Online Store Ini Jadi Solusi Penyedia ATK Untuk Kebutuhan UKM dan Perusahaan

Dalam kegiatan bisnis, alat tulis kantor, komputer dan peralatan kantor lainnya sangat diperlukan demi memperlancar jalannya bisnis. Namun sayangnya saat membeli kebutuhan ini kita masih harus mencari dari toko ke toko untuk mendapatkan produk yang kita inginkan. Sebab masih sedikit toko yang lengkap menyediakan segala keperluan kantor. Selain melelahkan dan memakan banyak waktu, cara belanja seperti ini pun juga  memerlukan pengeluaran yang besar. Belum lagi proses pembeliannya yang rumit, permintaan persetujuan atasan dan pengiriman kebutuhan tersebut yang merepotkan.

Berkat adanya teknologi digital, bisa memudahkan hampir semua kegiatan bisnis. Bayangkan kalau dulu Anda perlu mencari tempat untuk usaha, kini Anda bisa buka lapak sendiri dengan memanfaatkan layanan jual beli online yang disebut dengan e-commerce. Tidak hanya menguntungkan bagi pelapak, hadirnya bisnis online ini juga menguntungkan pembeli karena mereka bisa mencari dan mendapatkan produk atau jasa dengan sangat mudah dan cepat.

Untuk itu lah, kini hadir e-commerce kebutuhan kantor yang menyasar pasar business to business atau B2B. Di mana dengan hadirnya marketplace ini dapat memudahkan penggunannya untuk mencari produsen atau supplier untuk memenuhi kebutuhan perkantoran usaha mereka. Untungnya lagi, hampir semua online shop ini dapat menjangkau customer di manapun lokasi bisnisnya berada jadi akan sangat membantu pelaku usaha.

Bizzy.co.id

Bizzy.co.id adalah platform online shop yang menyediakan berbagai produk dan jasa untuk perusahaan dalam segmen UKM maupun korporasi. Di bawah perusahaan Ardent Capital, portal yang baru diperkenalkan pada Juni 2015 ini dibangun dengan total investasi sebesar US$2.5 juta. Sejak pertama kali diluncurkan hingga sampai saat ini, Bizzy sudah mendapatkan begitu banyak apreasiasi dari para penggunannya.

Bahkan pada 3 kuartal pertama di tahun 2016 Bizzy Commerce Indonesia sudah mencetak lebih dari 4 kali lipat dibandingkan semester kedua 2015. Saat ini pun, sudah ada sekitar 600 pemasok yang menjadi mitra Bizzy. Di mana dari 600 pemasok tersebut sudah menyuplai produk kantor ke 1.300 pelanggan mulai dari UKM hingga korporasi.

Untuk total kategori produk, Bizzy menawarkan 14 kategori produk dan jasa mulai dari Office Supplies, Cleaning, Pantry, health, Furniture, Industrial & Tool, Automotive, Elektronik, Telpon, Gadget & Kamera, Komputer & Notebookm Server, Storage, Network, printer & scanner dan lain sebagainya.

Tidak hanya dimanfaatkan perusahaan besar saja, Bizzy juga ditujukan bagi perorangan seperti pengusaha yang membutuhkan stock produk peralatan kantor. Di sini pelanggan bisa mencari barang dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan pasar e-commerce biasa jika pembelian di atas 11 pcs.

Meskipun termasuk pemain baru, namun Bizzy telah dipercaya oleh klien-klien besar, sebut saja Tiket.com, Traveloka, hingga Dompet Dhuafa dan masih banyak lainnya. Bizzy memberikan solusi yang nyata bagi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. karena kini dengan Bizzy, pemberli dapat memanfaatkan one-stop service karena provider, manufacturer dan suppliernya langusung ditangani oleh Bizzy. Pengantarannya pun dapat dilakukan ke beberapa kantor cabang sekaligus.

Permintaan persetujuan atasan ketika membeli kebutuhan kantor pun dapat lebih jelas larena Bizzy membutuhkan approval process. misalnya dari General Assistant harus mendapat persetujuan Departement Manager dan Finance Manager.

