Kursus Online, Solusi Menambah Wawasan dan Skill Entrepreneur Namun Terbatas Waktu

Kursus online adalah solusi saat anda ingin mengasah kemampuan namun terbatas ruang dan waktu

Menjadi pengusaha atau seorang entrepreneur adalah impian setiap orang. Namun banyak yang tidak mau memulainya karena tidak ingin mengambil resiko. Pada akhirnya mereka hanya bisa berada di zona aman, yaitu menjadi karyawan. Nyatanya menjadi seorang entrepreneur memang sulit. Mau tidak mau kita harus memiliki wawasan yang cukup mengenai bidang bisnis yang ingin dijalani. Apa lagi jika perusahaan atau bisnis yang ingin dijalankan baru mulai, Anda harus siap meng-handle pekerjaan lainnya sebelum mampu merekrut karyawan.

Maka dari itu, seorang pengusaha haruslah multitasking. Lalu bagaiamana caranya agar kita bisa mengusai bidang lainnya untuk kepentingan bisnis? Bisa melalui pengalaman teman kerja Anda sebelumnya atau bisa juga dengan menempuh edukasi tambahan.

Belajar keterampilan baru memang memakan waktu belum lagi biayanya terbilang cukup mahal. Tapi untunglah kini cukup banyak kursus online yang bisa Anda ambil. Selain waktunya lebih fleksibel kursus online juga menguntungkan bagi yang hanya memiliki budget terbatas. Seperti kursus pada umumnya, ada berbagai materi yang diberikan di kursus ini. Ada pula forum, ujian bahkan pekerjaan rumah yang menjadi sayarat kelulusan peserta. Anda bisa mendapatkan materi sesuai dengan program yang sesuai keinginan Anda dengan tempo dan waktu yang Anda tentukan sendiri. Berminat untuk menambah wawasan berbisnis Anda? Tapi ingat tidak semua kursus online terakreditasi baik, Anda juga harus selektif memilik kursus online yang kompeten. Nah, berikut ini kami rangkum kursus-kursus online yang bermanfaat diikuti oleh pengusaha.

Baca Juga : Program Kursus 2017 

UCEO (Universitas Ciputra Entrepreneurship Online)

Merupakan program pembelajaran entrepreneurship non-degree yang terbuka untuk umum. UCEO menyediakan platform di mana para pengusaha bisa belajar dari artikel dan materi-materi yang tersedia, berbagi lmu, maupun berdiskusi dengan peserta lain yang berasal dari berbagai wilayah. Program ini sudah mulai berjalan sejak tahun 2014 lalu. Selesainya peserta mengikuti kursus ini, berhak mendapatkan sertifikat digital namun dengan syarat sudah mengerjakan semua kuis yang diberikan. Program-progam kewirausahaan yang ditawarkan adalah Beyond Silicon Valley, Perencanaan Keuangan, Stand-up Selling, Kejar Target, Business Model Canvas, Berburu Peluang Usaha, Entrepreneurial Leadership Ahok Way, Strategi Pemasaran, The Climbers, Menembus Pasar Ekspor, dan lainnya.

Sekolah Pintar

Sekolah pintar pada awalnya didirikan oleh lembaga pendidikan yang bernama Babastudio. Dan di Sekolah Pintar ini ditujukan baik unruk menunjang karier berbisnis Anda dan mengasah keterampilan atau hobi Anda. Saat ini, sekolah pintar sudah mengumpulkan peserta lebih dari 10 ribu anggota sejak peluncurannya pada Januari 2015 lalu. Dian Martin selaku pendiri sekolah online ini mengatakan dengan menghadirkan website tersebut mampu menjadi solusi bagi individu yang ingin berkembang secara keilmuan, namun terkendala berbagai hal seperti transportasi, kesibukan dan lain-lain. Dan untuk memudahkan para peserta menangkap materi, para tutor memberikan video sebagai media penyampaian materi.

Babastudio

Kursus ini ditujuakan bagi Anda yang ingin memperdalam wawasan mengenai dunia digital dan IT. Berdiri sejak sejak 2003, sampai saat ini Baba Studio telah mengajarakan lebih dari 4000 peserta, dosen, guru, mahasiswa dan executive 90 perusahaan ternama. Program-program yang bisa Anda ikuti antara lain kursus web design, website, PHP, Internet Marketing , SEO, Animasi, Game, Desain Grafis, Komputer, Flash Animasi, dan Web Kilat. Selain offline, kursus ini juga bisa Anda ikuti secara online dengan mendaftarkan diri di program e-learning-nya. Jadi waktu belajar bisa sangat fleksibel. Anda bisa melakukan pendalaman materi kapanpun.

Uda City

Merupakan sebuah kelas kursus online yang menawarkan program pelajaran tentang membangun strartup. Anda bisa mengikutannya tanpa dipungut biaya dengan mendaftarkan diri sebagai peserta di program “How to Build Startup”. Anda akan mendpatkan pengetahuan seputar dasar-dasar customer development process yang mencakup pembelajaran untuk membangun dan menguji ide, bagaimana mendengar dan melibatkan kostemer Anda, dan bagaimana mengirimkan produk ke pengguna. Sekolah non degree ini bekerja sama dengan beberapa perusahaan IT besar seperti Google, Facebook, At&T, IBM, GitHub, dan lainnya. Pemberian materi akan dimentori oleh pebimbing yang professional.

Coursera

Untuk kursus ini bertujuan agar pengusaha bisa menambah pengetahuan-pengetahuan seputar hukum dan kewirausahaan. Kursus yang diberikan Esther Barron dan Steve Reed dari Northwestern University ini akan mencakup bagaimana memilih entitas untuk bisnis Anda. Pemilihan nama untuk perusahaan dan merek dagang pun juga disampaikan di kursus ini. Selain itu, kursus ini juga mengajarkan pengusaha struktur perjanjian dengan mitra dan investor. Anda bisa menambah kemampuan Anda hanya dalam waktu 4 sampai 6 minggu.  Corsera juga menyediakan program onine degrees dimana Anda bisa kuliah bisnis, ilmu komputer, data analisis. Corsera bekerjasama dengan salah satu partner Universitas untuk memberlangsungkan program akademik online ini.

Mulai Kursus Online Sekarang!

Dari kelima kursus online di atas, kira-kita kursus mana yang menarik untuk Anda ikuti? atau mungkin Anda sudah pernah coba mengikutinya? Bagi yang baru berniat untuk kursus online di atas, pastikan itu sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, sehingga semakin cepat Anda bisa memulai bisnis startup Anda sendiri. Semoga sukses!

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY