Punya Impian Rintis Usaha Bengkel? Kursus Makanik Dahulu Agar Mahir Bongkar Mesin Kendaraan

Bagi Anda yang kesulitan mencari ide usaha untuk dijalankan, cobalah menjajal usaha bengkel motor rumahan. Bisnis ini cukup punya prospek mengingat dari tahun ke tahun pertumbuhan pengguna kendaraan pribadi di Indonesia semakin meningkat. Apalagi dengan hadirnya bisnis ojek online yang kian hari juga makin bertambah armadanya. Hal tersebut kemudian mendorong berbagai bisnis pendukung lainnya, seperti jasa service kendaraan, aksesoris, jual spare part, dan jasa cuci kendaraan.

Dari sekian banyak peluang usaha turunan tersebut, bisnis bengkel motor merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Tidak mengherankan karena untuk menjaga mesin kendaraan agar tetap prima dibutuhkan perawatan yang intensif dan rutin. Namun biasanya banyak pengendara yang tidak memiliki keahlian membongkar mesin kendaraan mereka maka dari situ dipilihlah cara praktis dengan membawa motor atau mobilnya ke bengkel terdekat.

Meskipun sekarang ini sudah banyak bengkel resmi atau bengkel yang berdiri secara kemitraan, tapi tidak serta-merta mematikan bisnis usaha kecil seperti bengkel kendaraan yang didirikan di rumah. Hal ini karena pangsa pasar yang dituju sangatlah luas. Mengingat pemilik kendaraan tidak hanya kalangan menengah atas saja, melainkan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Besarnya peluang untuk mendapatkan keuntungan tentu membuat Anda tergiur, tapi untuk menjalankannya bisnisnya memang tidaklah mudah. Apa lagi jika kita tidak punya keahlian mengoprek mesin kendaraan. Mempekerjakan tenaga SDM yang berkualitas tentu memerlukan modal tambahan. Tak masalah jika Anda punya modal lebih, bagaimana kalau tidak? Mengingat tenaga mekanis merupakan faktor penting dalam perputaran bisnis ini, mau tak mau Anda sendiri lah yang harus terjun langsung. Tapi tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengambil kursus mekanik sebelum membuka usaha bengkel motor rumahan.

Apa yang didapat dari kursus mekanik?

Di kursus mekanik ini pelajar atau peserta didik tidak hanya akan diberikan pengetahuan dasar berupa materi, tapi juga praktek langsung. Beberapa tempat kursus bahkan menyediakan kurikulum pelajaran guna menjadi panduan pemberian materi bagi pengajar. Apa saja kurikulim yang didapatkan peserta kursus? Berikut ini ringkasan silabusnya.

– Kelistrikan

Pada kurikulum ini peserta akan membelajari komponen pendukung rangkaian sistem kelistrikan. Materi yang diberikan antara lain dijelaskan defenisi sistem kelistrikan, fungsi sistem kelistrikan dan bagian-bagian sistem kelistrikan. Tujuan pemberian matari ini agar siswa mampu melakukan trouble shooting dengan menggunakan alat bantu seperti multi-tester atau AVO Mater. Selain itu, mekanik akan mampu menentukan kabel sesuai peruntukannya alias urut kabel.

– Suspensi dan Sasis

Peserta kursus pada bagian ini akan mempelajari mengenai kumpulan komponen yang berfungsi meredam kejutan. Pemberian materi ini akan dibahas mengenai roda dan sistem kemudi, termasuk juga sistem pengereman. Tujuan dari pelajaran ini nantinya siswa akan mampu memberikan perawatan juga perbaikan di bagian suspensi termasuk juga sistem pengereman.

– Mesin

Pemberian materi atau kurikulum mesin terkait dengan injeksi dan mesin berpenggerak otomatis alias continuous variable transmission (CVT). Bukan hanya itu, dalam tahap pembelajaran ini siswa juga akan mengenal teknik dasar mesin bakar, sistem bahan bakar, dan sistem pelumasan. Siswa yang sudah mendapatkan pendalaman materi ini diharapkan dapat melakukan perawatan dan perbaikan mesin seperti misalnya stel klep dan turun mesin.

– Pembangunan karakter

Selain kompetensi teknis, pembangunan karakter juga ada dalam kurikulum kursus mekanik. Karena fokus yang ingin dicapai oleh lembaga kursus adalah menyiapkan siswa yang mandiri dan siap terjun didunia bisnis. Oleh karena itu, basic enerpreneur diasah sejak siswa mengenyap pendidikan di lembaga pelatihan. Pengetahuan seperti character bulding, service excellent dan basic mentality yang akan diberikan dalam kurikulum ini.

Tempat Kursus Mekanik

Sekarang ini sebenarnya sudah cukup banyak kursus mekanik yang ada di Indonesia, tapi untuk pemberian materi yang lengkap dengan biaya yang terjangkau masih terbilang jarang. Nah, berikut ini GoUKM akan berikan beberapa rekomendasi tempat kursus yang bisa Anda kunjungi.

