Kursus Florist Kian Diincar Pengusaha Karangan Bunga Sebab Bisnisnya Potensial

Tidak selamanya hobi itu hanya menjadi kesenangan yang hanya dilakukan iseng-iseng untuk mengisi waktu luang. Pasalnya hobi juga bisa menjadi pintu rezeki, misalnya hobi merangkai bunga. Peluang usaha merangkai bunga ini kian berkembang sebab semakin banyaknya event-event yang membutuhkan dekorasi untuk mengindahkan tempat acara.

Bagi yang suka merangkai bunga, pekerjaan ini bagaikan dream job yang ingin mereka jalankan. Sehingga cukup banyak yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk modal membuka usaha tersebut. Meskipun resiko memulai usaha ini cenderung tinggi karena bahan utamanya sendiri yaitu bunga cepat sekali layu bila sudah dipetik dari batangnya, namun itu bisa diatasi dengan pengelolaan bisnis yang benar. Itulah mengapa pengusaha perlu sekali mengenal terlebih dahulu seluk beluk usaha ini. Apa saja yang pelu diketahui sebelum terjun ke bisnis ini?

Tentukan target konsumen

Untuk memulai usaha apapun hal pertama yang mesti dilakukan adalah menentukan target pasarnya, apakah itu untuk pembelian grosir, dekorasi acara pernikahan, atau hanya rangkaian bunga untuk hiasan saja. Memang lebih baik jika kita bisa menyanggupi semua pesanan tersebut, itu bererti keuntungan akan jauh lebih tinggi. Namun pertimbangkanlah pada saat pembauatannya. Apakah Anda sudah memiliki SDM yang mencukupi untuk memudahkan Anda mengerjakan rangkaian bunga dalam partai besar? Bila tidak fokuslah lebih dahulu di target pasar yang lebih kecil.

Tempat usaha

Jika tidak memiliki tempat atau kios tidak perlu khawatir Andapun bisa memulainya di rumah. Bagaimana daerah rumah Anda tidak strategis? Dalam artian potensi konsumennya cukup sedikit, nah cara lainnya Anda bisa mencari beberapa tempat yang ramai dilewati oleh kerumunan orang, misalnya di dekat jalan raya, pusat perbelanjaan, dekat dengan kampus dan lainnya. Kalau tidak ada modal bagaimana? Alternatif lainnya adalah tetap buka di rumah tapi Anda harus membuat strategi pemasaran yang baik.

Pemasok bunga

Dalam bisnis ini pengusaha rangkaian bunga dituntut harus menyedikan bunga-bunga yang segar untuk konsumen. Bagi yang memiliki kehlian juga melihara dan memanam bunga mungkin ini msalah yang tidak perlu terlalu dipikirkan, nah bagaimana yang tidak? Satu-satunya hanya mengandalkan pemasok bunga. Saran kami bila Anda ingin mencari pemasok bunga pastikan mereka memiliki 4 faktor, yaitu kualitas, kuantitas, konsistensi dan harga.

Studi kompetitor

Sebagai seorang pengusaha penting sekali melihat bagiamana kelemahan dan keunggulan pesaing kita. untuk itu Anda perlu mengetahui berapa banyak kompetitor di daerah Anda membuka usaha. Ini juga bertujuan agar Anda bisa mempelajari strategi mereka dan kemudian modifikasi menjadi strategi baru Anda.

Perlengkapan untuk membuat rangkaian bunga

Selain bunga, hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah aksesoris dan medianya. Untuk aksesoris sebagikanya gunakan daun-daunan dengan berbagai macam jenis, dekorasi lain dan plastik pembungkus unruk bunga potong. Untuk media rangkaian bunga bisa menggunakan oasis, bamboo atau setofoam. Oasis sendiri adalah busa yang bisa digunakan untuk rangkaian vas meja. Sedangkan bamboo dan stereofoam digunakan unruk rangkaian bunga seperti ucapan selamat atau turut berduka cita. Selain itu, Sediakan juga alat pemotong bunga, kawat, tang potong, pita, foral tape, alat penyemprot bunga, wadah atau vas bunga dan lainnya.

