hanya menjadi solusi bagi orang-orang yang berniat mencari hunian impian saja, namun juga untuk pelaku usaha. Sebab selain rumah, melalui layanan yang telah diluncurkan itu pengguna juga bisa mencari toko maupun ruko untuk bisnis mereka. Berkaitan dengan hal tersebut, inilah 7 startup yang menghadirkan informasi dan listing properti untuk pengusaha.

Lifull Rumah

Situs informasi jual-beli properti ini dibesut oleh PT. Lifull Media Indonesia, yang tak lain adalah perusahaan yang bergerak pada layanan informasi real estate dan listing properti yang awalnya berbasis di Jepang. Di Lifull Rumah menyediakan informasi yang berisi ragam konten seperti info menengai jual-beli rumah, apartemen, tanah dan pilihan pencarian sewa kios, rumah, apartemen, ruko hingga sewa tanah sekalipun. Situs pencarian properti ini dibuat lebih user friendly, di mana di tampilan halaman pengguna langsung dihadapkan dengan pilihan fitur pencarian properti. Di dalam kolom pencarian pengguna bisa memasukan kategori dan keyword yang diinginkan. Selain itu, pengguna dapat dengan segera memperoleh informasi yang diinginkan.

Tidak hanya dengan memasukan keyword dan kategori properti, pengguna juga dapat melakukan pencarian berdasarkan lokasi provinsi yang diinginkan dan memilih pencarian properti yang dijual atau yang disewa. Dengan begitu hasil penceraian bisa lebih spesifik sesuai dengan informasi properti yang pengguna inginkan. Untuk mempermudah penggunanya lagi, Lifull Rumah memberikan sistem pencarian yang lebih detail, yaitu pencarian properti berdasarkan Universitas terdekat dan juga pencarian properti berdasarkan 50 kriteria popular di Indonesia.

UrbanIndo

Webiste jual-beli properti yang satu ini sudah berpengalaman selama 6 tahun dalam membantu para pencari properti untuk menemukan properti impian mereka. Bahkan UrbanIndo mengklaim  bahwa mereka lah satu-satunya situs properti online yang mengkombinasikan ratusan ribu listing properti di Indonesia dengan data pasar dan informasi lokal. Fitur-fitur yang dihadirkan oleh situs ini bisa dibilang sangat terorganisir. Saat pengguna masuk pada halaman utama UrbanIndo, pengguna langsung dihadapkan dengan alat pencarian pintar yang dapat memudahkan Anda mencari properti baik rumah, toko maupun ruko dengan hanya memasukan keyword.

Tidak hanya itu, layanan ini juga diperlengkap dengan fitur lain seperti pencarian berdasarkan proyek nusantara, pencarian rekomendasi, analisis wilayah, layanan asisten untuk membantu Anda menemukan properti yang sesuai, kalkulator KPR, informasi pembiayaan. Fitur pembiaayan ini disebut juga dengan UrbanIndo finance, di mana ini adalah layanan KPR online yang dikumpulkan oleh UrbanIndo.com. Manfaatnya untuk membantu masyarakat mendapatkan solusi tepat dalam mengatasi masalah pembiayaan properti yang sering kali jadi kendala masyarakat. Ada 3 layanan baru yang diberikan dalam fitur tersebut, yaitu KPR Take Over, Kredit Multiguna, dan KPR Baru.

KPR Take Over bisa membantu apabila pencari mengambil pinjaman KPR di bank baru, maka bunga per bulan yang biasa Anda bayar akan disesuaikan dengan mengikuti kalkulasi bunga di bank tersebut. Kredit multiguna untuk membantu pencari properti mendapatkan dana pinjaman dengan jaminan rumah yang dimiliki. Nominal pinjaman yang diberikan disesuaikan dengan taksiran rumah yang Anda jaminkan. Dengan layanan ini UrbanIndo akan membatu mencarikan bank dengan tawaran pinjaman yang menarik. Sementara KPR Baru, untuk bantuan kredit pembelian rumah dari bank atau lembaga pendanaan bagi pemgguna yang belum sama sekali melakukan pinjaman kredit.