HMTC (Hartomo Mechanical Traning Center)

Alamat: Jl. Raya Tole Iskandar, No. 9A, Depok

Kontak: (021) 87744499, 87744559

Info Kursus: http://hmtc.co.id/

Tempat kursus ini sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Melihat dari lamanya pengalaman HMTC memberikan edukasi kepada siswa maka tidak diragukan lagi kualitas dari lembaga kursus ini. Apa yang didapatkan peserta yang mengikuti kursus ini, selain pelajaran seputar mesin motor secara menyeluruh, peserta juga diberikan praktek langsung untuk mengatasi permasalahan mesin kendaraan bermotor.

Agar siswa yang diajarkan lebih fokus, setiap siswa dibimbing dengan 1 orang instruktur untuk 1 tipe motor. Selain itu, selama proses belajar siswa diarahkan hingga paham dan lulus setiap paket tanpa batas waktu. sementara untuk siswa di luar kota, HMTC memberikan fasilitas mess (tempat tinggal sementara untuk siswa yang disediakan HMTC) untuk mempermudah proses belajar.

Selain di Depok, HMTC juga membuka cabang di Bandung, Jakarta Surabaya, Medan dan Pekanbaru. Untuk materi HMTC menyediakan paket 5 pengajaran di anataranya paket standar 20 motor, paket semua jenis motor, paket modifikasi plus, paket 20 sepeda motor dan modifikasi plus, serta paket semua jenis sepeda motor dan paket modifikasi plus.

Institut Mekanik Motor Indonesia

Alamat: Raya Cileungsi Jonggol Km.8 No.8-9

Kontak: 021-8246 0707

Informasi: http://www.kursusmekanik-immi.com/kursus

Di Institut Mekanik Motor Indonesia (IMMI) berdiri bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan SDM yang difokuskan kepada penciptaan lapangan pekerjaan dengan SDM yang mandiri, professional, berkomitmen, berdedikasi dan berorientasi bisnis. Siswa yang belajar di lembaga kursus ini dibimbing secara intensif untuk praktek bongkar dan pasang mesin dengan satu sepeda motor yang dibimbing langusng oleh instruktur berpengalaman. IMMI juga sering kali dipercaya oleh lembaga pelatihan dari Kementrian & Dinas serta corporate social responsibility, salah satunya pernah bekerja sama dengan Disnakertrans Provinsi DKI 2013 mengadakan Pelatihan Perbengkelan Roda 2  dengan jumlah peserta 40 orang.

Materi pembelajaran meliputi teori dasar motor bakar, pengenalan komponen beserta cara kerja komponen secara detail, permasalahan dalam mesin sepeda motor dan juga cara memperbaikinya. pemberian materi ini disertai dengan penjelasan mengenai jenis motor bahan bakar lainnya. Di tempat kursus ini peserta juga bisa mengambil kelas mekanik balap regular dan advance. Untuk kelas ini peserta bisa mempelajari mesin motor balap, terutama untuk kapasotas mesin besar seperti Kawasaki Ninja 250 dan CBR 250.

VEDC (Vocational Education Development Center) Malang

Alamat: Jl. Teluk Mandar Tromol Pos No.5, Arjosari, Blimbing, Kota Malang

Kontak: 0341-491239

VEDC merupakan sekolah bagi guru pengajar atau tenaga pendidik yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Lembaga pendidikan ini juga merupakan program kerjasama antara Indonesia dan Swiss. Untuk sarana belajar dan prakteknya, VEDC mengklaim tempat kursusnya menyediakan fasilitas pengajaran yang lengkap mulai dari kendaraan bermotor hingga mobil. Begitu juga dengan pengalaman yang diberikan. Sebelum menghadapi ujian akhir siswanya diharuskan magang di bengkel baik lokal maupun luar negeri.

Untuk pengajar, total ada 34 instruktur dan 15 teknisi yang akan memberikan peserta materi teknis dan juga manajemen. Materi manajemen ini diberikan karena tujuan VEDC tak hanya menciptakan tenaga professional namun juga SDM yang mandiri. Artinya setelah lulus siswa bisa mengaplikasikan ilmunya ke bisnis bangkel yang ingin mereka rintis. Materi manajemen bisnis bengkel yang diberikan tidak hanya cara pengelolannya saja, tapi juga manajemen keuangan, melihat potensi pasar hingga mengelola SDMnya.

Mengenai biaya VEDC mengenakan Rp 5.5 juta untuk pendidikan roda empat selama 6 bulan dan Rp 2,5 juta untuk motor dengan masa belajar 2 bulan. Semua sudah termasuk biaya praktek dan juga media pengajaran lainnya. Sedangkan bila peserta ingin menambah program managemen bisnis bangkel dikenakan biaya tembahan sebesar Rp 1.5 juta dengan tambahan waktu 1 bulan.

