Tempat Kursus Nugget dan Siomay Frozen

Kursus nugget dan kursus siomay beku mulai banyak dicari calon wirausaha yang baru atau sudah mulai terjun ke bisnis frozen food. Tidak heran karena kuliner satu ini banyak digandrungi konsumen sebab praktis dan mudah diolah kembali.

Namun sayangnya karena semakin banyak permintaan, persaingan bisnisnya jadi semakin ketat. Banyak pelaku usaha baik dengan skala kecil-menengah, hingga menengah-ke atas melirik peluang usaha ini. Oleh karena itu, para pengusaha mau tidak mau harus membuat strategi agar bisnis nugget dan siomay beku yang mereka rintis tetap mendapatkan tempat di hati konsumennya.

Baca juga : Jadi Juragan Mie Ayam? Ikutan Kursus Mie Ayam Bakso Dulu

Strategi bisnis frozen food yang diterapkan beragam, ada yang mengubah cara pemasarannya, serta ada yang menciptakan inovasi baru pada menunya. Tidak hanya itu saja ternyata yang bisa dilakukan bila ingin bisnis frozen food khususnya nugget dan siomay beku laris manis diminati pembeli. Nah, kali ini GoUKM akan berikan panduan agar bisnis nugget dan siomay beku Anda sukses.

Berikut beberapa tips jalankan usaha frozen nugget dan siomay

1. Berani jamin produk Anda tanpa bahan pengawet

Dewasa ini marak berita makanan beku yang menggunakan bahan-bahan pengawet berbahaya yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya pemberitaan ini jangan malah membuat Anda banting stir ke bisnis lainnya. Anda harus bisa manfaatkan kesempatan ini. Bagaimana caranya?

Begini, karena saat ini banyak pemberitaan tentang nugget dan siomay dengan bahan berbahaya, sudah pasti masyarakat akan lebih waspada bukan? Mereka akan lebih pintar memilih mana produk yang sehat dan mana yang tidak. Nah, tugas Anda buatlah nugget dan siomay dengan bahan yang aman dikonsumsi kalau bisa berbahan organik sehingga lebih sehat. Dengan begitu konsumen tidak akan khawatir membeli produk Anda. Jangan lupa sertakan lebel “tanpa bahan pengawet” di depan kemasan agar konsumen lebih percaya.

Selain itu, Anda juga bisa lakukan tes BPOM untuk mendapatkan lisensi bahwa produk yang Anda buat menggunakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi. Konsumen pasti menginginkan produk yang aman, apa lagi kalau produk yang mereka beli itu akan mereka konsumsi.

2. Coba ciptakan menu yang beda dari kompetitor Anda

Berbeda adalah kunci kedua bila Anda ingin sukses bisnis nugget dan siomay beku. Sebenarnya ini juga berlaku untuk bisnis lainnya. Dengan kita membedakan diri dari kompetior, konsumen akan lebih cepat mengingat apa brand kita dan produk yang kita tawarkan. Dengan kata lain, kita memiliki karakter sendiri yang tidak dimiliki pesaing.

Bagaimana caranya agar bisa berbeda dari lainnya? Sebenarnya yang bisa Anda lakukan bermacam-macam, misalnya cara promosinya atau dari sajian siomay dan nugget yang Anda buat. Untuk membuat menu yang berbeda Anda bisa sering lakukan eksperimen menu makanan, contohnya bisa membuat nugget ikan atau siomay dengan keju mozzarella.

Bila Anda belum mahir, coba ikuti kursus nugget dan kursus siomay frozen, seperti natural cooking club, kursus home industri Tristar dan lainnya. Di kursus-kursus ini Anda akan mempelajari bagaimana cara memproduksi nugget dan siomay beku dan mengenal teknik memasaknya. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan dibekali wawasan tentang pasar frozen food dan analisa usahanya. Jika Anda tertarik ingin mengikuti kursus frozen food ini. Di akhir artikel kami akan berikan beberapa rekomendasi tempat kursus yang bisa Anda kunjungi.