Untuk mempermudah penggunannya, UrbanIndo tidak hanya bisa diakses di desktop saja, melainkan juga bisa dibuka melalui smartphone Android. Aplikasi mobile ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna.

Rumah123

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2007 lalu, Rumah123 sudah membantu lebih dari puluhan ribu masyarakat untuk menemukan properti idaman. Dengan menyediakan database listing properti yang terbesar dan paling up-to-date Rumah123 dapat menjadi solusi bagi pengusaha yang ingin membeli atau sewa tempat usaha.

Rumah 123 memiliki fitur yang lengkap serta atraktif. Saat pengguna membuka tampilan halaman pengguna cukup memasukan keyword di kolom pencarian atau bisa ke bar menu dan pilih kategori pencarian yang ingin Anda lakukan. Di sini tersedia lebih dari 30.000 listing properti dari 6.000 agen yang sudah bergabung dengan Rumah123. Fitur lain yang ditawarakan Rumah 123 adalah news alert, email alert, listing terpopuler dan masih banyak lainnya.

Selain rumah, pengunjung bisa mencari berbagai properti seperti apartemen, ruko, tanah, kantor bahkan gudang dan pabrik yang ada di seluruh wilayah di Indonesia. berkantor pusat di Jakarta, Rumah123 menjangkau sebagian besar wilayah di Indonesia dengan memiliki perwakilan di beberapa kota besar, seperti di Surabaya, Bandung, Bali, Smearang, Yogyakarta, Balikpapan dan Makassar. Kelebihan lain dari situs jual beli properti ini sudah terdaftar di Bursa Efek Australia di bawah naungan iProperty Group yang merupakan perusahaan yang mengelola situs-situs properti terbaik di Malaysia, Singapura, Hongkong, Macau, India, dan Filipina.

Untuk mempermudah pengguna mencari properti yang diinginkan, Rumah123 juga dilengkapi dengan fasilitas situs versi mobile dan mobile apps yang dapat di unduh dan tersedia untuk sluruh smartphone berbasis Android, iOs maupun Blackberry.

Rumah.com

Situs informasi properti ini pertama kali diluncurkan pada 2007 dan diakusisi oleh grup PropertyGuru pada tahun 2011. Pada awal peluncuran sampai saat ini, Rumah.com mengklaim bahwa situsnya sudah dikunjungi oleh lebih dari 3.4 juta internet user dan menyediakan kurang lebih 400.000 data properti dijual dan disewa melalui situs tersebut. Untuk mempermudah penggunannya, Rumah.com memberikan layanan-layanan yang berbeda dengan situs listing properti lainnya.

Salah satunya yang baru-baru ini diluncurkan adalah Rumah.com Property Index, yang merupakan solusi dari Rumah.com untuk membantu pengguna agar lebih mudah menemukan properti idaman. Melalui layanan ini pengguna bisa mendapatkan referensi harga yang wajar sesuai dengan sentiment pasar.

Property Index ini juga akan menguntungkan bagi para pengembang. Karena dari data tersebut, maka pengembang bisa mengambil keputusan untuk membangun. Begitu juga dengan para agen yang ingin menjual rumah. Dengan Index ini bisa digunakan sebagai acuan harga untuk menjual rumah bekas atau sudah pernah dihuni. Untuk mengakses layanan listing properti Rumah.com Anda bisa melalui desktop atau smartphone dengan mengunduh aplikasinya di Playstore dan Appstore.

Lamudi

Lamudi.co.id merupakan situs listing properti yang termasuk kedalam bagian Rocket Internet yang adalah online venture builder. Melalui situs ini para agen dan developer bisa mengiklankan properti baru dan mengelola inventaris hingga menerima pesan dari klien serta analisis performa. Sedangkan untuk pencari properti, Anda bisa melakukan pencarian properti mulai dari rumah, toko, ruko, tanah, apartemen hingga kantor. Sama seperti jasa jual-beli properti lainnya, Lamudi juga menawarkan layanan pengajuan KPR ke Bank BTN. Proses pengajuannya yang bisa dilakukan online menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Lamudi.