Hartomo Mechanical Trainning Centre (HMTC)

Alamat: Jl. Sawo Raya 9A, Rawamangun, Jakarta Timur, Indonesia (kantor pusat)

Kontak: 021-4891176 / 4710 412

Info Kursus: http://hmtc.co.id/hmtc-training/

Lembaga pelatihan ini sudah berdiri sejak 1999 di mana kini sudah memiliki 5 cabang di Depok, Jakarta dan Yogyakarta. Seiring dengan perjalanan waktu HTMC sudah meluluskan kurang lebih 12.128 mekanik professional, 70% di antaranya membuka lapangan kerja sendiri dengan membuka udaha perbengkelan sepeda motor dan menjadi SDM yang siap kerja di perusahaan besar seluruh Indonesia.

Untuk media training, di HMTC menggunakan 235 sepeda motor yang terdiri dari beberpa jenis, baik motor standard maupun jenis sepeda motor CVT (Continuous Variable Transmission) serta PGM – FI (Programed – Fuel Injection). Dengan inilah HMTC sempat mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai tempat kursus mekanik sepeda motor dengan sarana praktek terbanyak yaitu lebih dari 200 unit pada tahun 2005.

Adapun paket pelatihan yang diberikan cukup lengkap seperti paket 20 sepeda motor, paket semua jenis sepeda motor, paket modifikasi plus, paket 20 sepeda motor dengan modifikasi plus, serta paket semua jenis speda motor dan modifikasi plus. Biaya yang dibandrol juga tidaklah murah, berkisar Rp 6 juta hingga Rp 16 juta.

Techno Motor Academy

Alamat: Jl. Letjen S. Parman Kav. 73 Slipi Jakarta Barat

Kontak: 021–5367 9454

Info Kursus: http://www.technomotoracademy.com/

Techno Motor Indonesia adalah kepala perusahaan yang menaungi bidang usaha lainnya Mr. Montir, Techno Motor Parts & Accessories, serta Techno Motor Academy yang merupakan lembaga traning montir sepeda motor. Bagi peserta kursus yang belajar di techno motor academy, akan dijamin bisa langsung bekerja sebagai montir di berbagai bengkel resmi Mr.Montir yang tersebar di Indonesia.

Materi pelatihannya sedikit berbeda dengan pelatihan lainnya karena tahap yang diberikan lebih umum seperti tahap dasar, tahap mahir dan tahap modifikasi. Bahkan para siswa juga mendapatkan pelajaran manajemen perbengkelan, kewirausahaan, dasar-dasar kepemimpinan. Biaya training yang diberikan mulai dari 4,5 juta dan lama training dari 1 bulan hingga 4 bulan.

Automitsuda

Alamat: Jl. Daan Mogot Komp Ruko Permata 9H. Grogol, Jakarta Barat

Kontak: 021-5696-5677 / 0878-7878-2330

Info Kursus: http://www.automitsuda.com/

Tempat kursus mekanik yang sudah memiliki 4 cabang di Jakarta dan Bekasi ini menawarkan pelatihan montir mobil dan motor yang lengkap. Berbeda dengan tempat pelatihan lain, di Automitsuda materi pelatihannya dibedakan berdasarkan program yang dipilih peserta. Misalnya untuk kursus motor terdapat 3 program kursus, yaitu teknik dasar dan terampil, teknik dasar trampil dan mahir, serta teknik modifikasi balap. Program kursus teknik dasar dan terampil ditawarkan dengan waktu belajar selama 3 bulan. Untuk program teknik terampil dan mahir waktu belajarnya selama 5 bulan, sementara teknik modifikasi balap selama 8 bulan. Biaya yang dikenakan bervariatif mulai dari Rp 3.6 juta hingga Rp 9.6 juta.

LKP Technico

Alamat: Jl. Kh Ahmad Dahlan No. 48 Bandar Jaya Timur, Lampung Tengah

Kontak: 0725-527368

Info Kursus: http://www.lkptechnico.com/

Untuk yang berada di kota Lampung, LKP Technico bisa kunjungi. Lembaga pelatihan ini sudah berpengalaman selama 10 tahun dan memiliki izin operasional dari Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Tengah. Di LKP Technico menawarakan 2 program kursus yaitu teknik mekanik otomotif sepeda motor, dan teknik mekanik otomotif mobil.

Adapun kursus mekanik sepeda motor terdiri lagi menjadi 2 level pembelajaran, level I atau kursus mekanik pemula/dasar dengan waktu belajar 3-4 bulan serta level 2 atau kursus madya/spesialis injeksi dengan waktu belajar selama 15 hari. Sementara itu, khusus pelatihan mekanik otomotif mobil diberikan waktu belajar selama 4 bulan.

LEAVE A REPLY