Promosi

Cara untuk memperkenalkan usaha florist Anda ke konsumen adalah dengan melakukan promosi. Langkah ini cukup bervariasi, dengan menggunakan media sosial contohnya. Sudah banyak pengusaha yang menerapkan cara ini untuk promosi bisnisnya karena sangat efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Anda pun bisa juga mencobanya.

Hal yang sangat penting agar bisnis yang ingin Anda jalani ini berjalan dengan lancar adalah keterampilan untuk merangkai bunga dan juga memadupadankan warna dan jenis bunga. Untuk itu Anda harus memiliki pengetahuan yang banyak mengenai bunga. Sehingga ini dapat mempermudah Anda melakukan perawatan bunga. Selain itu dengan memiliki pengetahuan mengenai bunga, Anda juga bisa memberikan rekomenadi untuk konsumen agar bisa menentukan bunga yang sesuai dengan keinginan mereka.

Maka dari itu banyak pengusaha yang rela mengeluarkan biaya sampai puluhan juta karena memulai bisnis florist tidak hanya cukup terampil merangkai bunga saja, namun juga memiliki pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai bunga dan konsep bisnis yang matang. Simaran Punjabi adalah salah satu wanita yang menyeriusi binsis florist ini. Pemilik dan pengelola DePetalz ini sampai ikut kursus di Singapur untuk mengasah keterampilannya dan ilmunya. Kini usahanya dinyatakan sebagai top 10 florist di Indonesia melalui dua gerai yang terdapat di Bellagio Boutiqe Mall Mega Kuningan dan Ruma Sakit Medistra Gatot Subroto.

Tempat Kursus Florist

Bagi Anda yang ingin mulai belajar dan menambah ilmu mengenai bisnis florist beberapa tempat kursus ini menyediakan jasa privat untuk mempelajari cara membuat rangkaian bunga dan peluang usahanya.

Stella Florist

Tempat kursus yang berlokasi di Tebet Barat ini menawarkan  program kursus membuat 6 jenis rangkaian komersial yang popular, mengenalkan bahan baku rangkaian bunga, tool kit, memberikan referensi supplier/importer bunga, dan tip menjalankan bisnisnya. Biaya yang dikenakan untuk satu peserta sebesar Rp 3 juta dengan maximal peserta hanya 2 orang dengan 2 kali pertemuan.

Flower Hut

Bagi yang berlokasi di Puri Indah Kembangan, Jakarta Barat Anda bisa mengikuti kursus Flower Hut. Program pembelajaran yang ditawarkan bermacam-macam salah satunya adalah kelas European Flower Arranging. Di kelas tersebut Anda akan membuat rangakain bunga bergaya eropa. Atau Anda juga bisa mengikuti kelas basic yang akan membahas 12 rangkaian dasar. Untuk biayanya dikenakan mulai dari Rp 3.5 juta dan waktu yang dialokasikan sebanyak 6x pertemuan.

Newline Foral Education Center

Lembaga pendidikan ini menyediakan program-program edukasi di bidang florist khususnya merangkai bunga. Neline Foral Education menyedikan program rangkaian bunga yang sedang menjadi trend di pasar internasional dan tentunya dipadukan dengan kebutuhan peserta sehingga dapat memberikan tambahan ilmu dan hasil yang memuaskan. Untuk biayanya sendiri peserta dikenakan mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta.

Jakflo

Adalah tempat kursus lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Kursus ini menyediakan paket Floristy Class. Di mana Anda akan belajar merangkai bunga sekaligus memotong bagian bunga, memilih vas dan menyiapkannya dengan menyesuaikan wadah dengan potongan bunganya. Biaya yang ditawarkan mulai dari Rp 550.000 sampai Rp 1.650.000.

Mendekati natal dan akhir tahun usaha ini akan makin banyak pemesanan. Jadi bila ingin ikutan dapat untung menjelang akhir tahun, Anda bisa coba mengikuti salah satu kursus florist di atas. Atau mungkin Anda ingin mencari tempat kursus lain? Carilah tempat kursus florist kilat agar Anda bisa langsung buka usaha bunga kecil-kecilan di rumah.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY