Tetap Semangat dan Terus Mandiri. Kursus Penyandang Disabilitas Agar Jadi Lebih Mandiri

Terlahir tanpa kaki, tangan, atau kekurangan lainnya tentu bukan impian semua orang. Namun apa daya takdir sudah tersurat untuk para penyandang disabilitas. Meskipun lahir dengan kekurangan, kenyatannya hampir semua penyandang disabilitas mempunyai kemampuan untuk bekerja. Tapi sayangnya di dunia kerja, orang-orang yang memiliki keterbatasan ini dipandang sebelah mata. Kalau tidak bekerja lalu ke mana mereka mencari penghasilan untuk membiayai hidup? Sama seperti orang lain, seorang penyandang disabilitas pun punya kesempatan untuk bisa sukses. Meskipun bukan dengan menjadi pegawai kantoran, mereka juga bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Dengan keterbatasan mereka juga bisa membuat peluang usaha sendiri bahkan memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Cerita seperti ini sudah banyak terjadi, Irma Suryati contohnya. Wanita yang mengalami kelumpuhan pada umur 4 tahun akibat polio ini sukses menjadi pengusaha kerajinan keset dari kain perca. Di usianya yang sudah 42 tahun ini, perbulannya ia selalu mengantongi keuntungan Rp 40-50 juta dan kini ia sudah mempekerjakan lebih dari 20 orang.

Irma Suryati jadi inspirasi bukan hanya bagi kalangan disabilitas namun juga orang normal lainnya. Di mana dengan kemauan keras, kreatifitas dan bisa melihat peluang sukses pun bisa kita raih. Jadi untuk Anda yang memiliki kekurangan jangan dulu putus asa karena tidak bisa bersaing di dunia kerja. Asahlah kemampuan Anda dengan mengikuti kursus-kursus keahlian. Sekarang ini sudah banyak sekali kursus yang dibuka untuk yang orang-orang memiliki kekurangan yang ingin mendapatkan latihan keterampilan. Hampir semuanya memberikan jasa pelatihan gratis, berikut ini tempat-tempat kursus tersebut.

Pusat Rehabilitasi YAKKUM

Alamat: Jl. Kaliurang Km. 13,5, Besi, Ngaglik, Sleman.

Kontak: 0857-4188-8372

Pusat rehabilitasi YAKKUM bertempat di Kaliurang Km 13.5, Besi, Sleman, Yogyakarta menyelenggrakan program kursus keterampilan yang bisa diikuti oleh para penyandang disabilitas yang memiliki minat tinggi untuk mengikuti kursus. Program perlatihan keterampilan yang berikan oleh yayasan ini beragam, di antaranya adalah kursus membatik, menjahit dan elektronika. Untuk peserta yang diberikan kriteria memiliki keinginan kuat untuk bekerja agar selesai kursus peserta sudah memiliki rencana untuk bekerja dan masih berusia produktif. Pelaksanaan kursus dilakukan di pusat rehabilitasi YAKKUM dengan lama kursus 3 bulan.

LKP Pelita Harapan Disabilitas Flombamora

Alamat: BTN Kolhua Blok A No. 37 Rt. 01 Rw. 01, Kel. Kolhua, Kec. Maulafa Kota Kupang, NTT

Kontak: 085239076037

Lembaga kursus dan pelatihan yang ada di kota Kupang ini menyediakan program kursus menjahit untuk penyadang disabilitas. Di sini murid akan disampaikan materi di antaranya membuat pola dan memotong pola, mendesain baju serta diajarkan berbagai macam teknik menjahit. Tidak hanya itu, murid juga diterangkan cara membuat berbagai macam saku, manset kemeja, kerah kemeja, serta cara memasang ritsleting. Dengan harapan, lulusan LPK Pelita Harapan Disabilitas Flombamora bisa bekerja secara mandiri.

Kursus Perdik (Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan)

Alamat: Jalan Tamalate 2 blok 11 no.11

Kontak: 085256233366

Pergerakan ini bekerja sama dengan Kampung Bahasa Sulawesi (FKBS) menyelenggarakan kursus bahasa inggris untuk penyadang difabel di Kota Makasar dan sekitarnya. Di kursus ini FKBS menggunakan sistem pembelajaran yang inklusif. Selain itu, kursus ini dibuat tematik, di mana materi pembelajarannya akan banyak mangadopsi tema atau isu terkait difabilitas atau disability studies. Untuk priode perdana, rencannya pembelajaran ini akan diawali pada akhir atau awal Mei 2017 dan pendaftarannya sudah dibuka diawal Mei ini.

Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa (BBRVBD)

Alamat: Jl. SKB No.5, Karadenan, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16913

Kontak: (0251) 8654702

Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa, atau yang biasa disebut dengan BBRVBD Cibinong adalah unit pelaksa teknis (UPT) di bawah kementrian sosial. Di pusat rehabilitasi ini dibuka program rehabilitasi vokasional untuk para penyandang cacat tubuh tanpa dipungut biaya apapun. Program-program yang bisa diikuti, antara lain pelatihan penjahitan, komputer, percetakan, elektronika, pekerjaan logam, dan otomotif. Di setiap program akan berisi 10 murid yang akan dibimbing oleh pengajar yang professional.

Pusat Rehabilitasi Kemhan

Alamat: Jln. RC Veteran No. 178 Bintaro Jakarta Selatan

Kontak: (021) 7353347

Pelayanan rehabilitasi vokasional dari Kementrian Pertahanan Nasional ini memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas yang ingin memperoleh keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi agar siap untuk bekerja secara optimal sesuai dengan kemampuan fisik penyandang disabilitas. Pelayanan rehabilitas bokasional sendiri, terdiri dari pelatihan vokasinal tingkat terampil sampai tingkat mahir dan rehabilitasi vokasional kelas jauh khusus bagi penyandang disabilitas tingkat berat yang tidak memungkinkan mengikuti rehabilitasi di Pusrehab Kemhan Jakarta, bekerjasama dengan BLK dan tempat kursus swasta di wilayah tempat penyandang disabilitas. Program pelatihan vokasional yang bisa dipilih, antara lain Auto mekanik mobil, auto mekanik motor, operator komputer, teknik komputer, penjahitan, teknik pendingin, elektronika, design grafis,  fotografi, music, masaage, pertukangan kayu, lasm pertanian terpadu, dan tata boga.

LEAVE A REPLY