3. Mulai jajakan melalui online

Menggunakan bahan yang sehat dan berbeda saja mungkin tidak cukup untuk buat bisnis frozen food Anda sukses. Maka strategi selanjutnya kita beralih ke pemasaran. Sebelum itu, kami ingin bertanya apa bagaimana cara Anda memasarkan makanan beku nugget dan siomay Anda? Masih dengan cara konvensional? Apa sudah mulai manfaatkan media sosial atau marketplace online?

Kalau Anda berjualan masih mengandalkan cara menjual di toko atau mendatangi konsumen, sebaiknya tambah lagi cara pemasaranannya. Di jaman teknologi ini semuanya sudah bisa kita dapatkan dengan cara online, beli tiket, bayar tagihan sampai beli bahan untuk memasak hanya perlu kuota dan ponsel. Untuk itu, bagi Anda yang belum melek teknologi sebaiknya coba mulai dari sekarang.

Kini sudah banyak marketplace online yang bisa Anda gunakan untuk berjualan, contohnya Tokopedia, Bukalapak, Lazada, OLX, dan masih banyak lainnya. Coba jajakan nugget dan siomay beku Anda di beberapa platform tersebut. Selain itu, Anda juga bisa gunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram untuk jadi lapak jualan Anda.

4. Pahami SEO untuk tingkatkan strategi pemasaran digital Anda

Anda sudah coba berjualan secara online tapi tak kunjung dapat pelanggan? Anda membutuhkan SEO atau yang disebut Search Engine Optimization. Strategi SEO ini untuk meningkatkan peringkat situs Anda agar tampil di halaman pertama pencarian Google Search Engine. Ada 3 strategi penting dalam membangun SEO yang efektif dan aman, yaitu menyajikan konten yang relevan, menggunakan kata kunci, dan membangun backlink.

Bagi Anda yang awam dengan SEO mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk memahaminya. Maka solusinya Anda bisa gunakan jasa SEO yang sudah ada. Anda juga bisa coba gunakan layanan iklan digital seperti Google Adwords, Facebook Ads, Twitter Ads, dan lainnya.

5. Tawarkan bisnis kerjasama reseller atau waralaba

Bila permintaan nugget dan siomay beku Anda terus berdatangan, pertimbangkanlah untuk memulai bisnis kerjasama, seperti menawarkan orang lain menjadi reseller atau mewaralabakan usaha Anda. Strategi pemasaran seperti ini sudah cukup banyak diterapkan oleh pengusaha kuliner, Kabab Baba Rafi misalnya. Usaha kebab yang tadinya dijalankan oleh Hendy sendiri dan istrinya kini jadi salah satu usaha waralaba yang sukses di Indonesia, bahkan kini cabangnya sampai ke Brunei, Malaysia dan Singapura.

Nah, itu dia tadi beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai atau mengembangkan usaha frozen food nugget dan siomay. Terapkanlah pada bisnis Anda untuk menciptakan peluang bisnis yang potensial. Selain itu, Anda juga perlu konsisten untuk menjalankannya sampai bisnis yang Anda rintis akhirnya sukses.

Rekomendasi Tempat Kursus Frozen Food
Yuyun Anwar institute

Alamat: Kompleks Niaga Permai – Jl. Veteran 9B, Surabaya (seberang gedung BCA Veteran)

Kontak: (031) 3538710

Merupakan tempat kursus yang dipimpin oleh Chef professional, Yuyun Anwar. Sudah memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang kuliner, Yuyun membuka sebuah tempat kursus yang ditujukan bagi siapapun yang ingin belajar memasak, baik itu ibu rumah tangga ataupun calon pengusaha dan pengusaha kuliner.

Banyak program kursus yang ditawarkan tempat kursus ini, salah satunya adalah cooking class frozen food. Di kelas ini murid akan dapat praktek langsung dan mengetahui teknik membuat snack frozen, nugget beku, sosis beku, dan sambal kemasan. Biaya yang dikenakan untuk mengikuti kursus ini adalah mulai dari Rp 1.9 juta. biaya tersebut sudah termasuk peralatan dan bahan-bahannya. Jadi peserta tidak perlu bawa apapun pada saat pelatihan.

