Layanan Keuangan Digital : Kembangkan Layanan Keuangan Lewat Ponsel

Layanan keuangan merupakan layanan jasa pembayaran dan keuangan. Saat ini, layanan keuangan telah banyak beralih menjadi layanan keuangan digital, atau yang biasa disebut dengan branchless banking.

LKD atau Layanan keuangan digital adalah layanan jasa pembayaran dan keuangan yang menggunakan sarana teknologi digital seluler atau web melalui pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud ini berupa individu atau masyarakat umum. Bukan karyawan lembaga bank, dan telah mendapatkan izin resmi untuk membuka cabang lembaga keuangan digital.

Baca Juga : Panduan Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM

Tujuan dibentuknya layanan keuangan digital ini adalah untuk mengembangkan keuangan Inklusif masyarakat Indonesia, dan juga mendukung penyaluran dana bantuan dari pemerintah secara efektif.

Selain itu, layanan keuangan digital juga bermanfaat untuk membantu masyarakat yang belum pernah berhubungan secara langsung dengan bank, serta bisa melayani operasi dasar perbankan seperti pembukaan rekening uang elektronik, setor tunai, maupun tarik tunai.

Contoh Layanan Keuangan Digital

Layanan keuangan digital memang menyasar masyaakat unbanked atau yang tidak atau belum pernah mengenal bank. Agar tidak bingung, berikut beberapa contoh layanan keuangan digital yang bisa Anda gunakan

Uang Elektronik

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan keuangan digital yang satu ini. Uang elektronik atau e-money biasa digunakan saat Anda ingin membayar sesuat, namun tidak lagi membayarnya menggunakan uang cash.

Misalnya saja seperti ojek online. Anda bisa membayar secara cashless karena telah memiliki saldo pada aplikasinya. Penyedia layanan e-money pun telah beragam, mulai dari institusi perbankan hingga provider dari seluler.

Rekening Ponsel

Sesuai dengan namanya, rekening ponsel merupakan rekening yang bisa Anda akses melalui ponsel. Anda tak perlu lagi menghapal nomor rekening dan bersusah payah ke bank hanya untuk melakukan transaksi.

Cukup dengan mengaksesnya melalui ponsel yang sudah terhubung dengan internet. Biasanya rekening ponsel sudah terintegrasi dengan layanan e-money didalamnya. Sama halnya dengan rekening biasa, rekening ponsel juga memiliki layanan yang sama seperti setor atau tarik tunai di ATM, transfer, hingga membayar tagihan.

Tabungan Digital

Meskipun sama-sama menggunakan ponsel sebagai medianya, tabungan digital berbeda dengan e-banking ataupun m-banking. Tabungan digital ini memudahkan Anda untuk melakukan pembukaan rekening.

Cukup dengan cara mengunduh aplikasi di ponsel, Anda sudah bisa membuka rekening secara mandiri. Misalnya saja Jenius dari BTPN dan Cermat dari BTN.

Pinjaman Uang Online atau Fintech

Teknologi memang memberikan banyak sekali kemudahan, termasuk juga soal pinjam-meminjam uang. Dengan adanya layanan ini, Anda bisa melakukajn pinjaman secara online.

Anda cukup mengisi formulir melalui laptop atau ponsel yang tersambung dengan internet, maka Anda bisa memcairkan dana tanpa agunan, Pinjaman juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, jumlah cicilan dan tenornya pun berdasarkan keinginan dan kemampuan Anda.

Manfaat Layanan Keuangan Digital

Kemudahan yang diberikan oleh Layanan Keuangan Digital memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya

Mempermudah untuk Melakukan Transaksi

Dengan adanyan layanan keuangan digital, sudah pasti Anda akan sangat dimudahkan. Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, layanan keuangan digital juga memberikan transaksi yang sama dengan layanan keungan konvensional pada umumnya.

Mengurangi Antrean Panjang

Karena layanan keuangan digital bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, Anda tak perlu lagi melakukan berlama-lama karena harus mengantre. Hanya bermodalkan akses internet, maka Anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi.

Pengembalian Uang dilakukan Secara Utuh

Jika Anda melakukan pembayaran melalui layanan keuangan digital seperti e-money, Anda akan mendapatkan uang kembalian sesuai dengan yang tertera pada aplikasi atau kasir. Hal ini tentu tidak akan dapatkan jika Anda membayar melalui uang cash, mengingat susahnya mendapatkan uang rupiah kecil.

Bentuk Layanan Keuangan Digital bagi Masyarakat

Sesuai dengan tujuan dari LKD yakni untuk memperluas akses pelayanan keuangan dan pembayaran masyarakat untuk mendukung aktivitas ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan individu atau rumah tangga. Berikut beberapa bentuk layanan keuangan digital melalui agen LKD

  • Pengisian ulang atau top up
  • Pembayaran tagihan yang bersifat berkala seperti pembayaran listrik, air, telpon, dan angsuran kredit
  • Penarikan uang tunai
  • Penyaluaran program bantuan pemerintah kepada masyarakat
  • Layanan lainnya yang sesuai dengan persetujuan dari Bank Indonesia
  • Sebagai fasilitator bagi masyarakat yang ingin melakukan registrasi untuk memperoleh layanan. Masyarakat yang melakukan registrasi selanjutnya akan disebut sebagai pemegang, yakni pihak yang menggunakan uang elektronik.

Perbedaan Layanan Kuangan Digital dengan Laku Pandai

Layanan keuangan digital dan Laku Pandai merupakan program untuk meningkatkan keuangan inklusif dari Bank Indonesia, terutama untuk memberikan akses dan produk dari jasa keuangan di daerah luar Jawa.

Meskipun begitu, keduanya memiliki memiliki perbedaan dalam pelaksanaan. Layanan Keuangan Digital lebih dugunakan untuk menyalurkan bantuan sosial dan menyediakan fasilitas transaksi pembayaran. Sedangkan, Laku Pandai fokus pada akses masyarakat untuk membuka tabungan di Bank.

Baca Juga : Laku Pandai, Beri Akses Permodalan untuk UKM yang Belum Tersentuh Layanan Perbankan

Selain itu, Layanan Kuangan Digital lebih fokus pada masyrakat bawah untuk menerima bantuan transaksi, sedangkan Laku Pandai berfokus pada akses masyarakat untuk membuka tabungan di bank.

Meski keduanya memiliki perbedaan dalam menyasar penduduk di wilayah terpencil, pada akhirnya kedua program ini memiliki tujuan akhir. Masyarakat diberikan kesempatan membuka tabungan di bank. Tabungan yang diberikan pun sama antara Layanan Keuangan Digital dengan Laku Pandai

Itulah beberapa seluk beluk mengenai Layanan Keuangan Digital. Layanan ini secara signifikan akan mendorong tingkat inklusi keuangan atau akses masyarakat terhadap layanan keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here