Mengenal Email Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

email marketing

Apa itu email marketing? mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal istilah ini, dan bisa saja sebagian lagi tidak mengenalnya. Sekarang ini model promosi sudah mulai ke arah internet marketing di mana orang lebih suka melakukan kegiatan mempromosikan atau memperkenalkan usahanya dengan basis online.

Cara ini bisa sangat efesien karena konsumen dapat dengan mudah mengaksesnya selama 24 jam. Nah, email marketing merupakan sebuah bagian dalam kegiatan internet marketing  dengan memanfaatkan email list, pemasaran promosi akan dengan mudah diterima oleh konsumen. Selain tepat sasaran promosi ini juga bisa kita lakukan secara kontinu.

Kini hampir setiap orang memiliki email, sarana ini biasa digunakan baik pebisnis maupun orang biasa untuk membuat akun media sosial , serta sebagai sarana mengirimkan surat. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya cara kerja email marketing adalah mengirimkan promosi ke pada konsumen yang daftar list konsumen yang sudah menjadi pelanggan.

Ada 3 jenis email marketing yang bisa Anda gunakan untuk promosi usaha Anda, yaitu:

Direct email, Anda bisa mengirim teks atau HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik ke daftar email yang Anda miliki.

Retantion email, email yang dikirimkan bisanya bertujuan untuk tetap menjaga hubungan Antara konsumen dengan bisnis Anda. Jenis email ini tidak perlu berisi promosi, bisa berupa tips atau informasi yang bisa Anda bagikan ke konsumen setia.

Beriklan di email orang, salah satu bentuk marketing untuk memasarkan produk Anda tetapi tidak memiliki daftar email konsumen yang terlalu banyak. Untuk menggunakan jenis promosi email marketing ini memang memerlukan biaya tambahan.

Dari ketiga jenis email marketing tersebut lalu apa keuntungannya bagi usaha. Berikut adalah keuntungannya.

Promosi dapat sesuai dengan target

Dengan mengirimkannya ke pelanggan Anda maka promosi ini tidak akan menjadi percuma. Anda bisa membuat kategori sesuai dengan ketertarikan konsumen sehingga mereka akan langsung memberikan respons mengenai promosi yang Anda kirimkan.

Dapat memberikan informasi dengan cepat

Dengan mengirimkannya melalui email tentu saja responsnya akan sangat cepat dibandingkan Anda harus menggunakan jasa media pos. Namun pastikan bila Anda menyertakan link terkait untuk informasi lebih lanjut agar konsumen bisa lebih mudah mengunjungi website usaha Anda.

Biaya promosi lebih murah

Dengan menggunakan email marketing Anda bisa menghemat biaya promosi. Anda bisa menggunakan jasa perusahaan yang tentunya jauh lebih murah ketimbang Anda harus beriklan di media lain.

Dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen

Email merupkan satu hal yang sifatnya personal maka promosi menggunakan email sangat efektif untuk meningkatkan kedekatan Anda dengan pelanggan Anda. Dengan penggunaan kalimat yang baik metode promosi ini juga akan membuat konsumen lebih mengenal produk Anda. (Goukm.id/Suci Rahmadhani)

LEAVE A REPLY