Dapur Erida

Alamat: Komp. Taman Jaya Blok D7 No. 18-19, Cipondoh, Tanggerang, Banten

Kontak: 08161424132

Dapur ErDia menawarkan produk masakan seperti bento karakter, tumpeng karakter, puding luksi, puding bunga 3D, dan cake. Selain itu, juga ada kelas memasak dengan tema yang akan di sesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat keahlian peserta. Peserta yang mengikuti kursus ini, akan praktek membuat segala jenis makanan salah satunya adalah frozen food seperti nugget dan lain-lain. Dapur Erida juga menyediakan paket kursus online dengan biaya mulai dari Rp 350 ribu. Adapun yang didapat oleh peserta adalah, modul dan video tutorial membuat masakan yang dipilih oleh peserta.

Masak Bareng CookPad dengan Lily Husni Kitchen

Alamat: Mediterania Boulevard, Jl. Katamaran Indah , Pantai Indah Kapuk, Kapuk, Jakarta Utara

Info:https://masakbareng.com/lessons/79-siomay-ala-dimsum-halal-no-pork-korean-dumpling-2-menu

Bosan dengan sajian siomay yang biasa saja, nah ini dia tempat kursus menarik yang bisa Anda ikuti. Kursus bersama Liliy Husni ini akan mengajarkan Anda cara membuat siomay ala dimsum & Korean Dumping yang mudah, cepat dan enak. Selain belajar membuat kedua menu tersebut, di sini Anda juga bisa dapatkan trik dan teknik food photography. Untuk mendaftarkan diri, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 400 ribu saja. Mau coba? Anda bisa kunjungi link di atas untuk mendaftarkan diri.

Galaxy Training Center

Alamat: Mall WTC Matahari Serpong Lantai UG Blok U-25 BSD

Kontak: 0813 8831 9900

Bagi Anda yang ingin mahir membuat sajian frozen food, GalaxyTraining Center juga menyediakan kursus memasak makanan beku seperi nugget, kaki naga, bento chiken roll, breaded Udang dan nugget es krim.  Untuk mengikutinya Anda bisa kunjungi tempat kursusnya di Mall WTC Matahari Serpong Lantai UG Blok U-25, BSD atau Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-32-33 Serpong – Tangerang. Di sana Anda akan dimentori dengan chef yang sudah profesional dan telah lama terjun di dunia kuliner sebagai chef.

KursusMakanan.com

Alamat: Perum taman duta Mas A2/12A, Jelambar, Jakarta Barat

Kontak: (021) 567 6594

Bagi Anda yang berlokasi di Jakarta Barat, dan ingin belajar membuat makanan frozen food untuk usaha, kursusmakanan.com bisa Anda kunjungi. Kursusmakanan.com ini adalah sebuah sarana kursus untuk Anda yang ingin bisnis di bidang makanan, salah satunya makanan frozen food.

Adapun macam-macam kursus yang disediakan antara lain kursus buat bakso, batagor, mie ayam, ice cream, fried chicken, abon, dll. Kursus ini terbuka untuk siapapun, baik ibu rumah tangga yang ingin belajar memasak, anak-anak, dan juga calon pelaku usaha.

Baca juga : Mau Usaha Bakso Gurih? Kursus Membuat Bakso, Bisa Jago Membuat Bakso

Biaya yang dikenakan untuk mengikuti kursus ini bervariatif. Untuk mengikuti kursus nugget peserta dikenakan biaya sebesar Rp 400 per orang. Sementara bila Anda ingin mengikuti kursus batagor dan siomay, biaya yang diperlukan peserta sebesar Rp 450 per orang.

Tempat kursus nugget dan kursus siomay di atas hanya beberapa dari banyak tempat kursus memasak di Indonesia. Kalau Anda punya rekomendasi tempat kursus lain yang lebih bagus dan lengkap silahkan berbagi dengan wirausaha lainnya di forum diskusi GoUKM http://komunitas.goukm.id/index.php.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY