Seberapa Besar Manfaat Mempunyai Sertifikasi Halal? Berikut Beberapa Manfaat Sertifikat Halal bagi Produsen dan Konsumen

Sertifikasi halal merupakan sertifikat yang memberikan tanda bukti bahwa produk yang diperjualbelikan telah memenuhi syarat kehalalan yang ditetapkan oleh fatwa MUI.

Manfaat sertifikasi halal yaitu salah satunya dapat mendatangkan profit yang menguntungkan bagi pengusaha. Hal ini setara dengan tujuan dari LPPOM MUI yang mengedepankan kualitas produk secara jujur dan terbuka. Apakah sertifikasi halal ini hanya bermanfaat sebagai itu saja?

Pengadaan sertifikasi halal di Indonesia tentunya sangat penting mengingat banyaknya sebab yang harus diperhatikan seperti negara Thailand dan Jepang yang menerapkan sertifikasi halal walaupun banyak masyarakat yang beragama Islam minoritas. Maka dari itu Sukoso sebagai Kepala Pusat Studi Halal Thoyyib Universitas Brawijaya menegaskan bahwa Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk Bergama Islam seharusnya tidak mengabaikan masalah sertifikasi ini.

Baca Juga: Tata Cara Mendapatkan Sertifikat Halal MUI

Manfaat Sertifikasi Halal bagi Konsumen

Lalu, apa lagi manfaat yang bisa didapatkan jika mempunyai sertifikat ini? Sebagai seorang konsumen pastinya kita harus meneliti barang atau benda apa yang akan kita beli bukan? Berikut beberapa manfaat sertifikasi halal yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Memberikan Ketenangan bagi Konsumen

Untuk membuat suatu produk baru, pastinya Anda dipertanyakan bukan tentang kehalalan produk atau barang tersebut? Konsumen akan menjadi waswas ketika kehalalannya masih dipertanyakan jika masih belum ada logo halal yang telah disahkan oleh LPPOM MUI. Mengapa demikian? Karena walaupun mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, kebanyakan mereka yakin bahwa kehalalan adalah sebagai tanda penting bagi suatu produk aman dikonsumsi atau digunakan.

Produk Terjamin dan Aman Dikonsumsi atau Dipakai

Mengingat prosedur sertifikasi halal yang ketat, pastinya ini membuat kita menyakini bahwa produk atau barang kita terjamin untuk dikonsumsi atau dipakai. Tidak hanya makanan saja, kosmetik pun juga perlu disertifikasi. Ini dikarenakan penggunaan kosmetik untuk dikonsumsi atau masuk ke dalam tubuh yang mengandung bahan najis adalah haram hukumnya.  Maka dari itu Sekretariat Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh merasakan bahwa pihaknya juga perlu mengumunkan standar kehalalan terhadap kosmetik serta obat-obatan dilansir dari republika.co.id.

Manfaat Sertifikasi Halal bagi Produsen

Apakah hanya konsumen saja yang mendapatkan keuntungan ini? Berikut beberapa manfaat sertifikat halal MUI untuk pengusaha yang dilansir dari kompasiana.com.

Produk Akan Memiliki Unique Selling Point (USP)

Unique Selling Point atau Unique Selling Proposition merupakan salah satu konsep pemasaran yang membedakan produk Anda dengan pesaing lainnya menurut blj.co.id. Nah, dengan mendapatkan sertifikasi halal ini, pastinya produk Anda akan memiliki USP yang tinggi.

Memiliki Kesempatan Meraih Pasar Halal Global

Anda ingin memperluas penjualan Anda? Salah satunya adalah dengan mengikuti pasar global. Anda ingin mempunyai kesempatan berjualan di pasar global? Dengan sertifikasi halal ini, Anda bisa bersaing dan mendapatkan kesempatan meraih pasar global dalam barang atau produk halal.

Baca Juga: Tata Cara Mendaftarkan Produk Usaha Anda ke BPOM

Meningkatkan Kemampuan dalam Pemasaran di Pasar/Negara Muslim

Cara lain memperluas pemasaran bisnis Anda yaitu dengan memperjualbelikan barang atau produk Anda kepada pasar atau negara Muslim seperti Arab Saudi, Malaysia, Brunei Darussalam, dan negara lainnya. Ditambah dengan Indonesia yang bermayoritas muslim, pastinya akan lebih dipercaya dan disegani oleh negara ataupun pasar muslim.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tidak hanya bermanfaat bagi produsen saja, sertifikasi halal dari MUI atau lainnya ternyata sangat berguna untuk membangun kepercayaan kepada konsumen kita. Pastikan produk Anda telah mengikuti pembuatan sertifikasi ini sampai selesai sehingga Anda memiliki sertifikasi halal resmi dari LPPOM MUI dengan lancar.

Nah, ternyata banyak bukan manfaat sertifikasi halal ini? Selain untuk menjamin keamanan bagi konsumen, produsen juga akan mendapatkan banyak keuntungan karena telah memiliki USP yang resmi dari pemerintah. Segera sertifikasi produk atau barang usaha Anda sekarang juga.

SHARE

LEAVE A REPLY