9 Program Kursus Ini, Bisa Membuat Anda Jadi Calon Pengusaha

membuka usaha konveksi jahit

Kursus jadi pengusaha adalah solusi karena tidak semua orang bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi sehingga selepas lulus dibangku SMP atau SMA banyak yang memilih untuk mengikuti kursus dengan begitu mereka bisa melamar pekerjaan dengan modal sertifikat mengikuti pelatihan khusus tersbeut. Namun ada juga yang memutuskan setelah selesai menempuh pendidikan kursus lalu mencoba peruntungan menjalankan sebuah usaha. Misalnya Ibu Rita Husni Amd salah satu peserta didik kursus dan pelatihan di Riau yang dulunya ia berprofesi sebagai buruh pabrik kini sukses menjadi pemilik usaha Ratu Mode. Berangkat dari cerita kesuksesan Ibu Rita kira-kira apa saja ya program pelatihan yang prospek kerjanya suatu saat menguntungkan?

Kursus Masak

Bisnis kuliner tidak akan pernah surut peminatnya karena memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Belum lagi permintaan pasarnya yang terus bertambah membuat peluang usaha ini lebih diminati oleh pengusaha. Maka tidak heran banyak orang berniat mengikuti kursus memasak. Siapa saja target pesertanya? Selain ibu-ibu dan calon pengusaha, ada juga pengusaha kuliner yang mengikuti kursus ini. Tujuannya agar mereka dapat memodifikasi menu makanan untuk usaha mereka.

Kursus Tata Rias

Wanita sekarang tidak pede bila menghadiri sebuah acara hanya berias dengan seadanya, maka dari itu banyak wanita yang mecari jasa make up artis untuk mempercantik dirinya. Melihat moment ini sayang bila tidak dicoba. Namun karena di kurikulum pendidikan regular tidak diajarkan ilmu ini maka dipilihlah kursus tata rias. Peserta yang ikut kursus tata rias memang lebih banyak didominasi oleh kaum perempuan namun ada juga laki-laki yang ingin menjajal profesi ini.

Kursus Keterampilan

Seperti yang kita tahu peluang usaha industri kreatif ini juga sangat luas. Misalnya usaha jasa membuat seserahan atau cindera mata pernikahan yang kini sedang laris-manis. Untuk satu order saja bisa mencapai 5 ratusan lebih. Makanya banyak orang berbondong-bondong untuk mengikuti kursus keterampilan ini umumnya para wanita. Selain kursus keterampilan untuk membuat souvenir pernikahan dan seserahan, juga ada program keterampilan lainnya seperti membuat kerajinan untuk hiasan di rumah. Usaha ini juga menjanjikan apa lagi sekarang ini banyak sekali proyek properti, di mana mereka pasti membutuhkan beragam furniture dan hiasan untuk mendekorasi ruangan.

Kursus Menjahit

Selanjutnya adalah kusrus menjahit, prospek kerjannya pun cukup menjanjikan. Dengan ilmu yang didapatkan dari kursus tersbeut Anda bisa membuka butik dengan nama Anda sendiri. Sekalipun tidak memiliki modal yang besar, Anda masih tetap bisa menjadi wirausaha dengan menawarkan jasa menjahit di rumah. Di mana modal yang dibutuhkan hanya keterampilan yang Anda dapatkan selama belajar di tempat pelatihan dan mesin jahit.

Kursus Bahasa Asing

Berkembangnya pariwisata di tanah air menjadikan Indonesia salah satu destinasi yang harus dikunjungi oleh wisatawan asing. Ini moment yang bisa Anda manfaatkan. Caranya dengan membuka tempat menginap khusus wisatawan asing dan sekaligus menawarkan jasa tour guide mereka. Tapi bagaimana bila Anda tidak mengusahai Bahasa Asing? Tidak perlu putus asa duhulu! Anda bisa mengikuti kursus Bahasa Asing. Setelah menempuh pendidikan kursus ini selain Anda bisa membuka usaha sendiri, Anda juga bisa mencoba peruntungan di negeri orang.

Kursus Mekanik

Pesatnya pertumbuhan penjualan kendaraan otomitif seperti speda motor, mobil dan kendaraan berat lainnya maka banyak lembaga pendidikan dan keterampilan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan SDM profesional di bidang industri baik industri jasa maupun industri manufaktur. Untuk sistem pembelanjarannya peserta akan mendapatkan 40% teori dan 60% praktek sehingga lulusan dapat lebih terampil dan kompeten di bidang ini. Dengan begitu mampu membuat usaha sendiri maupun bekerja di industri manufaktur lainnya.

Kursus Digital Marketing

Pemasaran digital akhir-akhir ini sedang fenomenal. Cara pemasaran ini dipilih selain lebih efektif di era teknologi sperti sekarang juga dapat menekan biaya promosi. Sehingga ini lah yang membuat mengapa usaha di bidang ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Untuk itu jika Anda berniat untuk usaha di bidang ini, ikutilah kursus digital marketingnya. Saat ini sudah banyak tempat kursus digital marketing baik bayar maupun gratis. Selain mendapatkan ilmu mengenai digital marketing, dengan mengikuti kursus ini Anda juga bisa mengetahui forum-forum khusus yang membahas digital marketing yang berguna untuk menambah wawasan tentang bidang ini.

Kursus Desain

Hampir semua sektor usaha pasti membutuhkan jasa desain, mulai dari desain website usaha, desain untuk promosi dan lainnya. Sehingga perannya menjadi sangat penting untuk menarik konsumen. Sebab tugas seorang desain grafis harus bisa menyampaikan pesan secara visual oleh konsumen. Nah, untuk bisa mengerti itu dibutuhkan keterampilan, kerasi dan kemampuan mengoperasikan aplikasi-aplikasi desain. Di mana semua itu akan didapatkan dengan mengikuti pelatihan atau kursus desain.

Kursus Menulis Kreatif

Menulis mungkin semua orang pasti bisa, tapi bagaimana dengan membuat tulisan yang bisa di posting untuk blog, website atau media cetak? Ini tidaklah mudah. Karena Anda perlu tahu bagaimana caranya membuat tulisan yang enak dibaca. Kursus menulis kreatif dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan menulis atau setidaknya mengekspresikan diri Anda.

LEAVE A REPLY