Marketplace Kuliner; Channel Jualan Takjil dan Menu Sahur Saat Ramadhan

Saat bulan puasa pintu rejeki seakan terbuka lebar bagi seluruh umat manusia. Di bulan yang penuh berkah ini tidak hanya dimanfaatkan oleh umat muslim untuk mengumpulkan pahala dengan menuntaskan amalan ibadah selama satu bulan penuh, tapi juga dimanfaatkan oleh umat lain untuk memperoleh rezeki. Terlihat dari banyaknya usaha dadakan yang mulai bermunculan sebelum dan saat bulan puasa. Mulai dari bisnis kecil hingga bisa bisnis dengan modal besar sudah mulai meramaikan pasar sampai hari raya idul fitri.

Ambil contoh usaha dadakan kuliner yang menawarkan menu takjil yang manis untuk berbuka puasa. Usaha ini mulai berjamuran di berbagai wilayah di Indonesia. Di Jakarta pemandangan tukang jualan takjil di pinggir jalan pada sore hari mendekati jam buka puasa sudah sangat akrab di mata masyarakat. Agar keuntungan Anda bisa meningkat 3x lipat ada baiknya manfaatkanlah aplikasi digital untuk memperlancar jalannya bisnis Anda. Nah, bila Anda berniat atau mungkin sudah memulai usaha di bulan puasa ini namun ingin lebih praktis dan mudah mengelolanya, ini dia layanan digital yang bisa memperlancar bisnis Anda di bulan Ramadhan.

GoFood

GoFood adalah salah satu jasa yang diperkenalkan GoJek sebagai layanan listing restoran dan jasa pengataran makanan dari retoran atau tempat makan partner GoFood. Layanan ini membuka kesempatan bagi pengusaha kuliner untuk memasarkan serta mendristibusikan produknya melalui platform tersebut.

Untuk menjadi partner, GoFood memberikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh restoran dan pengusaha, yaitu harus memiliki fisik usaha artinya memberikan lokasi gerai atau toko usaha dan melampirkan berbagai data diri pengusaha atau penanggung jawab. Sementara sistem keuntungan, GoFood menerapkan sistem bagi hasil (revenue sharing) sebesar 20%. Di luar itu, GoFood tidak memungut biaya lainnya.

Bagaimana cara menjadi partner Go Food? Pertama kunjungi form perndaftaran partner Go Food atau dengan mengklik link berikut https://www.go-food.co.id/join.

  • Setelah Anda mengunjungi laman tersebut akan tampil halaman form pendaftaran yang meminta Anda untuk mengisikan alamat, nama restoran, nama pemilik/penanggung jawab, e-mail, nomor telpon, dan jenis restoran.
  • Jika sudah, pihak Go Food akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang telah Anda daftarkan.
  • Bila Anda sudah menerima email balasan dari Go Food, ikuti tahap selanjutnta. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi formulir online untuk mengetahui data restoran yang lebih lengkap. Selain itu Anda juga akan diminta mengisi infromasi umum, infromasi restoran dan informasi penagihan.
  • Pada bagian informasi penagihan Anda diwajibkan untuk melampirkan dokumen seperti

Salinan kartu identitas, sepertiĀ KTP/SIM/Paspor, salinan sertifikat NPWP. (Jika usaha Anda belum memiliki NPWP, Anda bisa tetap mendaftarkannya tanpa melampirkan NPWP. Namun, jika pemilik usaha tersebut memiliki NPWP, maka diwajibkan untuk melampirkan NPWP pemilik.)

  • Setelah itu, pihak GoFood akan memeriksa kelengkapan dan akan segera menghhubungi Anda kembali dengan mengirimkan kontrak.

Selama bulan Ramadhan, Go Food memberikan beberapa promo menarik untuk penggunannya. tidak hanya itu juga tersedia kategori listing khusus pada aplikasi GoFood yang disebut dengan Buka Puasa dan Sahur. Kedua kategori ini memberikan kemudahan untuk pengguna melakukan pencarian menu berbuka dan saat sahur di beberapa restoran.

Kulina

Kulina adalah marketplace yang dapat menjembatani pemilik usaha catering atau juru masak rumahan (dapur mitra) langsung dengan para pembeli. Aplikasi ini menggunakan sistem pre-order yang artinya pengguna bisa memesan menu makanan sehari sebelumnya dengan minimal pemesanan tiga hari ke depan. Kulina juga menerapkan sistem wallet yang bisa diisi oleh pengguna terlebih dahulu dan kemudian digunakan untuk bertansaksi.

Sama seperti GoJek, Kulina juga menerapkan sistem kode promo pada Wallet. jadi apabila pelanggan mendapat kode promo tertentu bisa disimpan ke dalam Wallet. Selain itu, setiap pengguna juga mempunyai kode unik personal yang bisa dibagikan kepada teman atau kerabat pelanggan melalui sosial media untuk mendapatkan saldo Wallet senilai Rp 25.000.

Kulina memberikan kesempatan bagi pengusaha ketring untuk dapat menjadi mitra mereka. Di sini mereka memberikan 2 jenis kemitraan, yaitu Marketplace dan Kemitraan untuk produk Kulina. Jenis kemitraan Marketplace memberikan keleluasaan bagi mitra untuk mengelola seluruh menu, packaging, penentuan harga produk, dan pengantaran. Sementara, Kemitraan untuk produk Kulina, Jenis menu, packaging, penentuan harga produk, dan pengantaran dilakukan oleh Kulina dan adanya jaminan untuk mendapatkan pesanan sesuai dengan kapasitas produksi dapur.