AXIQoe.com

E-commerce yang berada di bawah payung perusahaan Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) ini, baru diluncurkan di tahun 2017 ini. AXIqoe sendiri merupakan online shop yang menawarkan perlengkapan perkantoran terlengkap di Indonesia yang ditujukan untuk perusahaan kecil maupun besar. Dalam situsnya AXIQoe memaparkan untuk menghadapi tingginya persaingan mereka menonjolkan layanan yang mengendepankan fitur serta manfaat yang dibutuhkan pelanggan B2B di AXIQoe.com, di antaranya yaitu:

– Trem of payment, ialah perusahaan yang bertransasksi melalui AXIQoe dapat melakukan pembayaran setelah barang diterima dengan jangka waktu tertentu:

– Approval, yakini persetujuan pembelian dari pihak yang berwenang melakukan pembelian sesuai otorisasi yang berlaku di peusahaannya, guna memastikan transasksi berjalan sesuai peraturan perusahaan;

– History, memudahkan pelanggan meninjau seluruh order yang telah dilakukan, sehingga dapat menlakukan analisa pembelian yang terjadi;

– Service level, yaitu pengiriman produk menggunakan jasa yang dikelola oleh Layan Gerak Xpress (LGX) AXI, sehingga dapat terjamin cepat, lengkap dan memuaskan pelanggan.

Di Axiqoe melayani dua jenis customer, yaitu customer B2B dan B2C. Perbedaan dari dua jenis ini sistem pembayaran yang dilakukan, untuk B2B melakukan metode pembayaraan dengan sistem term of payment (TOP). Sementara untuk customer B2C di AXIQoe.com, cutomer baru dapat melakukan pembayan apabila pembelian minimum sebesar Rp 200 ribu. Metode pembayarannya bisa menggunakan metode Cash on Delivery (CoD), Credit Card dan Bank Transfer.

Ada 5 Kategori produk dan 53 sub kategori yang tersedia di situs ini. Kelima kategori terebut antara lain yaitu electronic, office equipment, office supplies, grocery dan service. Saat ini, AXIQoe.com menjadi mitra LKPP (lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah) sebagai salah satu pemasok

Bhinneka Bisnis

Diluncurkan pada 2016 lalu, Bhineka mulai menggapai pasar e-commerce B2B dalam segmen pengadaan barang dan jasa untuk korporat dan enterprise. Sama seperti AXIQoe, Bhineka juga bekerja sama dengan LKPP sebagai salah satu pemasok dalam katalog e-procurement (pengadaan barang/jasa elektronik).

Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Bhineka, yakini harga yang kompetitif, syarat pembayaran yang fleksibel, grup yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, alur pembelian yang jelas, pengaturan batas pembelian yang sesuai dengan anggaran perusahaan dan sistem pelacakan barang yang efektif melalui order tracking.

Dengan menggunakan sistem yang sudah terintegrasi, Bhineka memberikan kemudahan dalam registrasi dengan verifikasi yang cepat dan mudah. Sehingga ini memungkinkan pelanggan untuk dapat mempersingkat waktu pemilihan vendor. Tidak hanya itu, Bhinneka juga menawarkan kategori katalog yang lengkap. Lebih dari 150.000 produk dan jasa yang bisa dipilih oleh customer, mulai dari alat kantor, elektronik, gadget, alat-alat komunikasi, komputer, laptop, server, peripheral dan produk dan jasa lainnya.

AnugrahPratama.com

Anugrah Pratama adalah perusahaan supplier barang-barang komputer yang sudah berdiri sejak tahun 1999. Perusahaan tersebut pun kemudian berkembang dan menysar dunia e-commerce dengan menghadirkan gerai jual beli peralatan kantor virtual pertama yang dikenal dengan anugrahpratama.com. Langkah pendirian ini menjadi salah satu upaya untuk memberikan keleluasaaan berlebih terhadap konsumennya  yang berada di seluruh Indonesia.

Menyusul pada tahun 2016, Anugrahpratama.com bekerjasama dengan LKPP (lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah) ke dalam sistem e-cataloge atau e-purchasing untuk mengakselerasi katalogisasi produk yang akan dibeli oleh pemerintah demi mendukung proses pengadaan barang dan jasa yang jauh lebih efektif, efisien dan transparan.

Anugrahpratama.com menawarkan berbagai kebutuhan kantor dan bisnis yang lengkap, mulai dari komputer, secutity system, point of sales, server, software, camera, networking dan lain sebagainya. Di sini tersedia 14 kategori dengan sub kategori yang beragam. Selain menjadi supplier barang-barang komputer, Anugrahpratama.com juga memberikan produk jasa yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Klik Office

klikoffice.com merupakan toko online yang menyediakan kebutuhan peralatan kantor. E-commerce ini berdiri di bawah naungan perusahaan Kogara Prima Media yang tak lain adalah distributor alat kantor dari merek ternama. Kurang lebih tersedia 5.000 produk pilihan di situs klikoffice.com ini. Produk-produk tersebut antara lain mesin pemotong kertas, mesin jilid, penghancur kertas, mesin hitung uang, brangkas, filling cabinet dan masih banyak lainnya. Dan untuk kenyamanan berbelanja, pada laman informasi situsnya klikoffice.com juga memberikan fasilitas cicilan 0% untuk semua produk dengan tenor cicilan hingga 12 bulan.

LEAVE A REPLY