Bila pengguna ingin melakukan pengajuan KPR prosesnya cukup mudah. Setelah menemukan properti, pengguna diminta mengklik logo BTN atau menu Dapatkan KPR BTN. Setelah itu, akan tampil halaman Simulasi KPR Kovensional Bank BTN. Di sana pemohon KPR diminta mengisi kolom harga properti, uang muka, dan lama pinjaman kemudian pilih klik Hitung.

Setelah itu, akan tampil halaman simulasi pengajuan kredit konvensional, yang terdiri dari rincian berapa dana pinjaman yang akan diterima, biaya provisi, biaya notaris dan lain-lain. Saat di halaman simulasi pemohon akan diminta untuk mengisi kolom nama, nomor KTP, Kota, telpon, alamat e-mail, dan penghasilan per bulan. Selanjutnya permohonan pengajuan KPR akan diproses oleh Lamudi dan tim Lamudi akan memverifikasi data pengaju.

Rumah Dijual

RumahDijual.com salah satu website listing yang sering dikunjungi untuk mencari berbagai macam properti. Di akhir tahun 2015, situs yang dibangun oleh Yohanes Aristianto ini diakuisi oleh rumah.com dan menjadi salah satu bagian dari grup Property Guru. Gabungan antara Rumah.com dan juga Rumahdijual.com ini diklaim menjangkau lebih dari 5.5 juta pencari properti. dengan total kunjungan yang lebih dari 30 juta laman pada setiap bulannya. Di dalam situs listing properti ini juga disediakan kalkulator KPR yang bisa digunakan oleh pembeli untuk menghitung biaya angsuran KPR perbulannya.

Mimpi Properti

Startup ini menyediakan layanan jual-beli atau sewa berbagai macam properti seperti rumah, tanah, apertemen, ruko hingga kantor. Dengan konsep simple is better, Mimpi Properti menawarkan 3 layanan yang ditujukan bagi agen properti yaitu Subscription, standar listing dan premium listing. Premium listing sendiri adalah layanan untuk agen, developer atau penjual individu yang tidak bisa menggunakan internet atau tidak ada waktu untuk mengupload propertinya.

Jadi penjual akan dibantu pengambilan gambar dengan fotografer professional dan menguploadnya ke portal Mimpi Properti. Layanan ini dikenakan biaya tambahan, yaitu sekitar Rp 280 ribu untuk satu properti. Tidak hanya itu, pihak Mimpi Properti juga memberikan wadah diskusi untuk para pembeli baik secara online maupun offline. Secara offline, meraka membuat forum grup diskusi untuk memberikan edukasi dan pengajaran ke pada para calon pembeli dan penjual.

RumahKu

Situs listing properti yang baru diperkenalkan pada Februari 2011 juga bisa jadi tempat jual beli atau sewa berbagai properti di Indonesia seperti apartemen, rumah, tanah, dan toko. Tidak hanya menjadi platform pencarian properti, Rumahku.com juga memberikan fitur perbandingan bunga KPR bank dan tren harga rumah berdasarkan sejarah transaksi untuk dijadikan referensi bagi agen, developer, maupun pembeli.

Menariknya lagi Rumahku.com memiliki fitur yang cukup unik yaitu dapat menyimpan listing properti yang sudah lama diposting, tidak terbatasnya iklan properti untuk agen, dan laporan penjualan sehingga dapat memudahkan menghitung komisi untuk agen.

Untuk pembeli, Rumahku juga memberikan layanan ajukan KPR Bank BTN langsung melalui situs tersebut dengan memilih pilihan “Ajukan KPR BTN”. Bukan hanya online, Rumahku.com juga rutin mengadakan event pameran properti di beberpa mall di Indonesia. Di awal tahun 2015, Rumahku mengatakan situsnya sudah memiliki listing dari 300 pengembang di seluruh Indonesia yang beriklan.

LEAVE A REPLY