Bagi Anda yang ingin menjadi Dapur Mitra Kulina kunjungi lamannya di https://www.kulina.id/daftar. Isi dengan lengkap formulir pendaftaranya, bila sudah mendaftar Anda akan langsung dikabarkan oleh pihak Kulina untuk memberikan informasi sistem kerja, pembayaran, data lengkap usaha, serta data diri penanggung jawab.

Wakuliner

Marketplace kuliner lainnya yang bisa dijadikan lapak usaha oleh pedagang takjil dan juga menu sahur adalah Wakuliner. Platform ini adalah sebuah wadah bagi pengusaha kuliner untuk dapat mendistribusi serta mempromosikan usahanya. Dengan Wakuliner pengusaha bisa memiliki toko online yang bisa mereka kelola sendiri.

Untuk layanan Wakuliner menyediakan 3 layanan yang disertakan pada aplikasinya, yaitu Waku-Antar, Waku-Wiku, dan Waku-Ketring. untuk Waku-Antar, layanan memberikan jasa pesan-antar tercepat dengan 2.850 merchant dnegan lebih dari 10.100 SKU menu kuliner yang tersebar di 30 kota, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Bali, Solo, Surabaya, Palembang hingga Makassar.

Pada layanan tersebuty, konsumen juga dapat melihat detil merchant seperti alamat, deksripsi, hari dan jam kerja, rating bahkan ulasan pelanggan yang pernah menjadi konsumen mereka. Setelah pemesanan, makanan akan diatarkan oleh kurir yang sudah ditetapkan sendiri oleh pemilik usaha atau merchant. Jadi mengenai pengiriman, Wakuliner tidak bertanggung jawab menyiapkan kurir.

Untuk persyaratan merchantnya sendiri Wakuliner menetapkan segala usaha kuliner bisa bergabung dengan Wakuliner, mulai dari restoran besar hingga PIRT (pangan Industri Rumah Tangga). Persyaratan yang terpenting hanya pengusaha memiliki smartphone, terhubung internet, memiliki rekening bank dan bersedia menyediakan kurir sendiri baik SDM mereka maupun bekerja sama dengan pihak ketiga.

Jika Anda ingin menjadi merchant dari Wakuliner silahkan kunjungi link berikut ini http://wakuliner.com/panduan-merchant.php untuk mengetahui panduan pendaftaran.

Alakart

Marketplace khusus kuliner yang baru diluncurkan pada Mei 2016 lalu ini menyediakan wadah bagi penjual untuk mempromosikan produk kuliner mereka. Dengan marketplace Alakart pembeli bisa langsung order makanan dan minuman.

Bukan hanya itu saja, bagi pembeli yang ingin memesan dalam jumlah yang banyak, Alakart juga menyediakan fitur yang cukup menarik, yaitu layanan Chatting. Fitur ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi langusng antara penjual dan pembeli untuk mendapatkan pesanan yang sesuai atau mungkin meminta potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak. Fitur ini dapat dipastikan akan tetap aman karena setiap chatting terkontrol oleh aplikasi Alakart.

Aplikasi ini juga disebutkan memiliki fitur terintegrasi seperti pembayaran dan logistik agar memudahkan dan memberikan pengalaman terbaik bagi penjual dan pembeli. Bicara mengenai pembayaran, di Alakart, penjual tidak akan dikenakan biaya apapun sperti misalnya administrasi, hanya saja di setiap transaksi akan dikenakan biaya sekitar 10% -15 %.

Untuk saat ini, Alakart sudah bisa digunakan melalui smartphone pengguna dengan sistem operasi Android, sedangkan untuk perangkat iOS masih dalam tahap pengembangan.

Raja-Makan

Marketplace online kuliner lainnya adalah Raja-Makan, yang merupakan website penyedia layanan delivery makanan dari berbagai retoran baik kecil maupun besar. Pengguna bisa memesan makanan dari restoran berdasarkan lokasi atau jenis makanan yang diinginkan. terdapat beberapa macam kategori menu yang bisa dipilih oleh pengguna yaitu Jepang, Indonesia, China, India, Italian dan lainnya. pemberian kategori ini agar lebih memudahkan pengguna dalam mencari menu kesukaan mereka.

Untuk pemesanan pengguna terlebih dahulu mencari restoran atau makanan berdasarkan tempat tinggal. Kemudian memilih menu makanan dan melakukan pemesanan. Bila sudah maka terakhir mengisi informasi alamat dan melakukan pembayaran. Raja-Makan menyediakan 2 metode pembayaran, yaitu Cash on Delivery atau membayar di tempat dan membayar melalui transfer bank.

Selain pemesanan yang mudah dan metode pembayarannya yang praktis, Raja-Makan juga memberikan kelebihan lain yang melalui 3 fitur andalan guna mempermudah pembeli dan penjual. Pertama adalah fitur untuk melacak kurir, di mana pengguna bisa melacak lokasi kurir yang terintegrasi dengan Google Maps. Kedua adalah pencarian restoran berdasarkan radius terdekat dengan pengguna. Terakhir ialah sebuah Application Programming Interface atau API yang bisa digunakan di website-website restoran untuk menggunakan jasa kurir makanan Raja-Makan.

Selain bisa diakses melalui desktop, Raja-Makan juga sudah bisa digunakan melalui smartphone berbasis Android maupun iOS. Untuk bergabung menjadi merchant Raja-Makan Anda bisa mengisi formnya di link berikut ini https://www.raja-makan.co.id/merchantsignupinfo.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY