Manfaat Kursus Online Untuk yang Sibuk

Banyak sekali orang yang sangat sibuk dengan kegiatannya sehari-hari mulai dari keluarga, pekerjaan dan lainnya. Untuk meningkatkan skill dan pengetahuan, dibutuhkan waktu tersendiri untuk mengikuti kursus atau pendidikan khusus. Ditengah kepadatan jadwal dan kesibukan sehari-hari, sangat sulit menyisihkan waktu untuk mengikuti kursus. Padahal, kebutuhan perusahaan untuk tenaga kerja yang lebih terampil terus bertambah, kita tidak bisa hanya mengandalkan pendidikan dasar saja. Untuk itulah kursus online hadir di zaman modern ini. Kali ini Goukm akan membahas tentang manfaat kursus online bagi Anda.

Mengapa harus meningkatkan skill?

Persaingan ekonomi saat ini menjadi semakin ketat. Perusahaan akan terus menerus mengkatkan kualitasnya (baik dalam produk, management, ataupun organisasi) agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Peningkatan kualitas tidak hanya didapatkan dari penggunaan alat dan teknologi terbaru saja. Tetapi juga didapatkan dari kualitas tenaga kerjanya. Perusahaan tidak segan-segan menaikkan gaji untuk karyawan yang mempunyai skill yang lebih. Karena tenaga kerja yang lebih terlatih akan mengerjakan pekerjaannya dengan lebih efektif.

Walaupun anda sudah memiliki pekerjaan, anda tetap harus meningkatkan kemampuan. Karena semakin baik kemampuan anda, maka lebih baik pula kesempatan anda dalam meningkatkan jenjang karir dalam pekerjaan. 80% tenaga kerja terlatih lebih cepat naik jabatan dibandingkan dengan tenaga kerja yang mengemban pendidikan dasar saja.

Mengikuti kursus tidak hanya untuk para pekerja saja

Pemilik usaha tentu saja harus bisa mengatur segala keperluan bisnisnya dengan baik. Terutama UKM, karena ukm biasanya mengandalkan sumber daya yang minim secara maksimal. Seorang pemilik usaha sebaiknya mempunyai kemampuan management, keuangan dan bahkan kemampuan kepemimpinan yang baik. Setiap kemampuan ini tidak hanya didapat dari pengalaman saja. Dibutuhkan pendidikan khusus atau kursus agar meningkatkan kalitas diri pemilik perusahaan.

Saat ini memang belum banyak kursus online yang benar-benar berkompeten untuk meningkatkan kemampuan pemilik UKMĀ Online. Mungkin hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang kursus online ini. Namun ada beberapa kursus online berkualitas yang dapat diikuti oleh pelaku UKM. Kursus ini dapat diikuti di mana saja walaupun peserta kursus sedang berada di kantor atau rumah. Cukup dengan koneksi internet dan laptop, peserta sudah dapat mengikuti kursus online ini dari berbagai tempat.

Manfaat kursus online untuk UKM

Kursus online berbeda dengan kursus di dalam kelas. Perbedaannya dalam kursus online peserta dan pengajar tidak bertatap muka secara langsung. Proses pembelajarannya melalui media elektronik. Terkadang hanya bertatap muka lewat kamera yang tersambung via internet. Berikut adalah manfaat mengikuti kursus online untuk UKM.

1 . Kapan saja dan di mana saja

Dengan kursus online, peserta dapat mengikutinya kapan saja dan dimana saja. Peserta kursusĀ  dapat menonton dan mendengarkan materi kursus di rumah atau di tempat usahanya, asal ada koneksi internet.

2. Minim gangguan dan sesuai keinginan

Kursus dalam kelas biasa terganggu dengan peserta lain yang berisik. Selain itu kursus dalam kelas mewajibkan peserta untuk duduk mendengarkan dengan posisis duduk yang sudah ditentukan. Kalau kursus online, peserta dapat mengikuti materi yang diberikan dalam posisi tidur, duduk, tengkurap, atau bahkan kayang (jika mau), semuanya terserah pesertanya. Dan semua itu dijalani tanpa ada gangguan dari peserta lain.

3. Mudah dalam mengulang materi

Daya tangkap tiap peserta kursus itu berbeda-beda. Terkadang peserta tidak cukup hanya sekali mendengarkan materi. Belum lagi biala pelaku UKM mengikuti kursus sambil menjalankan usahanya, terkadang materi kursus tidak tersampaikan dengan baik. Dengan materi berupa video dan rekaman suara, mempermudah peserta mengulang materi belajar berkali-kali hingga mengerti.

4. Banyak kursus online gratis

Biasanya penyedia jasa kursus online menyediakan dua sistem, kursus berbayar dan kursus gratis. Memang kursus berbayar lebih spesifik daripada yang gratis. Namun kursus gratis juga bagus untuk memulai pengetahuan baru. Beberapa kursus gratis juga dikeluarkan oleh lembaga pendidikan ternama seperti universitas negeri dan lembaga kursus internasional.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY