Usaha Kursus untuk Wisatawan, Tidak Hanya Bisnis juga Mengenalkan Budaya Indonesia

Kurus tidak hanya untuk yang punya usaha saja tapi wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan itu. Nyatanya tidak hanya sangar saja yang menyediakan pelatihan untuk para wisatawan, bahkan penyedia program kursus pun juga banyak yang menyelenggarakannya. Tujuannya selain ingin memberikan edukasi untuk peserta juga ingin memperkenalkan kebudayaan daerah ke wisatawan-wisatawan yang tertarik. Bagi sebagian pendatang yang menetap hanya beberapa hari atau minggu tak terasa lengkap jika tidak mengenal budaya daerah tersebut. Maka tidak heran banyak sekali peminatnya. Berikut adalah tempat-tempat kursus untuk para wisatawan.

Rumah Keramik

Selain galeri kerajinan tanah liat, di Rumah Keramik bertempat di jalan Curug Agung No 1 kota Depok milik Seniman lulusan desain Keramik ITB, F Widayanto, juga memberikan paket workshop untuk wisatawan lokal maupun asing. Di mana setiap peserta bisa membuat membuat kerajinan keramik sesuai dengan keinginan mereka hanya dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 140 ribu.

Deking Batik

Di kelas Batik Deking ini wisatawan akan belajar cara membuat batik khas Bali. Untuk cara membuatnnya sendiri akan dibimbing oleh pendiri dan pembuat batik Deking yaitu Nyoman Deking di rumah worksopnya di jalan Raya Bedulu, Bedulu, Bali. Batik sendiri menjadi salah satu workshop yang sangat dimintati oleh wisatawan asing yang datang ke pulau bali.

Kaula Leather

Kelas kreatif membuat aksesoris dan tas dari kulit ini bertempat di Jalan Pugeran Timur MJ II / 594  A, Yogyakarta. Kurus ini menyediakan dua paket pilihan yaitu paket intensive workshop dengan agenda mempelajari cara membuat tas, dompet dan aksesoris yang akan berlangsung sampai 6 hari dengan biaya Rp 3.600.000 perorang. Pilihan lainnya adalah paket sehari yang akan mempelajari satu jenis kerajinan yang bisa Anda pilih, mau itu tas, dompet atau aksesoris berbahan kulit. Biaya harus dikeluarkan untuk mengikuti paket workshop ini sebesar Rp 350 ribu perorang.

Perak Studio 76

Bagi wisatawan yang ingin belajar membuat perhiasan berbahan dasar perak, coba lah tempat kursus aksesoris Perak Studio 76. Workshop yang berlokasi di jalan Purbayan 3B Kotagede, Yogyakarta ini Anda akan didemonstrasikan cara membuat aksesoris seperti cincin, kalung, gelang bahkan anting dari perak. Tersedia 3 paket yang bisa dipilih oleh peserta, seperti kursus kilat, kursus full day, kursus weekend. Selain itu Anda juga bisa membuat jadwal kursus sendiri sehingga dapat disesuaikan dengan waktu kunjungan Anda.

Kursus Kesenian Tradisonal

Di Kampung Mangunan, sebuah desa wisata di daerah Bantul meawarkan paket kursus untuk para wisatawn yang ingin mempejari kesenian daerahnya yaitu menabuh gamelan. Paket kursus ini biasanya digabungkan dengan belajar tarian tradisonal Jawa untuk pengunjung.  Selain di desa wisata tersebut, di Yogyakarta sebenarnya banyak kursus serupa dengan biaya pendaftaran mulai dari Rp 350 riub per orangnya.

Kursus Masak di Hotel Puri Santrian

Bagi yang suka dengan masakan adat bali, di Hotel Puri Santrian wisatawan bisa mengikuti cooking class yang dibimbing oleh Chef yang berpengalaman. Peserta dapat belajar cara membuat menu masakan plencing kangkung, sate ayam bumbu kacang, ayam bakar bumbu bali dan sambal bali yang menjadi makanan kesukaan masyarakat bali. Untuk biayanya peserta dikenakan mulai dari $ 50 sampai $ 70 atau sekitar Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu.

Kursus Membuat Gerabah di Desa Bangunjiwo, Bantul

Bantul Adalah salah satu Kabupaten yang Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang kerajinannya cukup banyak. terutama kerajinan Gerabah. Sehingga dijadikan ikon ekonomi dan wisata dalam sentra industri gerabah, salah satunya di Desa Bangunjiwo. Sejumlah workshop diselenggarakan dengan menawarkan paket wisata belajar membuat Gerabah sehari dari mulai pembentukan sampai selesai. Workshop ini tidak dipungut biaya jadi siapapun wisatawan yang ingin belajar membuat gerabah, pengrajian akan dengan senang hati mengajarkan Anda.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.